IIPG NTT Uji Bakat Seni 56 Peserta Byarr Indonesia

270
Ketua IIPG NTT, Ny. Asty Laka Lena bersama dewan juri ketika melakukan pengujian terhadap 56 peserta audisi Byarr Indonesia di ruang rapat utama Gedung Partai Golkar NTT, Minggu (27/9/2020). Foto: Lieder Ismail

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Sebanyak 56 peserta audisi Bakat Luar Biasa Aspirasi Rakyat (Byarr Indonesia) dari NTT disleksi oleh Ikatan Istri-Istri Partai Golkar (IIPG) Provinsi Nusa Tenggara Timur. Audisi itu dilakukan di ruang rapat utama Gedung Partai Golkar NTT, Minggu (27/9/2020).

Seleksi bertajuk bakat seni terpendam ini dinilai para juri melalui hasil rekaman video yang dihimpun dari IIPG yang tersebar di 22 kabupaten/kota di NTT. 56 peserta tersebut terdiri dari audisi menyanyi berjumlah 49 peserta dan 7 peserta audisi menari.

Seleksi dilakukan tiga orang juri, diantaranya ketua IIPG NTT, Asty Laka Lena dari unsur IIPG, dan dua juri profesional lainya yaitu Marianus Seong Ndewi, S. Pd., MM dan Eldy Natonis, S. Pd. Kegiatan yang berlangsung sehari ini menerapkan ketat protokol kesehatan di tengah pandemi global COVID-19.

Ketua IIPG NTT, Asty Laka Lena mengatakan dari 56 finalis, akan diambil 6 peserta terbaik yang nantinya akan dikirim dalam audisi tingkat nasional yang digelar IIPG pusat di Jakarta.

“Dari hasil penjurian ini akan diambil 6 peserta nominasi terbaik mewakili NTT untuk dikirim ke IIPG pusat di Jakarta. Data peserta dan video pemenang 6 besar ini dikirim ke pusat,” sebut Asty Laka Lena kepada wartawan usai acara pembukaan.

6 finalis di tingkat IIPG NTT juga akan mendapatkan hadiah dan sertifikat. Sementara pengumuman pemenang akan berlangsung pada, Senin (28/9/2020) setelah dokumen penjurian dan pemenang lengkap.

“Penyerahan hadiah akan berlangsung pada tanggal 28 September 2020, Pukul 11.00 Wita di kantor DPD Golkar NTT, untuk pemenang yang berdomisili di Kupang dan sekitarnya. Sedangkan bagi pemenang berdomisili di luar kota Kupang penyerahan hadiah diwakilkan kepada ketua IIPG setempat untuk diserahkan kepada pemenang dalam waktu secepatnya,” ujar Asty Laka Lena.

Istri dari Ketua DPD I Partai Golkar NTT, Melki Laka Lena ini menjelaskan, Byarr Indonesia yang digagas IIPG NTT sebagai ajang pencarian bakat seni tingkat nasional, dengan harapan muncul bakat seni baru dari masyarakat Indonesia khususnya di NTT saat masa pandemi Covid-19 ini. Selain itu Byarr Indonesia juga merupakan salah satu kegiatan IIPG NTT menyambut HUT Partai Golkar ke-56, pada 20 Oktober 2020 mendatang.

Asty juga mengisahkan, Byarr Indonesia ini telah diluncurkan oleh Ketua Umum IIPG, Yanti Airlangga Hartarto beberpa waktu lalu. Untuk mensukseskan audisi ini, IIPG Provinsi NTT dan IIPG kabupaten/kota se-Provinsi NTT pun menggelar dan mensukseskan pencarian bakat seni di masyarakat selain pekerja seni.

Ia menambahkan, total hadiah di tingkat IIPG pusat akan ada enam pemenang dari masing-masing kategorinya serta juara favorit dan juara terunik. Hadiah utama diantaranya; dua unit mobil, sejumlah unit sepeda motor, dan modal usaha ratusan juta rupiah.

“Semoga ada perwakilan dari NTT yang bisa lolos di tingkat pusat nantinya,” harapnya. *Liead

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap