Didampingi Bunda Flotim Berbalut Kewatek Adonara, Doris Rihi: Buktikan Cintamu pada Lewotana

369
Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Stefani Sri Mutarti, S.Sos yang berbalut Kewatek Adonara saat upacara HUT ke 77 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Flores Timur, Rabu (17/8/2022). Foto: ProkopimFlotim

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Suara gendang dan gong terdengar pagi ini di jalan masuk menuju Kantor Bupati Flores Timur (Rabu, 17/08/2022). Seiring dengan itu, gerakan belasan para penari Hedung dengan parang, tombak dan tameng di tangan itu nampak lincah mengikuti irama bunyi gendang dan gong.

Moment ini menjadi pembuka yang menarik dalam rangkaian Perayaan Peringatan HUT ke 77 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Flores Timur. Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Stefani Sri Mutarti, S.Sos yang berbalut Kewatek Adonara nampak anggun.

Didampingi pula Sekretaris Daerah Paulus Igo Geroda, S.Sos., M.A.P., dan Ketua Dharma Wanita Ny. Rina Nugroho Geroda, dan Ketua DPRD Flores Timur Robert Sabon Kereta, S.Pd terlebih dahulu disambut dengan tarian Hedung sebelum menuju ke tempat upacara.

Di awal amanatnya, Penjabat Bupati mengajak seluruh masyarakat Flores Timur untuk memaknai pembangunan saat ini sesuai dengan tema peringatan HUT Kemerdekaan RI Tingkat kabupaten Flores Timur yakni Bersatu Bangun Flores Timur, untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Momentum ini, menurut Doris Rihi menjadi kesempatan untuk merenung dan meresapi perjuangan para pahlawan terdahulu untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Diakuinya bahwa di Flores Timur sendiri bahwa dinamika proses pembangunan masih akan terus berlangsung. “Banyak yang telah dicapai dan banyak pula yang belum kita capai bersama. Itu semua akan jadi kekuatan bersama apabila kita semua mulai mempererat diri, merekatkan interaksi hubungan kita, saling membantu di antara kita. Pastinya, semua harapan dan cita-cita akan terwujud,” ujarnya.

Diakuinya juga bahwa pembangunan yang akan dilaksanakan ke depannya selalu akan menemui tantangan-tantangannya tersendiri namun dapat teratasi melalui sebuah kebersamaan. “Kebersamaan akan luntur apabila kita tidak bisa memaknai arti kekeluargaan dan kebersamaan,” pesannya.

Itu pasalnya, ia mengajak masyarakat untuk selalu menempatkan hukum di atas segalanya. “Ada masalah secara kedinanasan, kemasyarakatan, sosial, budaya, adat, mari duduk bersama, kita tempatkan hukum setinggi-tingginya,” ujarnya.

Selain itu juga, Doris Rihi menghimbau seluruh warga masyarakat untuk saling membahu dan membantu bersama. “Tantangan pembangunan ini tidak bisa dihadapi secara sendirian atau individual, tetapi harus secara bersama,” jelasnya.

Doris Rihi mengapresiasi keberhasilan Perseftim U-17 yang berhasil meraih prestasi yang membanggakan dalam ajang Piala Suratin U-17 di Ende, dan menyebutnya sebagai sebuah hadiah terbaik di momentum perayaan kemerdekaan bangsa ini khususnya untuk Flores Timur sembari memberikan apresiasi yang sama kepada pencapaian-pencapaian yang telah dilaksanakan. “Inilah kehormatan dan kebanggan kita sebagai warga Flores Timur dan tentu banyak hal yang telah kita capai bersama pada periode-periode terdahulu,” lanjutnya.

Menghadapi pesta demokrasi yang akan dihadapi beberapa tahun mendatang, Penjabat Bupati mendorong warga masyarakat Flores Timur untuk bijak dan bersikap dewasa dalam menghadapi perbedaan-perbedaan yang ada khususnya dalam hal pemanfaatan media sosial. “Saya mengingatkan kepada setiap kita untuk memanfaatkan media sosial dengan sebaikbaiknya untuk menghasilkan nilai-nilai positif, meningkatkan perekonomian masyarakat, akses informasi dan pengetahuan, dan interaksi yang bersahabat,” pesannya.

Doris Rihi selanjutnya mengapresiasi kebersamaan yang telah dilaksanakan selama ini oleh masyarakat Flores Timur dan oleh atas capaian-capain positif pada periode sebelumnya. “Saya menaruh hormat dan bangga kepada seluruh masyarakat Flores Timur atas kebersamaan yang telah berlangsung bagi pembangunan di kabupaten Flores Timur ini dan atas capaiancapaian kinerja yang telah kita lakukan pada periode lalu yang telah kita ketahui bersama,” sebutnya.

Doris Rihi mengakhiri amanatnya dengan mengajak seluruh elemen masyarakat di kabupaten ini untuk terus bekerja dengan jujur, adil dan bertanggung jawab demi kemakmuran bersama. “Mari kita bukitkan rasa cinta pada lewotanah Flores Timur dengan semangat loyalitas, kesetiaan, integritas untuk mewujudkan semua cita-cita masyarakat dengan bekerja dengan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya, seadil-adilnya, dan kita pertanggungjawabkan kepada masyarakat, hukum dan Tuhan,” ajaknya bersemangat.

Usai memberikan amanatnya, Penjabat Bupati berkesempatan menyerahkan Surat Keputusan Remisi Tahun 2022 kepada perwakilan Warga Binaan Rumah Tahanan kelas II B Larantuka yang menerima remisi, SK Purna Bhakti kepada para 11 pensiunan PNS TMT 01 September 2022, dan bantuan dua mobil ambulance dari Bank BRI Cabang Larantuka masing-masing kepada Pemerintah Kecamatan Solor Barat dan Yayasan Pendidikan dan Sosial Mahardika.

Upacara peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI tingkat kabupaten Flores Timur ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Flores Timur periode 2011-2016; Valens Tukan, Sekda Flores Timur periode 2011-2016; Anton Tonce Matutina, Pimpinan BRI dan Bank NTT Cabang Larantuka; Ketua MUI Ahmad Bethan, para pejabat Eselon II dan III lingkup Pemda Flores Timur, para ASN dan Tenga Teknis Perkantoran serta undangan lainnya.

Berikut susunan petugas dalam upacara Peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Flores Timur; Perwira Upacara; Kasat Pol PP Agustinus Ola Sabon, S.Sos, M.A.P, Komandan Upacara; Kabid Penegakan Produk Hukum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja; Karolus Koda Leton, SH, Pengibar Bendera; Fransiskus Ferdi Sakiman, Widi Astuti, Agustinus Alfani, Pembaca Teks Proklamasi; Ketua DPRD Kabupaten Flores Timur Robertus Rebon Kereta, S. Pd, Pembawa Doa; Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur; Yosef Aloysius Babaputra, S.Fil., M.M., dan Pembawa Acara; Mateus Sidoki Keban dan Inggrita Rita Meryci Nggepo.

Setelah memimpin upacara, Penjabat Bupati bersama unsur-unsur Forkompimda mengikuti Peringatan Detik-detik Proklamasi di Jakarta melalui siaran televisi, bertempat di aula rumah jabatan Bupati Flores Timur.*/)ProkopimFlotim

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap