Herlina Nikulina Diaz Mundur, Doris Rihi Lantik Nabas Lewokeda Jadi Pj Kades Wureh

547
Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi melantikan Barnabas Lewokeda menjadi Pj. Kepala Desa Wureh, Kecamatan Adonara Barat, kabupaten Flores Timur, Selasa (18/4/2023). Foto: SI/ml

ADONARA,SELATANINDONESIA.COM – Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi resmi melantik Brnabas Lewokeda, S.IP menjadi Penjabat Kepala Desa Wureh, Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur, Selasa (18/4/2023). Nabas Lewokeda dilantik menggantikan Herlina Nikulina Diaz yang mengundurkan diri setelah terpilih menjadi Kepala Desa Wureh beberapa waktu lalu.

Acara pelantikan terhadap mantan aktivis API Reinah Rosari, Mahasiswa Katolik Keuskupan Larantuka di Kupang itu berlangsung di Aula Kantor Desa Wureh, Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur dihadiri Plt. Asisten III Agustinus Ola Sabon, Kadis PMD Alfi Kaha, Kapolsek Adonara Barat Ipda. Januardana Rambi, Kadis Komunikasi dan Informatika Heronimus  Herry Lamawuran, Kadis Pertanian Petrus Petara Aran serta Camat Adonara Barat Wilhelmus Wisok Mangu, Kepala Desa se Kecamatan Adonara Barat serta sejumlah undangan dan masyarat  lain. Pastor Pembantu Paroki St. Maria Goreti Waiwadan RD. Jon Lein, Pr tampil sebagai Rohaniwan Pendamping.

Penjabat Bupati Flotim, Doris Alexander Rihi mengharapkan, Pj Kades Wureh yang dilantik dapat membawa angin segar dan pemikiran-pemikiran yang konstruktif dalam mengisi pembangunan di wilayah Kabupaten Flores Timur khususnya di Desa Wureh.

Dikatakan Doris Rihi, lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa memberikan angin segar dan perubahan yang signifikan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan serta pemberdayaan kemasyarakatan di Desa. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 menjadi tonggak perubahan paradigma pengaturan desa.

“Desa diberikan otonomi secara khusus untuk mengatur dan mengurus desanya sendiri. Sebagai daerah otonom, desa diberikan hak-hak Istimewa, diantaranya adalah terkait pengelolaan keuangan dan alokasi dana desa, pemilihan kepala desa serta proses pembangunan desa,” sebut Doris Rihi.

Kepada Pj. Kades Wureh, Doris Rihi mengatakan, menjadi pemimpin untuk seluruh masyarakat Desa Wureh. “Jangan menjadi Penjabat Kepala Desa untuk kelompok dan masyarakat tertentu saja. Rangkulah seluruh masyarakat tanpa perbedaan dalam mendukung roda pemerintahan dan pembangunan di Desa. Jalankan amanah itu secara baik dan bertanggungjawab. Patuhi segala ketentuan Peraturan Perundang-undangan,” tegasnya.

Ia menambahkan, sebagal Penjabat Kepala Desa loyalitas saudara adalah satu garis lurus, yakni Presiden, Gubernur, dan Bupati dengan tetap berpegang pada aturan yang berlaku. “Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Camat. Karena Camat adalah perpanjangan tangan Bupati di wilayah. Berdayakan perangkat desa yang ada untuk membantu pelaksanaan tugas saudara. Jangan semua tugas diborong habis oleh Penjabat Kepala Desa, yang akibatnya pelaksanaan pemerintahan di Desa menjadi macet dan terhambat,” ujar Doris Rihi.

Pesan penting lainnya yang disampaikan Doris Rihi adalah gunakanlah Dana Desa untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Desa dengan transparan dan akuntabel serta dilaksanakan dengan tertib dan disiplin anggaran. “Hindarilah korupsi dalam Penggunaan dana desa. Bermitralah dengan Badan Permusyawaratan Desa, untuk kemajuan dan pembangunan desa, serta ciptakan inovasi untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat. Serta berdayakan PKK Desa, agar para perempuan di Desa dapat mengambil peran dalam setiap kebijakan Pemerintah Desa,” ujarnya.

Tidak hanya itu, disebutkan Doris Rihi bahwa di era keterbukaan informasi saat ini, Penjabat Kepala Desa tidak boleh risih terhadap keluhan atau pertanyaan warga mengenai Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. “Saudara harus responsif terhadap tuntutan dan kebutuhan warga di Desa saudara. Saya berkeyakinan, dari hal kecil seperti ini, jika kita lakukan dengan sungguh-sunggun, akan membangun kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Desa. Jangan menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan kepadamu,” pungkas Doris Rihi.*/)SI/ml

Editor: Laurens Leba Tukan

 

Center Align Buttons in Bootstrap