Aneka Agenda Akbar HIPMI NTT, Dari Rakerda Hingga Pembahasan Bisnis Lintas Negara

149
Ketua dan Sekretaris Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI NTT, Ikhsan Darwis dan Wilson Liyanto

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar sejumlah agenda akbar di Kupang sejak hari ini Rabu hingga Kamis (21-22/9/2022). Agnda yang berlangsung di Hotel Aston Kupang itu diantaranya Rakerda, Diklatda dan Forum Bisnis Daerah (Forbisda) hingga pembahasan peluang bisnis lintas negara yaitu NTT, Timor Leste dan Australia.

Acara tersebut tidak hanya dihadiri Pengurus Cabang HIPMI dari 22 Kabuaten dan Kota se NTT, tatapi juga hadir tiga Calon Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI.

“Tiga Caketum ini akan hadir memberikan materi. Hadir juga para senior atau mantan ketua dan pengurus HIPMI lain,” sebut Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI NTT, Ikhsan Darwis kepada SelatanIndonesia.com, Rabu (21/9/2022).

Disebutkan Ikhsan, kegiatan ini digelar untuk menyelaraskan program BPD NTT ke pengurus HIPMI cabang dari seluruh kabupaten dan kota.

“Pengurus cabang HIPMI di 22 kabupaten dan kota akan mendapatkan pendidikan dan kapasitasi juga dari pengurus pusat. Ini bisa menjadi ruang untuk membuka jaringan usaha,” sebutnya.

Sekretaris Umum BPD HIPMI NTT Wilson Liyanto mengataka, kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi pengurus sebagai pengusaha yang berdaya saing unggul.

Hadir pula para narasumber berkapasitas untuk membagi pengetahuan dan informasi terkait kebutuhan hingga peluang bisnis bagi pengusaha muda NTT ke depannya.

“Rakerda atau pertemuan semua pengurus cabang dan daerah ini bertujuan merumuskan dan merencanakan strategi program kerja ke depan dari setiap bidang,” sebut Wilson Liyanto.

Dijelaskan, dalam Forbisda terdapat 4 mata kegiatan yaitu business competition, pameran atau expo UMKM berbagai produk, business matching sebagai sinergi pengurus daerah hingga pusat, juga seminar kewirausahaan.

“Sebanyak 22 orang telah terdaftar dalam business competition yang berhadiah Rp 5 juta ini. Sementara business matching akan dihadiri pengurus BPD Jawa Timur yaitu Ketua Bidang IV guna membahas kolaborasi pengiriman barang baik dari NTT ke luar negeri yaitu Timor Leste atau Australia,” katanya.

Momentum itu juga juga akan ada penandatanganan MoU khusus permodalan bagi pengusaha  dengan Bank Mandiri. “BUMN dan BUMD juga mendukung kegiatan tersebut dan persiapan untuk kegiatan ini telah mantap dilakukan. Peresmian Sekretariat BPD HIPMI NTT pada 21 September bersama pengurus HIPMI pusat juga akan dilakukan dalam momentum tersebut,” katanya.

Tidak hanya itu, Wilson mengatakan, mahasiswa dari perguruan tinggi juga diundang ke seminar bisnis yang akan digelar nanti sebagai dorongan untuk memulai berbisnis atau menjadi pengusaha.

Wilson Liyanto menamabhakn, Calon Ketua Umum HIPMI Pusat yang direncanakan hadir di Kupang yaitu Anggawira Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI, Akbar Himawan Buchari Wakil Ketua Umum BPP HIPMI dan Bagas Adhadirgha Sekretaris Jenderal BPP HIPMI. “Ketiganya akan membagi pengetahuan dan kisah sukses masing-masing,” ujar Wilson. ***Laurens Leba Tukan

 

Center Align Buttons in Bootstrap