Usai Semana Santa dan Festival Bale Nagi, Tekad Doris Rihi Gelar Lomba Dayung Tradisional

184
Kiri atas: Prosesi laut dalam rangkaian Semana Santa di Larantuka Kabupaten Flores Timur. Kiri Bawah: Penampilan peserta dalam penutupan Festival Bale Nagi, Sabtu (15/4/2023). Kanan: Penjabat Bupati Flotim, Doris Alexander Rihi ketika penutupan Festival bale Nagi di Taman Kota Felix Fernandez Larantuka, Sabtu (15/4/2023). Foto: SelatanIndonesia.com/ml

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Selelah tiga tahun vakum lantaran pandemic Covid-19, prosesi Semana Santa di Kabupaten Flores Timur Kembali dibuka pada awal April 2023. Dilanjutkan dengan pergelaran Festival Bale Nagi sejak 11-15 April 2023. Kabupaten di ujung timur pulau Flores itu seketika melejit menjadi perhatian dan dikunjungi para pesiarah dari berbagai penjuru bumi.

Usai peristiwa relijius Semana Santa dan Festival Bale Nagi digelar, Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi berharap tahun depan Prosesi Semana Santa dan Festival Bale Nagi dikemas lebih sukses. Bahkan, ia bertekad bakal menggelar Lomba Dayung Tradisional. “Saya ingin sekali dalam tahun ini ada namanya lomba dayung tradisional karena termotivasi kemarin sudah  kita mengantar Tuan Menino dengan perahu yang ada, dan sangat luar biasa,” sebut Penjabat Bupati Flotim Doris Alexander Rihi ketika berbicara dalam acara penutupn Festival Bale Nagi di Taman Kota Felix Fernandez, Larantuka, Sabtu (15/4/2023).

Festival Bale Nagi yang kini menjadi agenda tahunan itu resmi ditutup oleh Doris Alexander Rihi dan disaksikan sejumlah besar masyarakat dan para penggiat seni dan budaya termasuk para pelaku UMKM se Kabupaten Flores Timur.

Doris Rihi secara terbuka mengakui kalau keberhasilan penyelenggaran Festival Bale Nagi yang dilakukan sejak tanggal 11 April 2023 berkat dukungan semua pihak termasuk seluruh elemen masyarakat Flores Timur.

“Ini menunjukkan kalau Festival Bale Nagi adalah sebuah kekuatan bersama untuk membangun Flores Timur lebih baik lagi ke depannya. Terima kasih secara khusus kepada semua peserta kegiatan Festival Bale Nagi, Panitia, Pengisi Acara semuanya sangat luar biasa. Keterlibatan dan partisipasi sangat luar biasa oleh setiap paguyupan yang ada di Flores Timur ini. Ini menunjukkan bahwa kita Flores Timur sangat terbuka dalam bingkai kebersamaan dan kekeluargaan. Kita adalah saudara, kita adalah Lamaholot. Ini motivasi kita supaya tahun depan lebih sukses,” katanya.

Disebutkan Doris Rihi dengan menyelenggarakan berbagai ivent termasuk nanti lomba dayung tradisional, akan membawa dampak perputaran ekonomi di Flores Timur. Turut hadir dalam acara penutupan Festival Bale Nagi diantaranya Penjabat Sekda Flotim Drs. Petrus Pedo Maran, Dandim 1624/Flotim diwakili oleh Jps Kasdim Mayor Inf. Yakobus Milan Tukan,  Kapolres Flores Timur diwakili Kasat Intelkam Polres Flotim IPTU . Yovinianus Sidin, Plt Asisten II Andreas Kewa Ama, Staf Ahli Bupati Emanuel Lamuri, Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Fraksi PKB Ibu Ana Waha Kolin, Plt Kadis Pariwisata Katarina M. Rin Riberu, Mantan Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli, Raja Larantuka Martinus Dontinus, Dvg, serta Pimpinan DPD Lingkup Pemerintah Daerah Flores Timur.

Hadir pula Pimpinan BUMN, Pimpinan BUMD, Para Rohaniwan, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Para Peziarah, Kaum Diaspora Flores Timur, dan Wisatawan serta para Wartawan, Panitia Pelaksanaan dan Para Paguyuban.*/)SI/ml

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap