Dari Bantala, Doris Rihi Gelorakan Kebangkitan Ekonomi Flotim Lewat Festival Pangan Lokal

127
Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi ketika berbaur dengan masyarakat dalam acara Festival Pangan Lokal di Desa Bantala, Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flotim, Sabtu (27/8/2022). Foto: ProkopimFlotim

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM –  Aneka sajian pangan lokal yang telah diolah secara baik, higienis dan sehat berjejer di seputaran lapangan Bantala, Sabtu (27/8/2022). Pangan-pangan lokal yang biasanya diolah secara tradisional itu kini nampak berbeda, menarik dan bernilai jual.

Sekitar 40 orang yang menjadi peserta dalam kegiatan Workshop dan Festival Pangan Lokal yang diadakan oleh Komunitas Budaya Taan Tou Desa Bantala, Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur. Warga setempat memamerkan hasil olahan pangan lokal yang telah dipelajari dalam workshop yang digelar dari tanggal 25-27 Agustus 2022 di desa Bantala.

Kegiatan ini sendiri terselenggara berkat dukungan penuh oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Dinas Pariwsata dan Kebudayaan Kab. Flores Timur.

Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si pun berkesempatan mengunjungi lokasi kegiatan ini bersama beberapa pimpinan OPD dan anggota DPRD Flores Timur, Eman Tukan.

Di depan peserta workshop dan festival, Penjabat Bupati mengungkapkan kegembiraannya bisa hadir di kegiatan ini dan menyampaikan bahwa festival kuliner lokal yang diselenggarakan ini tentunya memiliki tujuan yang sangat mulia, yakni meningkatkan rasa cinta pada produk panganan lokal.

“Tujuan akhirnya sesungguhnya adalah sebagai ungkapan rasa cinta oleh apa yang sudah dihasilkan dari tanah leluhur kita sendiri,” ungkapnya mengawali.

Ia berharap bahwa dari kegiatan ini akan ada perbaikan ekonomi baik secara pribadi maupun dalam keluarga yang bisa dirasakan setelah pengetahuan tentang pengolahan pangan lokal ini didapat oleh para peserta pada saat workshop yang dilaksanakan selama 3 hari itu.

Doris Rihi menekankan pada para peserta pelatihan pengolahan pangan lokal agar pengetahuan tentang pengolahan pangan lokal ini harus terus dikembangkan setelah mengikuti pelatihan ini. “Hasil pangan lokal ini, dan hasil pengetahuan dari narasumber pelatihan ini tentu akan bermanfaat bagi pengembangan ekonomi ke depannya,” sebutnya.

Mantan Penjabat Bupati Sabu Raijua ini mengapresiasi dan mendorong agar festival semacam ini terus diadakan dengan menjadwalkan pelaksanaannya secara teratur. “Harus ada upaya untuk menjadwalkan semua kegiatan festival. Nanti kita jadwalkan tanggal dan bulan berapa akan diadakan festival ini,” jelasnya.

Ia terus mendorong agar informasi seputar diadakannya festival semacam ini dapat diketahui oleh masyarakat umum juga wisatawan lokal dan manca negara. “Pola-pola promosi harus ditingkatkan,” tambahnya.

Doris Rihi mengajak kepada seluruh peserta festival panganan lokal ini untuk memahami dan menguasai semua hasil karya yang dihasilkan dari panganan lokal ini. “Para peserta semua harus memahami apa yang dikerjakan berkaitan dengan pengolahan makanan lokal ini dengan menampilkannya secara baik, dan menguasai secara detail proses pengerjaan serta kandungan gizinya,” harapnya.

Selanjutnya Doris Rihi didampingi oleh Eman Tukan, para pimpinan OPD, aparat pemerintahan desa Bantala dan Kecamatan Lewolema mengunjungi seluruh booth pameran, berdiskusi dengan para peserta, dan tak lupa membelanjakan produk yang dipamerkan.

Kehadiran Penjabat Bupati dalam kegiatan ini semakin mempertegas usahanya untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat baik secara pribadi, komunitas maupun yang berbentuk UMKM.

Sebelumnya, Doris Rihi sudah memulainya dengan menghadirkan kegiatan mingguan bertajuk UMKM Creative Weekend di lokasi PKL Weri (20/08/2022) yang secara reguler menampilkan produk-produk UMKM di Flores Timur melalui sebuah pameran yang didukung oleh Pemda Flores Timur.

Hadir bersama Doris Rihi, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika Heronimus Lamawuran/Herry, S.Sos., Kadis Perdagangan dan Perindustrian Siprianus Sina Ritan, S.Sos.M.Si., Kadis Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga (PKO) Felix Suban Hoda, S.S.M.Ed., Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Petrus Petara Aran, S.P, Camat Lewolema Hendrikus Amalebe Tokan, SE, undangan dan warga masyarakat desa Bantala.*/)ProkopimFlotim

Editor: Laurens Leba Tukan

 

Center Align Buttons in Bootstrap