Kapolda NTT: Belum Ada TR Kapolri Soal Brigjen Dayan Blegur Jadi Wakapolda

2211
Brigjen Pol. Dayan Victor Imanuel Blegur, S.I.K., M.H., M.Han., dan istrinya berpose bersama kedua orangtua. Foto: Dok.PenaTimor

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Jabatan Wakapolda NTT saat ini sedang lowong setelah Brigjen Pol. Heri Sulistianto memasuki masa purna bhakti. Beredar kabar, salah satu putra Nusa Kenari, Kabupaten Alor dipercayakan menjadi Wakapolda NTT.

Dia adalah Brigjen Pol. Dayan Victor Imanuel Blegur, S.I.K., M.H., M.Han. Brigjen Dayan kini dipercyayakan menjabat Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Eropa dan Timur Tengah pada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Nama Brigjen Dayan ramai diperbincangkan di jagad maya sebagai Wakapolda NTT.

Kapolda NTT Irjen Pol. Johni Asadom menyebut, hingga kini belum ada Surat Telegram (TR) Kapolri tentang jabatan di lingkup Polri. “Setidaknya sampai saat ini belum ada TR Kapolri tentang jabatan-jabatan di lingkup Polri yang diterbitkan Mabes Polri,” ujar Kapolda Johni Asadoma melalui pesan WhatsApp kepada SelatanIndonesia.com, Rabu (13/9/2023) malam.

Dilansir dari PenaTimor.com, Brigjen Dayan lahir di Kalabahi, Kabupaten Alor pada tanggal 7 Juni 1974 sebagai anak sulung dari tujuh bersaudara.

Ayahnya adalah Drs. John Thomas Blegur, seorang politisi kawakan yang pernah menjadi Ketua DPRD Alor selama tiga periode, tahun (1997-1999), (1999-2004), dan (2004-2009), kemudian menjadi anggota DPRD Provinsi NTT. John Blegur juga tercatat menjadi Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Alor selama tiga periode, tahun 1993 – 2009.

Ibunda dari Brigjen Dayan bernama Petronela Hubertha Blegur-Mooy, dari Kabupaten Rote Ndao.

Setelah lulus SMA Taruna Nusantara tahun 1993, Dayan kemudian melanjutkan pendidikan di Akademi Kepolisian dan menyelesaikannya pada tahun 1996.

Dia kemudian menempuh pendidikan S1 di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.I.K.) pada tahun 2006.

Ia kemudian menempuh pendidikan S2 pasca sarjana di Universitas Jayabaya, dan mendapatkan gelar Megister Hukum (M.H.) pada tahun 2019, serta pasca sarjana di Universitas Pertahanan RI dan mendapatkan gelar Megister Pertahanan (M.Han.) pada tahun 2021.

Dayan mengawali karier kepolisian di Polda Sumatera Barat pada tahun 1997 hingga 2005 dengan jabatan terakhir sebagai Wakasat Reskrim Poltabes Padang.

Pada tahun 2006 – 2007, dia pernah bertugas di Polda Kalimaten Tengah dan menjabat sebagai Kabag Jarlat SPN Tillik Riwut Polda Kalteng.

Pada tahun 2007 – 2023, Dayan bertugas di Densus 88 AT Polri sebagai Kasubbid Analis Bidintelien Densus 88 AT Polri, kemudian menjadi Kasatgaswil Sumbagut Densus 88 AT Polri, Kasatgaswil Aceh dan Sumut Densus 88 AT Polri, Kabagops Densus 88 AT Polri, dan Kasatgaswil DKI Jakarta Densus 88 AT Polri.

Pada bulan Oktober 2022, Dayang mengikuti proses seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan BP2MI dan pada tanggal 28 Februari 2023 dilantik sebagai Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Eropa dan Timur Tengah.

Dayan juga berpengalaman melaksanakan berbagai penugasan di dalam negeri maupun luar negeri, sehingga dianugerahkan penghargaan antara lain Bintang Bhayangkara Nararya, Satya Lencana Pengabdian 8, 16 dan 24 Tahun, Satya Lencana Bhakti Pendidikan, Satya Lencana Jana Utama, Satya Lencana Katria Bhayangkara, Satya Lencana Karya Bhakti, Satya Lencana Operasi Kepolisian, Satya Lencana Dharma Nusa dan Satya Lencana Wira Karya.

Biodata:

Nama                                    : Brigjen Pol. Dayan Victor Imanuel Blegur, S.I.K., M.H., M.Han.

Tempat/Tanggal Lahir     : Kalabahi, 7 Juni 1974

Ayah                                     : Drs. John Thomas Blegur

Ibu                                        : Petronlea Hubertha Blegur-Mooy

Saudara                               : Loisa E. Blegur, Neilman R. Blegur, Yane F. Blegur, Ratna E. Blegur, S.Th., Linda P.W. Blegur, SSI., Aksa Yuniorita Blegur. */)Bet

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap