Paul S. K Limu dan Melky Umbu Hunggar Terjaring Golkar untuk Pilkada 2024

867
Bupati Sumba Tengah, Paulus S. K. Limu

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – DPD I Partai Golkar Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan penjaringan terhadap 434 nama untuk diusung menjadi calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pada Pilkada serentak 2024 mendatang di seluruh NTT.

Di Kabupaten Sumba Tengah, nama Paulus S. K. Limu yang kini Bupati Sumba Tengah, menempati urutan pertama dalam penjaringan yang dilakukan Golkar disusul Ketua DPD II Golkar Sumba Tengah, Melky Umbu Hunggar. Berikutnya ada nama Umbu Besi, Umbu Soru dan Umbu Neka Jara Woli. Sedangkan untuk bakal calon Wakil Bupati terjaring sejumlah nama diantaranya Obed Umbu Kabalu, Deby Rambu Kasuatu, Marthen Ngadu Oly, Adri Umbu Raisa Sabaora, Into Umbu Djoka, Abdul Fatah, Umbu Doni, Gusti Umbu Kareju, Yohanis Umbu Djanga, Charles Kasedu, Umbu Landa.

Pengumuman terhadap nama-nama tersebut dilakukan dalam Rapat Pleno yang dipimpin Ketua DPD I Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena Rabu (19/5/2021) melalui aplikasi zoom.

Turut hadir dalam Rapat tersebut seluruh Ketua DPD II Partai Golkar se NTT serta media masa. Selain mengumumkan nama bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, Golkar juga menyampaikan ke publik nama-nama bakal calon legislatif untuk DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi NTT serta DPR RI untuk Pemilu Legislatif 2024.

Ketua DPD I Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan, para bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dan bakal calon legislatif di NTT yang dijaring itu mewakili unsur pengurus Golkar, Perempuan, Kalangan Milenial, Tokoh Masyarakat, Pensiunan ASN, TNI/Polri yang dipandang memiliki kapasitas, kompetensi dan integritas untuk mewakili Golkar di lembaga eksekutif dan legislatif.

Pilkada dan Pileg masih tiga tahun lagi, tetapi kita lakukan penjaringan lebih awal dengan tujuan agar para bakal calon yang dijaring itu bisa dan mulai mempersiapkan diri lebih cepat, dan bisa lebih dikenal masyarakat,” sebut Melki yang kini Wakil Ketua Komisi IX DPR RI.

Ketua Bappilu Golkar NTT, Frans Sarong mengatakan, penjaringan nama-nama itu dilakukan DPD Partai Golkar NTT selama hampir dua pekan yang hasilnya diperoleh 434 tokoh dari kalangan internal dan juga dari kalangan eksternal termasuk tokoh dari partai politik lain. “Dari penjaringan itu diperoleh Balon Gubernur sebanyak 5 orang sedangkan balon Wagub NTT sebanyak 25 orang sehgga total untuk Balon Gubernur dan Wagub NTT sebanyak 30 orang. Untuk Balon Bupati/Walikota totalnya 106 orang. Sedangkan Balon Wakil Bupati dan Wakil Walikota totalnya 298 orang. Jumlahnya menjadi 434 tokoh,” sebut Frans Sarong yang didampingi Ans Takalapeta dan Thony Kleden.

Dikatakan, proses penjaringan itu merupakan tahapan awal dan selanjutnya akan para figur itu bakal tersaring melalui tahapan lanjutan di Golkar termasuk survey. ***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap