Arak Lamahelan dan Wisata Air Meko, Andalan Bank NTT Larantuka di Festival Desa Binaan & PAD

842
Pimpinan Bank NTT Cabang Larantuka, Hari Yanto Johannes. Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Gubernur Nua Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat telah dengan resmi meluncurkan tiga ivent besar Bank NTT, pada Senin (21/3/2022) silam. Tiga ivent itu adalah Festival Desa Binaan Bank NTT, Festival PAD dan Program Ramai Skali. Khusus Festival Desa Binaan dan Fesitival PAD, setiap Kantor Cabang di seluruh Kabupaten dan Kota, mengikutsertakan lima desa untuk dilombakan.

Bank NTT Cabang Larantuka, Kabupaten Flores Timur sudah sangat siap dalam mengikuti ajang bergengsi itu. Bahkan, lima desa dengan potensi masing-masing telah disiapkan oleh Bank NTT Cabang Larantuka diantaranya Arak Lamahalean dari Desa Lamahelan Kecamatan Ile Boleng, Adonara dan Wisata Air Pulau Meko dan Pulau Kelelawar di Desa Pledo, Kecamatan Witihama.

“Keunggulan yang kami tawarkan dalam Festival Desa Binaan Bank NTT dan Fesrival PAD ini adalah soal potensi dan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Flotim yang punya daya tarik diantaranya produk pertanian dan perkebunan, produk minuman tradisonal Arak Lamahelan dan Pulau Pasir Meko serta Pulau Kelelawar yang disana terdapat pulau pasir putih yang sangat indah dan masuk tiga besar nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API),” sebut Pimpinan Bank NTT Cabang Larantuka, Hari Yanto Johannes kepada SelatanIndonesia.com, Rabu (5/4/2022).

Proses pembuatan Arak Lamahelan. Foto:Taranwananblogspot.com

Disebutkan, untuk Program Ramai Skali, Bank NTT Larantuka saat ini sedang melakukan promosi kepada sekolah-sekolah dan masyarakat umum. “Ada enam item yang dikompetisikan diantaranya Tradisional Costume Carnival, Tarian Etnik Kontemporer, Pidato Bahasa Inggris, Foto Model, Paduan Suara dan Tik Tok,” sebut Hari Yanto.

Ia memberikan apresiasi atas dukungan Bupati Flotim, Anton Gege Hadjon dan Pemda Flotim dalam berbagai persiapan menyambut Festival Desa Binaan Bank NTT, Festival Pendapan Asli Daerah (PAD) dan Festival Ramai sekali. “Dukungan Pak Bupati dan Pemda sangat bagus dimana untuk persiapan mengikuti festival ini Pak Bupati Flotim telah memberikan surat rekomendasi terhadap lima desa yang akan ikut dalam festival tersebut,” katanya.

Dijelaskan Hari Yanto, festival ini juga sebagai sarana promosi untuk transaksi kanal- kanal Bank NTT diantaranya QRIS, Agen Dia Bisa dan lainnya di masing-masing desa guna
peningkatan transaksi. “Khusus Pembayaran Pajak Daerah untuk peningkatan PAD Kabupaten Flotim di Tahun 2022 ini. Sedangkan khusus untuk Festival Ramai Skali di tahun ini diprediksikan akan banyak peminat yang mendaftarkan diri khususnya para siswa-siswi dari sekolah-sekolah,” ujarnya.

Hari Yanto menambahkan, Produk Pertanian dan Perkebunan di Flotim yang sangat memadai sehingga kali ini, Bank NTT Cabang Larantuka memakimalkan produk seperti Jagung dan Kopi di Kecamatan Titehena. Menurut dia, Kecamatan Titehena secara umum
sebagai lokasi pertanian terutama Pertanian Lahan Kering dan Lahan Basah, serta Perkebunaan khususnya Kopi dan Mente. “Juga Produk Pengolahan Minuman Tradisional dari Pohon Lontar yaitu Arak Lamahelan. Di Pulau Adonara terdapat beberapa daerah yang masih mengandalkan sumber pendapatan dari usaha pengolahan minuman tradisional. Juga Pariwisata Pulau pasir Mekko dan Pulau Kelelawar Mekko, dimana terdapat pulau pasir putih yang sangat indah dan masuk dalam 3 besar nominasi API atau Anugera Pesona Indonesia,” jelasnya.

Pesona Pasit Putih Pulau Meko di Adonara

Ia merincikan, desa-desa yang ditetapkan menjadi peserta dalam Festival Desa Binaan Bank NTT, Festival Pendapan Asli Daerah (PAD) Tahun 2022 diantaranya Desa Leraboleng, Desa Pledo, Desa Bokang, Desa Lamahelan dan Desa Konga. Adapun keunggulan dari desa-desa tersebut adalah Desa Leraboleng keunggulannya adalah Kopi Leworok dan Kopi Tite. “Kopi sudah memiliki label dan kemasan dan sudah di jual ke luar NTT,” jelasnya.

Sedangkan desa Pledo, keunggulannya adalah Pariwisata Pulau Pasir Mekko dan Pulau Kelelawar Mekko, sudah masuk dalam nominasi API (Agugera Pesona Indonesia), Desa Bokang dengan keunggulannya Beras Jagung Desa Bokang untuk mendukung program PKH (Progrtam Keluarga Harapan) termasuk penurunan angka stunting. “Sedangkan desa Lamahelan, keunggulannya adalah Pengolahan Minuman Tradisional dari Pohon Lontar yang dikenal dengan Arak Lamahelan. Serta Desa Konga, keunggulannya adalah Benih Jagung Label Ungu atau Benih Jagung Terbaik, dipersiapkan untuk benih unggul dari Kabupaten Flotim,” jelas Hari Yanto.

Ia mengaku optimis bahwa dengan aneka keunggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Flores Timur mampu mmbawa Bank NTT Larantuka menjai juara dalam tiga ivent besar Bank NTT tahun 2022.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap