Ragam Nestapa TTS di Pundak Wantimpres Agung Laksono

1392
Ragam Nestapa TTS di Pundak Wantimpres Agung Laksono. (Foto: LLT)

SOE,SELATANINDONESIA.COM – Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia( Wantimpres RI) Agung Laksono bersama rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi NTT, Rabu (30/7/2024). Berbagai persoalan krusial termasuk kemiskinan ekstrem yang melanda Kabupaten TTS disampaikan langsung ke Agung Laksono dengan harapan bisa ditangani oleh Pemerintah Pusat.

Rombongan Wantimpres diterima oleh Forkopimda TTS yang dipimpin Penjabat Sekretaris Daerah, Joni Lakapu di Kantor Bupati. Usai diterima secara adat, Anggota Wantimpres dan Forkopimda TTS menggelar rapat di ruang kerja Bupati TTS.

Kepada Rombongan Wantimpres Penjabat Sekda TTS, Joni Lakapu memberikan catatan berbagai pembangunan di TTS. “Wilayah TTS membutuhkan perhatian serius pemerintah. Persoalan serius yang menjadi perhatian Pemda adalah Pendidikan dan Kesehatan,” jelas Joni.

Selain itu Joni juga memberikan catatan soal puluhan gedung Sekolah Dasar dan Menengah yang masih memakai ruang darurat karena belum memiliki gedung permanen. “Ada sarana prasarana pendidikan sebanyak 35 SD masih gedung darurat atau belum memiliki gedung,” ujarnya.

Pada Bidang kesehatan menurut Joni, meski tingkat stunting sudah berkurang namun belum sepenuhnya menurun.

Joni Lakapu menitipkan masalah serius soal penyakit rabies. “Sampai saat ini penyakit rabies sudah menelan korban sebanyak 18 orang meninggal,” ujarnya.

Joni juga mengaju jika di TTS saat ini masih mengalami Kekurangan tenaga kesehatan.

Sedangkan, sebanyak 25.888 KK terkategori Miskin ekstrem. “Kami juga mau menyampaikan jika Pembangunan pelabuhan Kolbano belum rampung,” katanya.

Wantimpres Agung Laksono menyebut jika dirinya sudah mencatat semua masukan. “Saya sering mendapat informasi soal angka angka kemiskinan ekstrem tentu sesuai UU ini adalah tanggung jawab pemerintah,” kata dia.

Agung Laksono yang juga Ketua Dewan Pakar DPP Golkar menjelaskan, jika selama ini NTT dikenal dengan sumber daya yang luar biasa. “Ini tentu saja harus didukung dengan infrastruktur yang memadai,” katanya.

“Kami sebagai dewan pertimbangan presiden selalu memberikan masukan kepada Presiden Jokowi setiap bulan maupun minggu baik secara tertulis maupun secara langsung,” tambahnya.

“Mudahan mudahan saya mendapat masukkan dari Bapa mama sekalian dan saya melalui staf saya sudah mencatat semua,” tambahnya lagi.

Selain soal pembangunan , Agung juga mengatakan jika agenda politik beberapa bulan lagi akan digelar. Oleh karena itu dia meminta agar semua elemen penting untuk menjaga keharmonisan. “Kita akan melaksanakan pilkada serentak beberapa bulan lagi. Betapapun kita berbeda pilihan politik tidak boleh sampai terpecah,” ujarnya.

Agung Laksono juga mengunjungi geudung darurat SMP Negeri Sonapolen, Kota Soe.

Agung Laksono datang didampingi Sekretaris Wantimpres Ganjar Razuni dan Tim Ahli Rene Manembu. Ia juga didampingi Anggota Wantim Golkar NTT yang juga mantan anggota DPR RI Fraksi Golkar, dr. Charles Mesang, Bupati TTS periode 2019-2024 Epy Tahun, dan Staf Ahli Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, Peter Nenohay.*/Ronis/Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap