Motivasi Melki Laka Lena untuk Mahasiswa Uyelindo, Masa Depan Terbentang Lebar di Dunia Digitalisasi

34
Calon Gubernur NTT nomor urut 2, Emanuel Melkiades Laka Lena didampingi Gabriel Suku Kotan ketika di Kampus Uyelindo Kupang, Sabtu (26/10/2024). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Mahasiswa Uyelindo Kupang dimotivasi untuk menatap masa depan yang lapang di dunia digitalisasi. Mereka diingatkan untuk jangan terpaku menjadi ASN.

Motivasi itu diberikan oleh calon Gubernur Nusa Tenggara Timur, Emanuel Melkiades Laka Lena ketika berbicara dalam acara Masa Bimbingan (Mabim) mahasiswa baru di Kampus Uyelindo Kupang pada Sabtu (26/10/2024) pagi.

Kegiatan bertema “Menanamkan Nilai Tridharma Mahasiswa Baru Sesuai Karakter Uyelindo” ini diadakan di Aula Kampus, dan dihadiri oleh ratusan mahasiswa baru. Dalam kesempatan itu, Melki menyampaikan materi tentang peran generasi muda dalam kepemimpinan bangsa, terutama di era digital.

Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Golkar ini menyebut, digitalisasi akan menjadi kunci dalam pengembangan pelayanan publik di masa depan. “Pelayanan publik ke depan akan lebih besar dengan digitalisasi, mulai dari tingkat pusat hingga ke RT/RW. karena itu, saya merasa penting untuk hadir dan menyampaikan bahwa pendidikan di bidang digital, seperti di Stikom Uyelindo ini, adalah pilihan yang tepat,” ujar Melki Laka Lena.

Dia mengajak mahasiswa untuk tidak hanya bercita-cita menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), mengingat peluang di bidang digital sangat terbuka lebar. “Kedepan, peran ade-ade sangat dibutuhkan. Karena sekolah yang mahasiswanya paling mudah dapat kerja di bidang digital adalah mereka yang kuliah di kampus seperti Stikom ini,” jelasnya.

Karena, kata dia, ada peluang besar bagus anak Nusa Tenggara Timur yang bisa mendukung perekonomian lokal dengan memanfaatkan teknologi digital. Dia berharap agar lulusan dari Uyelindo Kupang nanti dapat memanfaatkan platform digital seperti marketplace untuk memasarkan hasil atau produk masyrakat.

“Saya ingin agar adik-adik memastikan bahwa pilihan studi di Stikom adalah bagian dari masa depan Indonesia, NTT, dan kampung halaman kita. Jadi sangat tepat sekolah di Uyelindo,” jelasnya.

Melki Laka Lena mengingatkan para mahasiswa untuk tidak hanya fokus pada kegiatan akademik di kampus, tetapi juga harus aktif dalam organisasi.

Menurut Melki, kegiatan organisasi seperti PMKRI dan GMNI dan organisasi lain sangat membantu untuk membentuk kepemimpinan yang lebih baik. “Menjadi pemimpin memang dipengaruhi oleh faktor eksternal, tetapi niat dari masing-masing individu serta hasil studi yang baik juga sangat penting. Aktif juga di organisasi. Jangan hanya kuliah saja,” pungkasnya.

Turut mendampimngi Melki Laka Lena saat itu diantaranya, Shinta Maku Djawa, Gabriel Suku Kotan dan sejumlah tim pemenangan MELKI-JOHNI. Serta hadir pula jajaran Yayasan dan Pimpinan Uyelindo Kupang diantaranya Ketua Yayasan Uyelindo Tarsisius Tukan, Pembantu Ketua 1 Max Abraham Lenggu, dan Ketua Bagian Kemahasiswaan Yohanes Malelak .*/tim).

Center Align Buttons in Bootstrap