Raja Larantuka Minta Gubernur Laiskodat Pertahankan Ama Doris Pimpin Flotim Hingga Usai Pilkada

1149
Raja Larantuka, Don Andre Martinus Diaz Viera de Godinho (DVG)

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Raja Larantuka, Don Andre Martinus Diaz Viera de Godinho (DVG) meminta Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat agar mempertahankan Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi agar tetap menjabat hingga ada bupati devinitif.

Pasalnya, Doris Rihi dinilai oleh Raja Larantua sebagai sosok pemimpin yang sangat cocok untuk kondisi Kabupaten Flores Timur saat ini. Bagi Raja Larantuka, seorang pimpinan wilayah harus populis, bukan popular.

“Ama Doris ini saya melihat dia sebagai seorang bapak yang betul-betul populis. Saya melihat selama ini program kerjanya dan kepemimpinannya bagus, namun belum sampai semuanya. Kita melihta Ama Doris sangat dekat dengan ribu ratu (masyaraat) dan sangat memperhatikan kepentingan-kepentingan ribu ratu,” sebut Raja Larantuka, Don Andre Martinus Diaz Viera de Godinho (DVG) ketika ditemui SelatanIndonesia.com di Larantuka, Minggu (2/4/2023).

Disebutkan Raja Don Tinus, sapaan akrab Raja Larantuka, waktunya Doris Rihi untuk harus melepas Flores Timur belum pas. “Ama Doris harus selesaikan dulu sampai akhir, jadi kalau bisa dia lanjutkan lagi. Namanya kita warga Negara Indonesia mentaati semua aturan, tetapi kalau dilihat dari sikap perilaku seorang pimpinan yang ada, Ama Doris betul-betul seorang pemimpin yang merakyat. Apa salahnya kalau kita usulkan supaya dia lanjut sampai selesai, sampai ada Bupati devinitif,” tegasnya.

Menurut Raja Don Tinus, kepemimpinan Doris Rihi di Flotim sudah sangat bagus. “Kalau diganti orang lain, belum tentu sama dengan dia, jadi saya melihat bahwa memang aturan-aturan kita ikuti, tapi kita melihat bagaimana kinerja seorang pemimpin. Jangan karena hanya jabatan, dia langsung diganti. Saya sangat tidak setuju. Saya sangat mengharapkan kalau bisa beliau Ama Doris ini sampai selesai, sampai kepada bupati berikutnya,” ujarnya.

Ia menilai, Doris Rihi dalam kepemimpinannya melakukan semua dengan hati. “Hati batinnya Ama Doris itu mau membangun ribu ratu  tapi belum selesai semuanya kalau harus berhenti tahun ini,” katanya.

Raja Don Tinus mengharapkan sikap tegas Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat agar tetap mengusulkan kepada Mendagri supaya kembali menetapkan Doris Rihi sebagai Penjabat Bupati Flotim. “Saya mengharapkan bahwa Bapak Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat untuk bisa mengusulkan lagi anak saya Doris Rihi ini, bahwa dia menyelesaikan programnya untuk Gelekat Lewo Gewayan Tana,” kata Raja Don Tinus.

Tentang usulan DPRD Flotim bahwa menjadi Penjabat Bupati Flotim harus orang Lamaholot, Raja Don Tinus mengatakan, meskipun Doris Rihi orang Sabu atau Sumba, atapun Timor, tetapi kalau dia sudah menjiwai kehidupan Lamoholot berarti dia sudah orang Lamaholot. “Kalau dia bukan anak tanah Lamaholot, mana dia mau perhatikan orang Lamaholot. Dan Ama Doris selama setahun ini sangat dekat dengan orang Lamholot sampai di pelosok-pelosok. Jadi sebaiknya dilanjutkan saja agar dia lebih maksimal melanjutkan kepemimpinannya untuk Serewi Nagi, Gelekat Lewo, Gewayan Tanah (berbakti dan melayani).***Laurens Leba Tukan

 

Center Align Buttons in Bootstrap