Hitung Mundur 104 Hari Pemilu, Melky Mekeng Ajak Warga Solor Pilih Partai yang Dipastikan Lolos DPR

209
Wakil Ketua Umum Golkar yang juga Anggota Komisi XI DPR RI, Melchias Markus Mekeng ketika melakukan reses di Desa Liwo Kecamatan Solor Timur dan Desa Pamakayo Kecamatan Solor Barat, Selasa (31/10/2023). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

SOLOR,SELATANINDONESIA.COM – Pesta demokrasi lima tahunan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden bakal digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. Hintung mundur sejak hari ini, Selasa (31/10/2023) maka pelaksanaan Pemlu akan berlangsung 104 hari lagi.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar yang juga Anggota Komisi XI DPR RI, Melchias Markus Mekeng mengingatkan warga Pulau Solor di Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTT agar memberikan pilihan politik pada partai politik yang dipastikan akan tembus di DPR RI atau partai politik yang perolehan suaranya melampau ambang batas 4 persen.

“Jangan muda terpengaruh dengan propaganda tetapi jatuhkan pilihan pada partai yang dipastikan akan lolos ambang batas 4 persen dan akan ada wakilnya yang duduk di DPR RI. Ini penting supaya suara bapa, mama, saudara dan saudari sekalian dari Solor ini tidak tercecer-cecer,” sebut Melki Mekeng, sapaan akrab Melchias Markus Mekeng ketika menggelar reses di Desa Liwo, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur, Selasa (31/10/2023).

Melky Mekeng menjelaskan, setelah reforamsi, dan pada Pemilu 2024 nanti ada sekitar 18 Partai. Meski demikian, tidak semua partai itu akan masuk DPR RI, jika mereka tidak melewati ambang batas atau Parlemen Threshold (PT) yaitu 4 persen. “Anggota DPR RI itu ada 575 orang. Sebuah partai politik bisa masuk menjadi anggota DPR RI jika dia lolos PT 4 prsen yaitu sekitar 23 kursi. Jadi kalau Sebagian parpol tidak mencaai 23 kursi maka dia tidak bisa masuk DPR RI. Kalau Partai Golkar sebagai partai tertua, yang sduah 59 tahun berkarya di Indoensia, tidak mendahului kehendak Tuhan, namun Pemilu nanti pasti partai Golkar melewati PT,” sebutnya optimis.

Dia juga meminta warga Pulau Solor untuk tidak muda termakan oleh isu. “Jangan buang suara percuma, kalau buang percuma maka yang alami kesusahan ya, kita sendiri. Ada juga caleg yang datang, setelah dapat suara hilang,” katanya.

Melky Mekeng menyebut, memilih anggota DPR RI harus pada sosok yang tau bagaimana cara mendapatkan anggaran, tau kepada siapa dia minta, dan tau kapan dilaksanakan serta tau dimana proses itu terjadi. “Tanpa mengetah itu maka sampai kapanpun dengan usulan prorposal sebanyak apapaun tidak akan terjadi. Ini penting diberikan sebagai pemebelajaran politik bagi masyarakat agar saatnya Pemlu nanti yang tinggal 104 hati lagi ini masyarakat memberikan pilihan yang rasonal,” katanya.

“Saya sudah 5 periode. 1 periode di MPR dan 4 periode di DPR. Kalau saya terpilih agi maka saya jadi 5 periode di DPR dan 1 periode di MPR. Tidak mungkin masyarakat akan pilih saya kalau saya tidak berbuat sesuatu. Bukan hanya bawa program-program SCR itu saja, itu mah soal gampang. Yang diminta oleh rakyat itu adalah semisal Solor sekarag butuh air. Ini yang harus dipikirkan agar program air bersih masuk di Solor,” ujarnya menambahkan.

Melky Mekeng berkomitmen bahwa akan segera bicarakan dengan Kementrian PUPR dan Pemerintah Pusat agar ada program apa yang di Solor ini yang bisa menjawabi kebutuhan air di Solor. “Saya akan berusaha di periode yang akan datang kita fokus masalah air di Solor. Muda-mudahan kita akan biacara dengn menetri PUPR harus ada cara sekali kerja, tuntas persoalan air di Solor,” sebutnya.

Tidak hanya itu, mantan Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI ini meminta agar masyarakat Solor jangan buang suara percuma. Dia menyebut, Solor ini harus punya wakil di DPRD Flotim dari Golkar untuk memperjuangkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat di lembaga DPRD agar mendapatkan anggaran.

Selain itu kata dia, Golkar Flotim juga harus punya wakil di DPRD Provinsi NTT. Karena Provinsi juga punya anggaran yang bisa diperjuangkan untuk pembangunan di Flotim. “Hari ini Golkar punya empat calon DPRD NTT dari Flotim yaitu Laurens Leba Tukan, Thony Kleden, Ety Tokan dan Johan Fernandez. Silahkan pilih, mereka punya pengalaman yang baik. Dan saya harap suara orang Flotim ini diberikan kepada merak empat orang ini. Sedangkan di DPR RI, kalau bapak, ibu masih percaya saya maka saya pastikan akan terus berjuang. Saya bisa bicarakan dengan Penjabat Bupati agar buatkan program untuk atasi air di Solor,” sebut Melky Mekeng.

Untuk diketahui, selama sepekan kedepan, Melky Mekeng melakukan reses di Kabupaten Flores Timur yang diawali di Desa Liwo, Kecamatan Solor Timur dan Desa Pamangkayo, Kecamatan Solor Barat. Di Liwo acara reses dibuka oleh Camat Solor Timur Abdul Wahid dihadiri Camat Solor Selatan Yoseph Damian Klodor dan seluruh Kepala Desa di Solor Timur seta ratusan masyarakat.

Sedangkan di Desa Pamakayo acara reses dibuka oleh Camat Solor Barat Petrus Kewuan. Turut hadir mendampingi Melky Mekeng, dua staf ahlisnya Alex Atawolo dan Frans Namang, Ketua DPD II Golkar Flotim Yoseph Sani Betan, Sekretaris Damianus Rianghepat dan Anggota Fraksi Golkar DPRD Flotim Adrianus Sintu Kelen. Juga para caleg Golkar Dapil Solor Theresia Sabu Hadjon, Anton Wukak Sogen dan Vian Kewohon.***Laurens Leba Tukan

 

Center Align Buttons in Bootstrap