Ditopang Bank NTT Didukung Melki Laka Lena, RSUD Bajawa di Late Terus Dibangun

197
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena dan Bupati Ngada Andreas Paru ketika acara peletakan batu pertama pembangunan Gedung IGD, dan Gedung Rawat Inap Rumah Sakit -Umum Daerah (RSUD) Bajawa di Late, Desa Turekisa, Kecamatan Golewa Barat, Kabupaten Ngada, Jumat (13/7/2024). Foto: Aurel

BAJAWA,SELATANINDONESIA.COM – Berawal dari dana pinjaman daerah di Bank NTT, pembangunan RSUD Bajawa di Late, Desa Turekisa, Kecamatan Golewa Barat, Kabupaten Ngada kini memasuki tahap ketiga. Dukungan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena sangat bermanfaat bagi keberlangsungan Pembangunan RSUD tersebut.

Bupati Ngada Andreas Paru bersama Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung IGD, dan Gedung Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bajawa di Late, Desa Turekisa, Kecamatan Golewa Barat, Kabupaten Ngada, Sabtu (13/7/2024).

Acara peletakan batu pertama pembangunan Gedung IGD, dan Gedung Rawat Inap ini ditandai dengan ibadat bersama dan ritual adat dan dilanjutkan dengan peletakan batu dan adukan semen dari Bupati Andreas dan Melki Laka Lena.

Bupati Ngada, Andreas Paru mengatakan pembangunan Gedung IGD, dan Gedung Rawat Inap merupakan tahap ketiga dari pembangunan RSUD Bajawa di Late. Ia mengisahkan pembangunan RSUD Bajawa di Late tahap pertama tahun 2022 menggunakan dana Pinjaman Daerah dari Bank NTT sebesar Rp. 24 miliar. Pembangunan tahap kedua tahun 2023 dengan pembiayaan sebesar Rp. 10.000.000.000 bersumber dari DAU Spesifik Grant.

“Sedangkan pembangunan tahap tiga ini menggunakan dana sebesar Rp 20 miliar yang bersumber dari DAK (APBN) dan DAU Spesifik Grant untuk melengkapi prasarana dan sarana dengan rincian anggaran sebesar Rp. 16.949.788.000,00 yang bersumber dari DAK dan Rp. 3.100.000.000,00 bersumber dari DAU Spesifik Grant untuk Pembangunan,” jelas Bupati Andreas Paru.

Dikatakan Bupati Andreas, pembangunan RSUD Bajawa di Late bisa berjalan dengan baik karena didukung berbagai pihak terkait. Hal itu kemudian terbukti pada tahap kedua dan ketiga mendapat dukungan dari Kementerian Kesehatan. Bupati Andreas juga mengakui keterlibatan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena dalam memperjuangkan aspirasi pembangunan RUSD Bajawa di Late juga sangat membantu.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bank NTT, Kementerian Kesehatan, dan Bapak Melki Laka Lena dan semua pihak terkait yang telah mendukung pembangunan RSUD Bajawa di Late,” ujar Bupati Andreas.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena mengapresiasi keseriusan Bupati Andreas untuk membangun RUSD Bajawa di Late yang awalnya dimulai dari dana pinjaman daerah. Ia pun berkomitmen untuk terus memperjuangkan keberlanjutan pembangunan RUSD Bajawa di Late.

“Kami berkomitmen untuk terus memperjuangkan keberlanjutan pembangunan rumah sakit ini. Mudah – mudahan di tahun anggaran 2025 kita bisa dorong tambahan anggaran senilai Rp. 55 Miliar untuk keberlanjutan pembangunan RUSD Bajawa di Late. Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Ngada agar perjuangan kami ini bisa membuahkan hasil,” ujar Melki Laka Lena.

Ketua DPD I Golkar NTT ini meminta masyarakat Late dan sekitarnya untuk jangan menjual lahan. “Tolong jangan jual habis lahannya. Untuk lahan pribadi kalau boleh pake model yang namanya kerja sama operasi atau KSO. Jadi biar orang Late tetap jadi tuan rumah di negeri sendiri. Jadi saya minta tolong pak Bupati, masyarakat disini, semua perangkat daerah, asisten, pak sekda, semua teman-teman dari berbagai dinas, bapa camat, bapa lurah, bapa desa semua kalau boleh buat semacam aturan kalau perlu agar diluar tanah buat Pemerintahan atau fasilitas umum lainnya tolong yang milik-milik pribadi itu jangan jual putus lebih baik bikin kerja sama bagi hasil, ini bakal jadi kota bagus ini,” pintah Melki Laka Lena.

Turut hadir saat itu Forkopimda Ngada, Direktur RSUD Bajawa dr. Paulina Palettemu, Kepala Dinas Kesehatan Ngada dr. Ati Due serta para undangan lainnya.*/)IgoMaking

Center Align Buttons in Bootstrap