Golkar Tugaskan Umbu Kabunang Rudi Yanto di Komisi XIII DPR RI

239
Anggota Komisi XIII dari Fraksi Partai Golkar Dapil NTT II, Dr. Umbu Kabunang Rudi Yanto Hunga di Ruangan Komisi XIII DPR RI, Selasa (22/10/2024). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

JAKARTA,SELATANINDONESIA.COM – Satu-satunya wakil rakyat dari pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dr. Umbu Kabunang Rudi Yanto Hunga, ditugaskan DPP Golkar menjadi anggota Komisi XIII DPR RI. Penugasan itu diketahui setelah diselenggarakannya Rapat Paripurna DPR RI di Ruang Sidang Utama, Gedung Nusantara I, Senayan Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Kepada SelatanIndonesia.com di Senayan Jakarta, Umbu Kabunang Rudi Yanto Hunga menyampaikan terima kasih kepada DPP Partai Golkar melalui Ketua Fraksi Golkar DPR RI Sarmuji yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk menjadi anggota Komisi XIII DPR RI. “Terima kasih untuk Pimpinan DPP Golkar melalui Pak Ketua Fraksi Pak Sarmuji yang telah menugaskan saya di Komisi XIII,” sebut Umbu Kabunang Rudi Yanto.

Doktor Hukum jebolan Universitas Jayabaya Jakarta dengan disertasi Amicus Curiae ini bertekad bekerja maksimal membangun supermasi Hak Asasi Manusi di Indonesia khususnya di daerah pemilihan NTT II yang meliputi Sumba, Timor, Sabu Raijua dan Rote Ndao. “Kita akan menjalin kemitraan yang harmonis dengan para mitra kerja kita agar supermasi hukum di Indonesia tetap ditegakkan,” katanya.

Selain Umbu Kabunang Rudi Yanto Hunga, politisi Golkar yang masuk di Komisi XIII diantaranya Dewi Asmara, Agun Gunanjar Sudarsa, Maman Abdirahman, Isfhan Taufik Munggaran, Jamaludin Malik, Samsul Nahari Tiyong, dan TB. Ace Hasan Syadzily.

Adapun mitra kerja Komisi XIII diantaranya, Kementerian Hukum, Kementrian HAM, Kementrian Sekretariat Negara, Kementrian Imigrasi dan Pemasyarakatan, Komnas HAM, Lembaga Perlindungan saksi dan Korban (LPSK), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP), Sekretariat Jenderal DPR, Sekretariat Jenderal DPD, Sekretariat Jenderal MPR, Sekretaris Kabinet, Kantor Staf Presiden (KSP).

Untuk diketahui, Umbu Kabunang Rudi Yanto Hunga adalah politisi muda partai Golkar yang sebelumnya menjadi pengacara Nasional. Ia bergabung dengan Partai Golkar dan dicalonkan menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029 dari daerah pemilihan NTT II yang meliputi daratan Sumba, Timor, sabu dan Rote Ndao. Ia meraih perolehan suara terbanyak ketiga setelah rekan-rekannya Emanuel Melkiades Laka Lena di nomor urut satu dan Gavriel Putranto Novanto di nomor urut 2.

Hasil pemilu legisltaif 2024, partai Golkar mengoleksi dua kursi dari Dapil NTT II dan mengantar Emanuel Melkiades Laka Lena dan Gavriel Putranto Novanto ke Senayan. Dalam perjalanan politik, Golkar menugaskan Emanuel Melkiades Laka Lena yang saat itu menjadi Ketua DPD I Golkar NTT untuk maju bertarung menjadi calon Gubernur NTT. Seturut regulasi, Melki Laka Lena harus mundur dari kursi DPR RI kendati belum dilantik. Akhirnya, Umbu Kabunang Rudi Yanto Hunga sebagai peraih suara tertinggi ketiga dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029 pada 1 Oktober 2024 silam.

Tampilnya Umbu Kabunang Rudi Yanto Hunga di Senayan seakan mengobati “luka” politik orang Sumba yang semulanya kehilangan keterwakilan di DPR RI setelah ditinggalkan Ratu Wulla dari partai NasDem yang mengundurkan diri. Bagi orang Sumba, cara sederahan untuk berterima kasih kepada Melki Laka Lena yang telah membuka peluang bagi keterwakilan orang Sumba di Senayan, adalah dengan memilih Melki Laka Lena-Johni Asadoma di Pilgub NTT, 27 Nopember 2024 mendatang.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap