Melki Laka Lena Dorong Pelaku UMKM di Nagekeo Hasilkan Produk Sesuai Standar BPOM

49
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena saat melaksanakan kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan bersama Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Aula Patronat Boawae, Natanage, Kabupaten Nagekeo, Senin (31/7/2023) Foto: Go

MBAY,SELATANINDONESIA.COM – Pelaku Usaha Mikor Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Nagekeo diajak untuk memproduksi produk sesuai standar BPOM sehingga bisa dipasarkan diseluruh tanah air.

“Bapa ibu yang punya UMKM silahkan kembangkan sehingga produksinya tambah banyak dan akan dibantu oleh BPOM Kupang dan Loka Pom Ende agar bisa diproduksi dengan baik sesuai dengan standar BPOM. Dan bila sudah memenuhi standar BPOM maka bisa dijual diseluruh tanah air,” sebut Melki Laka Lena saat melaksanakan kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan bersama Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Aula Patronat Boawae, Natanage, Kab. Nagekeo, Senin (31/7/2023).

Dikatakan Melki Laka Lena, selain tugas dari BPOM  untuk mengawasi mutu, kualitas dan berkhasiat dari produk minuman, makanan dan juga kosmetik, namun ada fungsi yang paling utama dari BPOM adalah untuk mendorong dan mengembangkan UMKM  yang berbasis pangan olahan dan obat olahan tradisional dan kosmetik tradisional dari masyarakat.

“Jadi sekarang yang kita lakukan adalah produksi produk sebanyak mungkin dan dikemas, izinnya ada maka siap untuk diedarkan. Untuk masyarakat yang sedang menjalankan usahanya kami dengan senang hati mendukung dan mendorong bekerja sama dengan berbagai pihak agar produk kita bisa mendapatkan pasaran yang maksimal, ujar Ketua DPD I Partai Golkar NTT ini.

Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Madya BPOM Kupang, Etni Ira Risva Banunu berharap masyarakat yang sudah mengikuti KIE ini nantinya bisa menjadi menjadi konsumen yang cerdas.

“Bapak ibu harus menjadi konsumen yang cerdas supaya dapat melindungi diri dari obat-obatan dan makanan yang tidak memiliki ketentuan. Oleh karena itu harapan kami adalah informasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat buat bapak mama sekalian dan dapat kita diskusikan bersama supaya apa yang belum dipahami bisa dipahami dengan baik,” kata Etni Banusu.

Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Madya Loka POM Ende, Paulus Febrianto Silor juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya peduli obat dan pangan aman dengan Cek KLIK.

“Cek KLIK yaitu cek kemasan dalam kondisi baik, baca informasi produk pada label, pastikan memiliki izin edar dan cek masa kedaluwarsanya,” ujar Paulus.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Golkar Nagekeo, Kristianus Dua Wea, Anggota Fraksi Golkar Antonius Moti dan Yohanes K. Gore, Calon Anggota DPRD NTT, Saturminus Jawa serta caleg Golkar lainnya.*/)go

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap