Rote Ndao Dalam Genggaman, Sentuh “Rote Smart Service” di Google Play Store Nikmati 17 Layanan

253
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Rote Ndao, Pauwil J. J. Nggili dan layanan digital Rote Smart Service.

BA’A,SELATANINDONESIA.COM – Kabupaten paling Selatan dalam gugusan NKRI, Rote Ndao kini makin bergeliat maju. Wilayah yang kini dipimpin Bupati Paulina Haning Bullu, SE itu bisa dijangkau dengan ujung jari. Dengan menyentuh “Rote Smart Service” di Google Play Store, segala informasi dan layanan kemasayarakatan dapat diakses dengan mudah.

Sejak diluncurkan, tersedia 17 layanan aplikasi dalam “Rote Smart Service diantaranya layanan berita dan informasi, layanan informasi pariwisata, layanan pasar UMKM, layanan pasar ternak, Website Pemda, Aplikasi Mamaboi, dan Aplikasi Kakak Angkat untuk stunting serta sejumlah aplikasi yang memudahkan akses lainnya.

“Jumlah ini akan terus bertambah karena arah kebijakan pengembangan aplikasi layanan publik ke depan harus terintegrasi dalam Rote Smart Service. Targetnya dalam 2 tahun kedepan semua layanan publik sudah terdigitalisasi dan terintegrasi ke dalam Rote Smart Service,” sebut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Rote Ndao, Pauwil J. J. Nggili, kepada SelatanIndonesia.com, Sabtu (18/2/2023).

Disebutkan Kadis Pauwil, Rote Smart Service adalag aplikasinya orang Rote Ndao yang berangkat dari kemajuan era digital saat ini yang mendorong pemerintah Rote Ndao untuk mentransformasi bentuk pelayanan untuk lebih efektif, efisien, cepat dan transparan. Dikatakan, digitalisasi pelayanan publik merupakan tren inovasi serta tuntutan kebijakan yang mulai banyak diterapkan oleh berbagai perangkat Daerah dalam beberapa tahun terakhir.

“Untuk Rote Ndao hari ini sudah ada 24 layanan aplikasi dan akan terus bertambah dalam tahun – tahun ke depan. Namun masalah dari semakin banyaknya aplikasi adalah akses masyarakat yang semakin sulit karena aplikasi dan alamat website yang berbeda – beda. Masyarakat harus memiliki banyak aplikasi dan banyak alamat web aplikasi. Konsekuensinya masyarakat harus memiliki banyak username dan password untuk setiap aplikasi,” sebutnya.

Dijelaskan Kadis Pauwil, pihaknya mengintegrasikan berbagai layanan tersebut dalam sebuah super aplikasi atau biasa disebut one stop portal. Dengan memiliki satu aplikasi, masyarakat dapat mengakses semua aplikasi layanan publik milik Pemerintah Daerah  Kabupaten Rote Ndao.

Menurutnya, keberadaan Rote Smart Service dengan semua layanan yang ada memiliki fungsi pelayanan kepada masyarakat agar dapat membantu masyarakat membangun relasi dan fungsi sosialnya. Selain itu aplikasi yang berkaitan administrasi pemerintahan bertujuan untuk menguatkan internal business process lingkup pemerintah.

“Hal lain yang menjadi prinsip utama dari RSS adalah banyaknya modul serta menu tidak membuat masyarakat  harus memiliki banyak  account untuk mengakses layanan – layanan tersebut, cukup satu pintu di Rote  Smart Service dengan menggunakan 1 (satu) Identitas nomor induk kependudukan. Prinsip dari pada layanan berbasis digital ini adalah agar  membuat layanan publik menjadi lebih sederhana, lebih optimal dan bisa menekan biaya waktu dan energi masyarakat sehingga masyarakat bisa memanfaatkan waktunya untuk lebih efektif,” jelas Kadis Pauwil.

Ia membeberkan sejumlah keunggulan dari Rote Smart Service diantaranya kemudahan masyarakat untuk mengakses berbagai layanan publik milik Pemerintah Daerah. Dengan memiliki satu aplikasi berbagai layanan dapat diakses. “Diterapkan Single Sign In. Masyarakat hanya perlu memiliki satu username untuk menjelajahi semua aplikasi. Dan, terjadi interoperabilitas atau sistem berbagi pakai data antar aplikasi – aplikasi yang ada. Serta tersedia dalam Bentuk Mobile Aplikasi,” katanya.

Untuk mengakses Rote Smart Service, pengguna tinggal mengakeses layanan yang tersedia di Google Play Store. “Saya menghimbau agar semua masyarakat dapat mendownload Aplikasi Rote Smart Service ke handphone masing – masing agar dapat mempermudah masyarakat dalam mempermudah layanan pemerintah. Ayo Manfaatkan Rote Smart Service untuk layanan publik Rote Ndao lebih baik,” ajaknya.

Untuk diketahui, Rote Smart Service merupakan Layanan digital Pemerintah Kabupaten Rote Ndao yang terintegrasi. Aplikasi ini berisi 17 modul layanan digital milik Pemerintah Kabupaten Rote Ndao diantaranya Layanan Berita, layanan Informasi, Layanan Pasar UMKM, layanan Pasar Ternak, Layanan Informasi Pariwisata dll. Rote Smart Service tersedia dalam bentuk aplikasi Mobile dan dapat diinstall melalui Google Playstore. Ayo install Rote Smart Service, APLIKASINYA ORANG ROTE NDAO, Link install google playstore : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rotesmartservice***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap