Selalu Jadi Prioritas, Wadubes Australia Apresiasi Ketangguhan Bencana di NTT

101
Kepala BPBD Provinsi NTT, Ambrosius Kodo saat menerima kunjungan Wakil Duta Besar Australia untuk RI, Stephen Scott di Pusdalops BPBD NTT, Selasa (25/7/2023). Foto: Dok.BPBD NTT

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Stephen Scott mengunjungi Pusdalops Penanggulangan Bencana BPBD Provinsi NTT, Selasa (25/7/2023). Kunjungan tersebut untuk melihat dari dekat Pusdalops yang mendapat perhatian Pemerintah Australia melalui Program SIAP SIAGA.

Dalam kunjungannya, Stephen Scott menyampaikan apresiasi atas peningkatan ketangguhan bencana di NTT dan berharap terus berkembang untuk Pelayanan Ketangguhan Bencana di NTT. “Provinsi Nusa Tenggara Timur selalu menjadi priotitas utama Pemerintah Australia dan akan terus menjadi prioritas terutama dalam dukungan-dukungan penanggulangan bencana,” sebut Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Stephen Scott.

Menjawab permintaan Kepala BPBD NTT Abrosius Kodo agar pemerintah Australia terus mendukung NTT dalam membangun ketangguhan bencana, Stephen Scot mengatakan bahwa NTT selalu menjadi prioritas pemerintah Australia.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Provinsi NTT yang terus memanfaatkan Pusdalops NTT untuk ketangguhan Bencana NTT, ” pungkasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTT, Ambrosius Kodo menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Australia atas dukungannya bagi Indonesia khususnya NTT dalam upaya peningkatan ketangguhan bencana, antara lain melalui penguatan Pusdalops.

Disebutkan, Pusdalops diserahkan pada tahun 2015 dan diaktifasi sejak tahun 2020 dengan dukungan SIAP SIAGA, berupa pemetaan dan penguatan SDM Operator, manajemen data dan informasi yang terintegrasi dengan Kabupaten kota melalui aplikasi Inatana (Aplikasi Pemantauan Data Bencana), serta Pojok Data yang terkoneksi dengan e-lopo NTT. Selain itu, Pusdalops juga terus berperan aktif dalam Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Rawan Bencana kepada masyarakat NTT.

Karena itu, ia berharap hubungan yang baik antara Pemerintah Australia dan Indonesia terus berlanjut, karena dukungan dari Pemerintah Australia masih dibutuhkan demi upaya penanggulangan kebencanaan yang lebih baik di Nusa Tenggara Timur.*/)Yusta

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap