Setelah Goyang Solor dengan “Sedon Lewa Papan”, Melki Laka Lena Gemparkan Magepanda Lewat “Ikan Nae di Pante”

134
Atas: Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena menyanyi dan berpose bersama Agus L. Wurin dan crue yang tenar dengan lagu Sedon Lewa Papan di desa Lewohedo, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur, Rabu (31/7/2024). Bawah: Emanuel Melkiades Laka Lena menyanyi bersama Alfred Gare feat PAX Grup yang viral dengan lagu Ikan Nae di Pante dalam acara sosialisasi Germas di Kantor Desa Wuda Mude, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Jumat (1/8/2024). Foto: Edy Naga

MAUMERE,SELATANINDONESIA.COM – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena selalu punya cara untuk memberi semangat dan membangun optimisme warga di pedalaman. Setelah viral di berbagai media sosial ketika menyanyi bareng yang punya volak “Sedon Lewa Papan” Agus L. Wurin di Desa Lewohedo, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur, Rabu (31/7/2024), Melki Laka Lena kembali menyanyi dan bergoyang bersama dengan warga Magepanda, Kabupaten Sikka dalam alunan lagu “Ikan Nae di Pante”. Yang menarik, Melki Laka Lena menyanyi bareng pencipta sekaligus penyanyi aslinya, Alfred Gare feat PAX Grup.

Warga masyarakat Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka yang memadati halaman Kantor Desa Woda Mude, Kamis (1/8/2024) menyatu di bawah tenda dan berjoged bersama Melki Laka Lena dan Alfred Gare PAX Grup. Suasana siang itu menggambarkan kecerihan masyarakat menyambut Melki Laka Lena yang hari itu hadir bersama mitra kerjanya Kementrian Kesehatan RI melakukan sosialisasi tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Melki Laka Lena mengatakan, acara sosialisasi Germas merupakan kemitraan Komisi IX DPR RI dengan Kementerian Kesehatan RI untuk memberikan sosialisasi, komunikasi dan informasi kepada masyarakat tentang bagaimana memiliki pola hidup sehat. “Saya berterima kasih kepada  kementerian RI, Dinas Kesehatan Provinsi NTT, dan Dinkes Kabupaten Sikka dan juga didukung oleh Pak Camat Magepanda dan jajaran sehingga sosialisasi ini bisa berjalan lancer,” sebut Melki Laka Lena.

Ia berharap agar setelah acara sosialisasi tersebut masyarakat semakin mengetahui bagaimana hak mereka sebagai warga negara yang memiliki kesempatan untuk bisa menikmati program kesehatan bukan disaat pengobatan saja tetapi pada saat sehat juga bisa menggunakan hak untuk mengecek status kesehatan mereka dan sebagainya.

“Usulan dari Pak Camat tadi saya pikir butuh evaluasi dengan dinas kesehatan kabupaten Sikka dan tadi sudah dikonfirmasi bahwa usulannya sudah masuk. Saya akan mmberikan atensi khusus agar nanti di tahun depan bisa dibangun Puskesmas di Magepanda sesuai usulan Pak Camat,” ujar Melki Laka Lena.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena pose bersama Alfred Gare feat PAX Grup yang viral dengan lagu Ikan Nae di Pante dalam acara sosialisasi Germas di Desa Woda Mude, Kecamatan Magepamnda, Kabupaten Sikka, Kamis (1/8/2024). Foto: Edy Naga

Camat Magepanda, Kristian Amstrong, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan Germas ini. Menurutnya, kehadiran langsung Emanuel Melkiades Laka Lena dalam sosialisasi kesehatan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Magepanda. “Kami di Magepanda ini, khususnya dalam bidang kesehatan, menghadapi berbagai macam penyakit dan gangguan tumbuh kembang anak (stunting). Jumlah anak yang mengalami stunting awalnya sebanyak 215 anak, dan setelah dilakukan berbagai upaya, jumlahnya menurun menjadi 187 anak. Kami berharap dengan adanya sosialisasi seperti ini, anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” jelasnya.

Kristian Amstrong juga mengungkapkan kondisi puskesmas di wilayah Magepanda yang masih memprihatinkan. “Kami berharap ada pembangunan dan perbaikan fasilitas kesehatan di wilayah ini agar masyarakat bisa mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan Germas di Magepanda ini menunjukkan betapa pentingnya kolaborasi antara pemerintah, tokoh masyarakat, dan instansi terkait dalam upaya meningkatkan kesadaran akan kesehatan di tengah masyarakat. “Dengan adanya edukasi tentang pola hidup sehat, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk keluarga dan lingkungan sekitar,” sebutnya.

Turut hadi mendampingi Melki Laka Lena dalam acara gtersebut, anggota Fraksi Golkar DPRD NTT Robby Tulus Bapa, Wakil Ketua DPRD Sikka Gorgonius Nago Bapa, Anggota Fraksi Mayestati dan Antonius Hendrikus Rebu. Dan para pengurus DPD II Golkar Sikka. ***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap