Ditopang Melki Laka Lena dan Bupati TTS, PS Solideo Voice dari GMIT Soe Juara Satu Dunia di Korsel

2936
Paduan Suara Solideo Voice dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) tampil memukau dan berhasil meraih juara satu dunia dalam ajang World Choir Games di Kore Selatan. Foto: PT

KORSEL,SELATANINDONESIA.COM – Paduan suara Solideo Voice dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) tampil memukau dan berhasil meraih juara satu dunia dalam ajang World Choir Games. Paduan Suara Solideo Voice mewakili Indonesia dalam ajang lomba paduan suara Gereja se dunia yang digelar di Korea Selatan (Korsel). Anak-anak Soe, TTS berhasil mengalahkan peserta yang datang dari sekitar 80 an Negara di dunia.

Koordinator selaigus Pelatih PS Solideo Voice Pilipus Tefi yang saat dihubungi SelatanIndonesia.com, Senin (17/7/2023) berada di Kore Selatan mengisahkan suka dukanya ketika mendapat topangan dan dukungan dari Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang juga Ketua DPD I Golkar NTT Emanuel Melkiades Laka Lena dan Bupat TTS Epy Tahun serta Wakil Ketua DPRD NTT Dr. Inche Sayuna.

Dikisahkan Pilipus Tefi, awalnya ia dan timnya mengikuti lomba Pesparawi Nasional 2022 di Jogjakarta. “Saya mendapat tawaran dari seseorang untuk mengikuti lomba WCG di Korsel karena menurutnya kami punya potensi. Awalnya saya ragu karena anggaran yang dibutuhkan sangat besar. Tetapi setelah saya sampaikan ke Bapak Bupati TTS Epy Tahun, beliau merespon dengan sangat baik dengan memberikan bantuan dari Pemda TTS sebesar Rp 250.juta. Juga beliau mempertemukan kami dengan bapak Melki Laka Lena, dan Pak Melki membantu kami dengan dana Rp 100 juta,” sebutnya.

Menurut dia, Tuhan telah memakai hamba-hambaNya untuk menjadi perpanjang tangan Tuhan bagi ia dan PS Solideo Voice. Disebutkan, ketika tiba batas akhir pembayaran pendaftaran, ia dan tim PS tidak memiliki biaya. “Disitu Tuhan mempertemukan kami dengan Bapak Melki Laka Lena dan kami langsung bisa melunasi pendaftaran. Ketika batas akhir pelunasan tiket Jakarta-Seul Korsel, jam 17.00, Bapak Bupati Epy Tahun membantu kami dengan dana Pemda yang juga keluar tepat jam 16.45. Dan kami bisa melunasi tiket. Itu adalah pengalaman yang tidak akan pernah kami lupakan sepanjang hidup kami. Dan disaat itu juga kami benar-benr merasakan bahwa tangan Tuhan sedang menggenggam tangan kami melalui kedua hambanya Bapak Melki Laka Lena dan Bapa Epy Tahun,” ujar Pilipus Tefi.

Sebelumnya diberitakan, Paduan Suara Solideo Voice dari Soe, Kabupaten Timor Tegah Selatan (TTS) bakal tampil di ajang Lomba Paduan Suara Internasional pada bulan Juli 2023 mendatang di Seoul Korea Selatan (Korsel).

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena mempelopori penggalangan dana bersama Pemda Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) untuk membantu Pemuda – Pemudi GMIT Soe, Kabupaten TTS.

Politisi Golkar yang akrab disapa Melki Laka Lena ini menyebut, acara sosialisasi bersama Kemenkes RI selain bertujuan mengajak masyarakat menjaga kesehatan dengan memahami alat kesehatan (Alkes) dan perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT) namun juga acara ini untuk membantu paduan Solideo Voice yang akan ke Seoul Korea Selatan untuk mengikuti kompetisi paduan suara internasional.

“Ada bagian menarik dari acara Kemenkes RI ini karena acara ini menjadi ajang gotong royong semua peserta sebanyak 600 orang dengan sumbang dana dari uang transport sebesar Rp 150 ribu per orang sehingga totalnya Rp 90 juta. Saya tambah Rp 10 juta jadi genap Rp 100 juta. Dana itu jita bantu Paduan Suara Solideo Voice yang akan ke Seoul Korsel untuk kompetisi di sana. Ternyata uang itu pas dipakai untuk bayar biaya pendaftaran Rp 100 juta, bertepatan dengan batas waktu terakhir pendaftaran,” sebut Melki Laka Lena ketika kegiatan sosialisasi Mengenal Penggunaan Alat Kesehatan dan PKRT yang baik bersama mitra Kemenkes RI di Aula Mutis, Kantor Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Senin (8/5/2023).

Bupati TTS, Epy Tahun dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada Melki Laka Lena dan Inche Sayuna yang telah mendukung Pemda TTS untuk membantu  Pemuda – Pemudi GMIT Soe yang tergabung di Paduan Suara Solideo yang akan berangkat ke Korea Selatan mengikuti Lomba Paduan Suara Internasional pada bulan Juli 2023 mendatang.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Kemenkes, Pa Melki dan Ibu Inche yang memfasilitasi kegiatan ini,” ucap Bupati Epy.

Ketua Golkar Kabupaten TTS ini menjelaskan, dari sisi Pemda sudah bersurat ke keluarga Indonesia yang ada di Korea Selatan untuk membantu penginapan peserta paduan suara disana.

“Atas kerjasama, atas surat menyurat dari Bupati TTS, saudara – saudari keluarga kita di Korea Selatan sudah menyiapkan penginapan gratis selama  mereka di Korea Selatan,” katanya.

Ia berharap kepada anggota Paduan Suara Solideo ini bisa menjaga nama baik Kabupaten TTS di Korea Selatan. “Karena ada perhatian begitu besar dari Pa Melki dan Ibu Inche juga kita pemerintah daerah, berarti jangan mempermalukan kita di Korea Selatan sana. Jadi persiapkan diri dengan baik,” ujar Bupati Epy.

Koordinator Paduan Suara Solideo Voice, Lipus Tefi juga mengucapkan terimakasih kepada Melki Laka Lena dan Pemda TTS yang sudah bergerak cepat membantu mereka untuk mengikuti paduan suara di Korea Selatan.

“Terimakasih pa Melki Laka Lena yang menginisiasi kegiatan ini untuk membantu kami ke Korea Selatan. Terimakasih juga kepada Pa Bupati TTS, Pa Epy dan Mama Inche Sayuna yang sudah memperlancar segala urusan kami ke Korea. Semoga Tuhan membalas semua kebaikannya, ” tutup Lipus.***Laurens Leba Tukan

 

 

Center Align Buttons in Bootstrap