Soleman Tarandima, Politisi Golkar yang Bangun Gereja di Lambakara Sumba Timur

287
Atas: Gedung Gereja Kristen Sumba (GKS) Maukawini di Desa Lambakara, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur yang dibangun oleh Soleman Tarandima. Bawah Kiri: Politisi Golkar Soleman Tarandima. Bawah Kanan: Bagian dalam Gedung Gereja dengan lantai kramik dan plafond. Foto: Dokumen Soleman Tarandima

WAINGAPU,SELATANINDONESIA.COM – Politisi Golkar yang kini sedang mempersiapkan diri maju menjadi Clon Anggota DPR RI, Soleman Tarandima pernah menorehkan karya agung. Soleman membangun Gedung Gereja Kristen Sumba (GKS) Maukawini di Desa Lambakara, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur.

Kepad SelatanIndonesia.com Rabu (9/11/2022) Soleman mengisahkan, suatu waktu di bulan Oktober 2016 ia mampir di Desa Lambakara. “Saya melihat sebuah gedung Gereja yang sangat memprihatinkan karena dinding papan yang sudah mulai lapuk, atap seng yang bocor dimana-mana, serta tiang kayu yang hamper roboh. Spontan muncul inisiatif  saya untuk membangun sendiri gedung Gereja tersebut,” kenang Soleman.

Soleman mengatakan, ia mulai membangun komunikasi dengan sejumlah rekan bisnisnya yang tengah berusaha di sekotr pariwisata di Pulau Sumba. “Saya ajak teman-teman investor yang berinvestasi disektor parawisata untuk berpartisipasi membangun gedung Gereja tersebut. Karena dengan kondisi perekonomian jemaat yang 100 persenya nelayan tradisional sangat sulit untuk bisa membangun sebuah Gereja,” katanya.

Akhirnya, berkat dukungan para rekan bisnisnya serta ketulusan hati Soleman Tarandima, Gereja tersebut berhasil dibangun.

Salah satu majelis Jemaat di Gereja itu, Daud Penu mengaku sangt gembira menyakiskan gedung Gereja mereka sudah berdiri kokoh. “Kami sangat senang dan berterima kasih kepada Bapak Soleman Tarandmia yang dengan suka rela membangun Gedung Gereja kami,” sebut Daud Penu.

Hal yang sama diungkapkan Umbu Tay Rawambuku, Opsianus Penu dan Dominggus Dau Penu. Mereka mengaku bersyukur karena jemaat di wilayah itu saat ini sudah bisa dengan nyaman melakukan ibadah di Gereja berdinding tembok, atap seng dan lantai keramik. “Terima kasih untuk Bapak Soleman Tarandima yang Tuhan utus membangun Gereja kami. Kami hanya bisa mendoakan Pak Soleman agar Tuhan mewujudkan semua cita-citanya,” ujar Umbu Tay Rawambaku. ***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap