Gandeng Bank NTT, Belu Jadi yang Pertama Terapkan SP2D Online dan CMS Desa

315
Pose bersama Bupati Belu dr. Taolin Agustinus dan Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua Adi M Pontus serta jajaran dengan seluruh Kepala Desa usai Bimtek penerapan Cash Managemen System' (CMS) Bank NTT secara menyeluruh untuk Pemerintahan Desa di Kabupaten Belu, Sabtu (17/9/2022). Foto: Dok.BankNTTAtambua

ATAMBUA,SELATANINDONESIA.COM –  Jajaran Pemerintah Kabupaten Belu terus berupaya untuk mewujudkan pelaksanaan pengelolaan keuangan negara yang transparan, akuntabel dan efisien. Itu pasalnya, sinergi apik Pemda Belu dengan Bank NTT Cabang Atambua menjadikan Belu sebagai kabupaten prtama di NTT yang secara masif memberlakukan digitalisasi dan elektronifikasi transaksi keuangan pemerintah.

“Kita telah membuktikan bahwa Kabupaten Belu adaah yang pertama di NTT yang memberlakukan penerapan CMS untuk semua OPD dan Pemdes seta Penerapan SP2D Online,” sebut Bupati Belu dr. Taolin Agistinus ketika berbicara dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) penerapan Cash Managemen System’ (CMS) Bank NTT secara menyeluruh untuk Pemerintahan Desa di Kabupaten Belu, Sabtu (17/9/2022).

Acara Bimtek tersebut digelar di Aula CU (Credit Union) Kasih Sejahtera Keuskupan Atambua, Kabupaten Belu. Hadir saat itu, Pimpinan OPD terkait yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Egie Nurak, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Imelda Lotuk, Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua Adi M Pontus serta team teknis dari Bank NTT Cabang Atambua dan Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belu.Bimtek ini diikuti oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara Desa dari 69 Desa di Kabupaten Belu.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belu, Imelda Lotuk mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk menerapkan digitalisasi dan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah. “Walau di awal-awal penerapan masih ada kekurangan tapi kita terus berupaya untuk lebih dahulu memberlakukan transaksi secara non tunai,” sebut Imelda Lotuk.

Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua, Adi M Pontus memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Belu yang terus mendukung dan berkolaborasi dengan Bank NTT. “Terimaksih atas kolaborasi selama ini dalam berbagai sektor untuk mendukung pencapaian Visi dan Misi Bupati Belu yakni mewujudkan masyarakat Belu yang sehat, kuat dan berkarakter,” sebut Adi Pontus.

Disebutkan, salah satu misi Bupati Belu adalah Reformasi Birokrasi berbasis teknologi informasi sehingga pihaknya berupaya sungguh-sungguh dan berkomitmen mengawal dan menerapkan semua regulasi atau kebijakan Bupati Belu.

“Kita terus berupaya menerapkan misi ini yakni Peraturan Bupati no 26 tanggal 21 Desember 2021 Tetang Penerapan Transaksi Non Tunai di Lingkup Pemerintah Kabupaten Belu. Juga Surat Edaran Bupati No 900 tanggal 1 Maret 2022 sebagai penjabaran dari Perbup tersebut, sehingga kita telah memberlakukan penerapan CMS Pertama kali untuk semua OPD pada tanggal 1 April 2022. Dan, SP2D Online pada tanggal 17 Agustus 2022 dan setelah ini secara bertahap untuk semua Pemerintahan Desa yang kita laksanakan Bimtekmya hari ini,” jelas Adi Pontus.

Ia menambahkan, sesuai time line per tanggal 1 Oktober 2022, semua transaksi di Pemerintahan Desa sudah menggunakan CMS Bank NTT.  “Kita bersyukur bahwa Kabupaten Belu adalah Kabupaten pertama di NTT yang berhasil menerapkan SP2D Online. Begitupun untuk penerapan CMS secara menyeluruh untuk semua Pemerintahan Desa, kita adalah yang pertama di Provinsi NTT,” ujar Adi Pontus.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap