144 Desa di Lembata Siap Gelar Pilkades 8 November

82
Rapat pembahasan rancangan dan jadwal Pilkades serentak bersama KPU Lembata, Kepala Kesbangpol serta Kepala Bapelitbangda Kabupaten Lembata

LEWOLEBA,SELATANINDONESIA.COM – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur bakal dilaksanakan pada 8 November 2021 mendatang.

Total keseluruhan desa yang bakal mengikuti Pilkades serentak sebanyak 144 desa yang tersebar di sembilan kecamatan dalam kabupaten Lembata. Persiapan pembentukan panitia pemilihan kabupaten akan dilaksanakan di 21 Juni 2021 mendatang oleh Dinas PMD Kabupaten Lembata.

“Pilkades serentak untuk 144 desa di Lembata dalam rancangan dan jadwal terjadi pada 8 November 2021,” sebut Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Paskalis Yoseph Setet kepada wartawan, usai rapat pembahasan rancangan dan jadwal Pilkades serentak bersama KPU Lembata, Kepala Kesbangpol serta Kepala Bapelitbangda Kabupaten Lembata, belum lama ini.

Pada pembahasan rancangan dan jadwal Pilkades di Kabupaten Lembata, dimulai dari tahapan persiapan pembentukan panitia pemilihan tingkat kabupaten dan desa hingga pelantikan kepala desa terpilih.

Pemungutan dan perhitungan suara dilaksanakan 8 November 2021 menyusul persiapan teknis pilkades lainnya. Sementara biayanya pilkades bersumber dari APBD II Kabupaten Lembata sebesar Rp 1,9 miliar dan dari APBDes masing masing desa.

“APBD Kabupaten Lembata tahun anggaran 2021 yang dialokasikan dalam DPA Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lembata sebesar Rp 1,9 miliar lebih”, sebut Paskalis.

Menurut dia, dana itu digunakan untuk belanja operasional panitia pemilihan kabupaten Lembata dan perlengkapan pemungutan suara selama dalam masa persiapan hingga berakhir pilkades.

Kemudian, setiap desa wajib mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10 juta hingga Rp 15 juta dari APBDes. Uang itu digunakan untuk belanja beberapa item seperti operasional panitia hingga persiapan teknis lainnya yang bakal diatur.

KPUD Lembata menyatakan sikap untuk membantu dan membackup urusan pilkades jika diperlukan oleh Pemda Lembata. “KPU siap membantu Dinas PMD atau pemda dalam kepentingan pilkades serentak nanti”, kata Elias Making.

Kehadiran lembaga penyelenggara pemilu dalam rapat pembahasan rancangan dan jadwal pilkades bersama pemda kabupaten untuk mendukung hajatan demokrasi itu.

“KPU akan berikan DPT dalam pemilu terakhir kemarin. Data itu nanti digunakan oleh pemda sebagai DPS (data pemilih sementara) untuk kepentingan verifikasi pemilih”, katanya kepada wartawan.*)Tedi Lagamaking

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap