9 Mei Hironimus Pakaenoni Dilantik Jadi Uskup Agung Kupang

401
Uskup Agung Kupang Mgr. Hironimus Pakaenoni (kiri) dan Uskup Emeritus Mgr. Petrus Turang usai pengumuman di Gereja Sta. Maria Assumpta Kupang, Sabtu (9/3/2024). Foto: YL

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Sesuai rencana, Uskup Agung Kupang yang baru diangkat pimpinan tertinggi Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus, RD Hironimus Kakaenoni Pr akan dilantik pada 9 Mei 2024 mendatang.

Kepastian jadwal pelantikan Rektor Seminari Tingflorida state football jersey custom made football jerseys custom football jerseys Ohio State Team Jersey 49ers jersey ohio state jersey Ohio State Team Jersey micah parsons jersey custom made football jerseys florida state football jersey custom made football jerseys ohio state jersey Iowa State Football Uniforms 49ers jersey Iowa State Football Uniforms gi Santo Mikhael Kupang menjadi Uskup Agung Kupang disampaikan Monsinyur Petrus Turang Pr, saat misa pengumuman uskup baru di Gereja Katolik Santa Maria Asumpta Kupang, Sabtu (9/3/2024). Petrus Turang ditunjuk sebagai uskup administrator apostolic Kupang sampai masa pelantikan uskup baru pada 9 Mei 2024.

“Pengumuman uskup baru kepada umat katolik di Kupang, pukul 19.00 Wita bertepatan dengan pengumuman takhta suci di Vatikan, Roma, hari ini, pukul 12.00 waktu Roma. Sejak pengumuman ini dikeluarkan, di KAK ada kekosongan kursi keuskupan atau sede pecanta. Mengisi kekosongan itu, saya diangkat menjadi uskup administrator apostolik Kupang. Tetapi, tidak punya kuasa untuk menandatangani surat-surat atau mengeluarkan kebijakan tugas kegembalaan. Saya minta komisi-komisi di Keuskupan tetap bekerja menjalankan tugas-tugas keuskupan seperti bisa, sampai pelantikan uskup baru, 9 Mei 2024,” ujar Petrus Turang dilansir dari KOMPAS.

Saat pengumuman, RD Hironimus Pakaenoni dihadirkan, duduk di kursi keuskupan di depan altar. Ia muncul dari sacristia menghampiri altar, kemudian duduk berhadapan dengan ratusan umat yang mengikuti perayaan misa. Ia mendengarkan dengan seksama setiap ucapan yang disampaikan Uskup Turang.

Petrus Turang yang memimpin KAK selama 27 tahun membacakan surat dari takhta suci yang diwakili Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo. “Saya menyampaikan kepada kalian bahwa Bapa Suci Paus Fransiskus dengan pertimbangan matang telah mengangkat RD Hironimus Pakaenoni Pr, Rektor Seminari Tinggi St Mikhael Kupang menjadi uskup Keuskupan Agung Kupang, menggantikan Mgr Petrus Turang, yang masuk masa purna tugas, emeritus,” kata Petrus Turang.

Selesai uskup Turang memberikan berkat penutup, ratusan umat, rohaniwan dan rohaniwati, serta para frater dan bruder yang hadir berjubel menghampiri uskup baru. Mereka bersalaman, mengucapkan selamat dan meminta foto bersama. Rekan-rekan pengajar seminari tinggi pun tidak ketinggalan. Satu per satu mereka mengajak foto bersama.

Hironimus Pakaenoni lahir di Noemuti, Timor Tengah Utara, 14 April 1969. Ayahnya, Antonius Menu Pakaenoni (alm), dan ibunya bernama Petronela Leolay (85). Ia menyelesaikan studi filsafat teologi di Seminari Tinggi St Paulus Ledalero Maumere pada 1994.

Hironimus Pakaenoni ditahbiskan menjadi imam projo di Gereja Katolik Santa Maria Asumpta Kupang oleh Mgr Petrus Turang pada 1997. Memulai karya sebagai pastor di gereja itu, ia kemudian pindah tugas tahun 1999 di Paroki Santo Petrus Sulamu di Kabupaten Kupang hingga 2021. Selanjutnya ia belajar teologi dogmatik di Roma, Italia, pada 2001-2003.

Saat ini selain sebagai rektor dan Pembina Seminari Tinggi Santo Mikhael Kupang, Ia juga pengajar fakultas filsafat agama pada Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Di Keuskupan Agung Kupang, ia menjabat sebagai ketua Komisi Kerasulan Awam sejak 2023.

Hironimus Pakaenoni memilih moto tahbisan uskup, “pasce oves meas”, gembalakanlah domba-dombaku. Ia adalah putra Timor pertama, yang memimpin KAK. Keuskupan ini membawahi lima kabupaten dan satu kota, dengan satu keuskupan, yakni Atambua.

Hironimus Pakaenoni menjadi uskup ketiga di KAK setelah yang pertama Mgr Gregrorius Mateiro SVD (alm) dari Larantuka, Flores Timur; kemudian digantikan Petrus Turang.*/)Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap