Setelah Ende dan Ngada, Besok Presiden Jokowi ke Sumba Timur

376
Presiden RI Joo Widodo mengenakan pakian adat Ngada ketika tiba di Bajawa, Kabupaten Ngada, Rabu (1/6/2022)

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dipastikan akan mengunjungi Kabupaten Sumba Timur dalam rangkaian kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur.

Kunjungan kerja tersebut berlangsung dalam rangkaian agenda peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 yang akan dipusatkan di Ende Flores sebagai Kota Pancasila pada Rabu, 1 Juni 2022.

Pemerintah kabupaten Sumba Timur pun telah memastikan kunjungan kerja tersebut. Kunjungan kerja ke Sumba Timur akan dilaksanakan setelah rangkaian kunjungan kerja ke Ende dan Bajawa Kabupaten Ngada.

Dikutip dari Poskupang.com, Wakil Bupati Sumba Timur David Melo Wadu saat Rapat Persiapan kunjungan Presiden Jokowi yang berlangsung di Aula Setda Sumba Timur, Senin 30 Mei 2020 malam menyebut bahwa Presiden Jokowi dan rombongan akan tiba di Waingapu pada Kamis 2 Juni 2022 Pkl. 08.55.

Presiden dan rombongan akan disambut dengan upacara penyambutan secara adat. Pada kunjungan, Kepala Negara dijadwalkan akan melakukan peninjauan budidaya sorgum di Laipori – Desa Palakahembi Kecamatan Pandawai sekira pukul 09.00 Wita. Lokasi tersebut merupakan lokasi budidaya sorgum milik PT. Sumba Moelti Agriculture.

Budidaya sorgum di lokasi tersebut telah dimulai pada 7 Januari 2022 saat Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko melakukan penanaman perdana. Sementara, sebelumnya pada 12 Mei 2022 yang lalu juga telah dilakukan panen perdana oleh Staf Kepresidenan.

Usai agenda peninjauan budidaya sorgum, Presiden Jokowi dijadwalkan mengunjungi Pasar Inpres Matawai di Kelurahan Matawai, Kecamatan Kota Waingapu pada pukul 10.45 Wita. Di lokasi Pasar, Presiden Jokowi dijadwalkan akan menyerahkan bantuan PKH bagi perwakilan penerima manfaat.

Presiden Jokowi dan rombongan dijadwalkan akan meninggalkan Waingapu pada pukul 13.15 Wita dari Bandara Umbu Mehang kunda Waingapu dengan pesawat kepresidenan.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur menyambut gembira rencana kunjungan Presiden Joko Widodo atau Presiden Jokowi ke wilayah itu.

Pemerintah kabupaten Sumba Timur langsung menggelar rapat persiapan Kunjungan Presiden Jokowi ke Sumba Timur pada Senin 30 Mei 2022 malam, setelah mendapat informasi kunjungan mantan walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu pada siangnya.

Rapat yang berlangsung di Aula Setda Sumba Timur sekitar pukul 19.00 Wita itu dipimpin Wakil Bupati Sumba Timur David Melo Wadu yang didampingi Forkopimda Sumba Timur.

Hadir Ketua DPRD Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq, Ketua Pengadilan Negeri Waingapu Michael Last Yuliar Syamriyadi Nugroho, Waka Polres Sumba Timur Komisaris Arif Sadikin dan Kasdim 1601 Sumba Timur Kapten Inf. Sambudi.

Rapat persiapan Kunjungan Presiden Jokowi itu diikuti oleh pimpinan para staf ahli, asisten Setda, pimpinan perangkat daerah, para camat, para lurah serta kepala Desa di Kecamatan Kota Waingapu, Kamera, Kanatang dan Pandawai serta para pimpinan BUMN, BUMS dan BUMD.

Dalam rapat dengan moderator Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Umbu Ngadu Ndamu tersebut, dibahas persiapan penyambutan dan pelaksanaan kunjungan kerja Presiden Jokowi selama dua hari.

Seluruh jajaran pemerintahan yang telah ditetapkan sebagai panitia kegiatan bersama dengan masyarakat diharapkan untuk menyukseskan agenda kunjugan tersebut.

Wakil Bupati David Melo Wadu mengatakan, segala persiapan akan disesuaikan dengan agenda kunjugan yang ditetapkan oleh protokoler Istana Negara.

“Kita berharap semua dapat berkontribusi untuk menyukseskan kunjungan ini. Ini menjadi kebangan bagi masyarakat Sumba Timur secara keseluruhan bahwa Bapak Presiden berkenan mengunjungi rakyatnya di Sumba Timur,” ujar David Melo Wadu usai rapat.

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Waingapu pada Kamis 2 Juni 2022 Pkl. 08.55. Presiden Jokowi akan melaksanakan dua agenda kunjungan yakni ke Desa Laipori Kecamatan Pandawai dan Pasar Inpres Matawai.***Laurens Leba Tukan

 

Center Align Buttons in Bootstrap