Hati 50.000-an Warga Sumba Timur untuk ULP-YH dan MELKI-JOHNI

448
Deklarasi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali-Yonathan Hani di lapangan Rihi Eti, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur Jumat (29/8/2024). Tampil berorasi Wakil Ketua Umum DPP Golkar yang juga Ketua DPD I Golkar NTT dan Calon Gubernur NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena didampingi Ketua Ikatan Isteri Partai Golkar (IIPG) NTT, Asty Laka Lena. Hadir juga Ketua Tim Pemenangan Cagub-Cawagub Melki Laka Lena - Johni Asadoma, Frans Sarong dan Manager Kampanye Mohammad Ansor. Hadir juga fungsionaris DPP Golkar asal Sumba Timur, Umbu Kabunang Rudiyanto yang bakal menggantikan Melki Laka Lena di DPR RI. Foto: Edy Naga

WAINGAPU,SELATANINDONESIA.COM – Sekitar 50.000 -an warga Kabupaten Sumba Timur tumpah rua di lapangan Rihi Eti, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur Jumat (29/8/2024). Mereka mengikrarkan janji hati untuk mendukung calon Bupati dan Wakil Bupati Umbu Lili Pekuwali-Yonathan Hani (ULP-YH) dan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena-Johni Asadoma (MELKI-JOHNI).

Janji hati para warga Sumba Timur itu terjadi dalam momentum bersejarah deklarasi pasangan Umbu Lili Pekuwali-Yonathan Hani (ULP-YH). Sebelumnya, pasangan ULP-YH resmi mendaftar di KPU Sumba Timur. Pada Selasa (27/8/2024) pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena-Johni Asadoma mendaftar di KPU NTT.

Paket ULP-YH diusung oleh tujuh partai politik diantaranya Golkar, NasDem, PKB, Gerindra, PKN, Perindo dan PSI. Koalisi dengan jumlah kursi di DPRD Sumba Timur sebanyak 16 kursi ini dipimpin oleh tokoh sekaligus mantan Bupati Sumba Timur Gidion Biliyora. “Ada tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Sumba Timur. Dan ULP -YH tidak menganggap pasangan lain sebagai kompetitor tetapi sebagai mitra lomba. Mari kita berlomba dengan sehat untuk kemajuan Sumba Timur,” sebut Ketua Tim Pemenangan ULP-YH, Gidion Biliyora saat berorasi.

Hadir dalam acara deklarasi tersebut Wakil Ketua Umum DPP Golkar yang juga Ketua DPD I Golkar NTT dan Calon Gubernur NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena yang didampingi Ketua Ikatan Isteri Partai Golkar (IIPG) NTT, Asty Laka Lena. Turut hadir, Ketua Tim Pemenangan Cagub-Cawagub Melki Laka Lena – Johni Asadoma, Frans Sarong dan Manager Kampanye  Mohammad Ansor. Hadir juga fungsionaris DPP Golkar asal Sumba Timur, Umbu Kabunang Rudiyanto yang bakal menggantikan Melki Laka Lena di DPR RI.

Melki Laka Lena mengatakan, partai Golkar memberikan dukungan kepada ULP-YH lantaran dua putra terbaik Sumba Timur ini sebelum menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur tetapi sudah bekerja nyata untuk masyarakat. “Mereka berdua sudah punya karya nyata untuk masyarakat Sumba Timur,” kata Melki Laka Lena.

Selain itu Golkar memberikan dukungan kepada ULP-YH lantaran paket kolaborasi dua anak muda ini didukung oleh 16 kursi di DPRD Sumba Timur. “Juga didukung oleh 36 kursi di DPRD NTT yang saat ini mengusung saya Melki Laka Lena dan Johni Asadoma di Pilgub NTT. Dan separuh Anggota DPR RI serta kabinet dalm jajaran pemerintah Presiden Prabowo – Gibran yang akan datang,” ujar Melki Laka Lena.

Apalagi, Melki Laka Lena sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah Provinsi NTT untuk pasangan Prabowo-Gibran Provinsi NTT dan Umbu Lili Pekuwalli sebagai Ketua TKD Prabowo – Gibran Kabupaten Sumba Timur dalam pilpres 14 Februari 2024 lalu. “Kami memastikan bahwa pembangunan Sumba Timur kedepannya ini jika Tuhan berkenan saya dan Bung Johni Asadoma menjadi Gubernur dan Wagub NTT, dibantu Bung Umbu Rudi Kabunang di DPR RI, maka laju pembangunan di Sumba Timur akan semakin kencang,” ujar Melki Laka Lena.

Pilahkan Kamar Pilkada Kabupaten dan Pilgub NTT
Meki Laka Lena menambahkan, seluruh partai pengusung paket Melki-Johni di Pilgub NTT diingatkan agar memilah dukungan dengan bijak ketika bekerja untuk Pilkada Kabupaten. “Kita mesti memisahkan kamar Pilkada Kabupaten dan kamar Pilgub NTT. Saya dan Bung Johni Asadoma didukung oleh 11 partai politik di Pilgub NTT dan kondisi ini berbeda dengan dukungan partai politik di Pilkada Kabupaten, sehingga butuh pemisahan kamar yang berbeda antara Pilkada Kabupaten dan Pilgub NTT,” kata Melki Laka Lena.

Acara deklarasi pasangan ULP-YH dilanjutkan dengan pesta rakyat yang diisi dengan malam hiburan dan pemberdayaan UMKM lokal. Warga yang datang dari seluruh wilayah Sumba Timur itu masih menikmati malam hiburan tersebut dengan penuh sukacita.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap