Digagas PKK, Bupati Sumba Tengah Luncurkan Vaksinasi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

19
Bupati Sumba Tengah, Paulus S. K. Limu dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Tengah, Dra. Theresia L. Boro, M.Si ketika memantau pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil dan ibu menyusui di Aula Kantor Kecamatan Katiku Tana, Kabupaten Sumba Tengah, Jumat (24/9/2021). Foto:PKP-SumTeng

WAIBAKUL,SELATANINDONESIA.COM – Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Tengah menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui di Kabupaten Sumba Tengah. Bupati Sumba Tengah, Paulus S. K. Limu resmi meluncurkan kegiatan vaksinasi itu di Aula Kantor Kecamatan Katiku Tana, Jumat (24/9/2021).

Kegiatan launching vaksinasi bagi ibu hamil dan ibu menyusui secara massal ini dilaksanakan dengan sasaran awal 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Katiku Tana, Kecamatan Katiku Tana Selatan dan Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat dan akan dilaksankan pada 3 Kecamatan lainnya secara bertahap.

“Vaksinasi ini merupakan upaya penyelamatan terhadap 2 jiwa sekaligus yaitu ibu dan bayi dalam kandungan serta bayi yang sedang menyusui sehingga sangat tepat vaksin ini diberikan kepada mereka karena kelompok ibu hamil dan ibu menyusui sangat rentan terkena Covid-19,” sebut Bupati Paulus.

Meski demikian, Bupati Paulus mengatakan, vaksin ini untuk meningkatkan imunitas tubuh namun belum sepenuhnya melindungi ibu hamil dan ibu menyusui dari virus corona. “Para ibu hamil dan ibu menyusui tetap harus mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan selama pandemi ini masih berlangsung,” katanya.

Mantan Inspektur pada Inspektorat Daerah Provinsi NTT ini mengatakan, selain launching vaksinasi yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Tengah, sudah ada vaksinasi sebelummya yang dilaksanakan di Kabupaten Sumba Tengah diantaranya vaksin yang diselenggarakan oleh TNI/POLRI, vaksin dari Partai Golkar Sumba Tengah dan vaksin merdeka.

Saat ini sudah 30 persen masyarakat Sumba Tengah yang telah divaksin. Oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat mau divaksin demi meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga ketahanan tubuh terhadap virus Covid-19.
“Kerja itu adalah melayani, mari kita bekerja untuk melayani sesama kita,” ujar Bupati Paulus.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Tengah, Dra. Theresia L. Boro, M.Si mengatakan, ibu hamil dan ibu menyusui perlu mendapat perhatian yang lebih serius karena kelompok tersebut tergolong dalam sasaran yang lebih rentan terhadap pandemi Covid-19.

Selain itu, vaksinasi ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah demi percepatan vaksinasi bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan imun tubuh, yang pada gilirannya dapat pula meningkatkan ketahanan tubuh terhadap inveksi Covid-19.

“Saya menghimbau agar pengurus PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa terus memberikan pendampingan dan edukasi serta pemahaman yang benar kepada masyarakat agar tidak ragu dan takut untuk divaksin karena vaksin telah terbukti aman dan efektif untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19 bagi ibu hamil dan ibu menyusui serta masyarakat umum,” katanya.*)PKP-SumTeng

Editor: Laurens Leba Tukan

Baca Juga:  Bupati Sumba Tengah Bangun Rumah Pastori untuk Tokoh Agama
Center Align Buttons in Bootstrap