Tanda Cinta Laka Lena Ditengah Pandemi untuk Nakes dan Non Nakes Bukan ASN di Sumba Timur

310
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, Staf Direktorat Gizi Masyarakat pada Kementrian Kesehatan RI, Evarini Ruslina, Kadis Kesehatan Sumba Timur dr. Chrisnawan Haryantara, Ketua Komisi C DPRD Sumba Timur Ayub Paranda, Dir. RSUD Umbu Rara Meha dr. Lely Harakai, serta seluruh Kapus di Sumba Timur pose bersama usai penyerahan simbolis bantuan bahan makanan tambahan bagi seluruh Nakes dan Non Nakes Bukan ASN di Sumba Timur, Minggu (6/12/2020). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

WAINGAPU,SELATANINDONESIA.COM – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan RI serta BNPB Provinsi NTT mendistribusikan bantuan makanan tambahan untuk tenaga kesehatan (Nakes) dan Non Tenaga Kesehatan Bukan Apartur Sipil Negara (ASN) dimasa pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur.

Program itu berlaku serempak di seluruh Indonesia yang merupakan hasil kerja sama antara Komisi IX DPR RI dengan Kementrian Kesehatan RI. “Bantuan ini kita lakukan serempak di seluruh Indonesia untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada tenaga kesehatan baik yang ASN maupun non ASN yang membantu penanganan kesehatan di NTT maupun juga yang khusus menangani pandemi Covid-19,” sebut Melki Laka Lena di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Minggu (6/12/2020).

Disebutkan Melki Laka Lena, rencana pembagian bantuan bahan makanan tambahan itu sudah dijadwalkan lama dan tidak ada kaitannya dengan agenda politik. “Kegiatan ini murni urusan kemanusiaan dan bukan saja dilakukan di Sumba Timur tetapi di seluruh NTT dan Indonesia untuk memberikan dukungan terhadap teman-teman tenaga Kesehatan ASN maupun Non ASN, agar mereka juga terpenuhi kebutuhan gizinya agar lebih maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat baik dalam kaitan dengan Covid-19 maupun dalam pelayanan kesehatan lainnya,” ujar Melki.

Staf Direktorat Gizi Masyarakat pada Kementrian Kesehatan RI, Evarini Ruslina yang mendampingi Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena menyebutkan, program itu merupakan kerja sama Komisi IX dengan Kementrian Kesehatan RI dan BNPB. “Ini berlaku seluruh Indonesia dan hari ini di Sumba Timur, dan bantuan bahan kamanan yang diberikan ini merupakan 30 persen kebutuhan kalori sehari-hari bagi tenaga Kesehatan,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Haryantara mengaku kagum dengan perhatian yang diberikan oleh Kementrian Kesehatan dan Komisi IX DPR RI serta semua pihak yang terlibat dalam menunjang kebutuhan gizi bagi tenaga Kesehatan.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena dan Staf Direktorat Gizi Masyarakat pada Kementrian Kesehatan RI, Evarini Ruslina (kiri) pose di depan bahan makanan tambahan yang akan didistribusikan untuk seluruh Nakes dan Non Nakes Bukan ASN di Sumba Timur, Minggu (6/12/2020). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

“Bagaimanapun juga kita melihat dan mendengar angka kasus baik Nasional, Provinsi dan Kabupaten, trendnya terus meningkat sehingga langkah-langkah pencegahan masih terus dilakukan namun secara pribadi secara mandiri kita harus memperkuat daya tahan tubuh kita tenaga kesehatan selain dengan pola hidup yang bersih dan sehat juga kita harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang serta olahraga dan ditambah juga suplemen yang dibtuhkan,” sebut dr. Chrisnawan.

Ia mengaku bersyukur karena Kementrian Kesehatan dan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI memberikan perhatian serius. “Jangan disangkut pautkan dengan politik. Niat baik ini dari Pak Melki Laka Lena dan pihak Kementrian Kesehatan memberikan perhatian kepada teman-teman tenaga Kesehatan di lapangan supaya mempunyai daya imunitas yang tinggi dan kesehatan yang maksimal sehingga bisa mengahadpi pandemi Covid-19 dengan baik. Kita sikapi niat baik ini dengan pikiran jernih dan positif,” sebut dr. Chrisnawan.

Ia bertekad untuk segera mendistribusikan bantuan itu kepada seluruh tenaga Kesehatan ASN maupun Non ASN di seluruh Sumba Timur.

Turut serta mendampingi Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena adalah Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sumba Timur, Ayub Paranda. Hadri saat itu, Direktris RSUD Umbu Rara Meha, dr. Lely Harakai, serta para Kepala Puskesmas di Sumba Timur.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap