Membidik Calon Pendamping Melki Laka Lena Antara Anita Mahenu, Beri Bina dan Jane Natalia

196
Tiga "anak kandung" KIM, Anita Mahenu, Gabria Beri Binna dan Jane Natalia. Salah satu diantara mereka kemungkinan menjadi Calon Wakil Gubernur NTT mendampingi Cagub Emanuel Melkiades Laka Lena.

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Ada tiga “anak kandung” Koalisi Indonesia Maju (KIM) disebut bakal mendampingi calon Gubernur NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena 2pada Pilgub NTT 27 November 2024. Cawagub yang diduetkan dengan Ketua DPD I Golkar NTT itu harus mempertimbangkan basis politik dan sosiologis.

Ketiga figur yang dipersiapkan itu adalah Gabriel Beri Bina dan Anita Mahenu dari Gerindra, serta Jane Natalia Suryanto dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Pengamat politik dari Universitas Muhamadyah Kupang, Dr. Ahmad Atang menyebut, calon wagub yang layak untuk Melki Laka Lena harus benar-benar mempertimbangkan basis politik dan basis sosiologis.

“Dari tiga nama yang beredar dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), maka partai koalisi harus bisa memastikan satu diantara tiga nama itu untuk mendampingi Melki Laka Lena, dengan mempertimbangkan dua hal, yakni basis politik dan sosiologis karena calon wakil harus mampu mendorong profit elektoral bagi Paslon ini,” sebut Dr. Ahmad Atang menjawab mediantt.com, Minggu (7/7/2024), malam.

Wakil Rektor Universitas Muhamadyah Kupang ini menjelaskan, dinamika Pilgub NTT mulai menunjukan kejelasan figur, walaupun masih minus, baik partai koalisi maupun figur wakil. PDIP telah resmi menetapkan Ansy Lema, namun belum memiliki figur wakil maupun partai koalisi. Sedangkan Nasdem sudah memiliki Paslon, yakni Petrus Simon Kamlasi sebagai cagub dan Andreas Garu sebagai cawagub. Namun belum memiliki partai koalisi.

Nah, “Partai Golkar telah menetapkan Melki Laka Lena sebagai cagub dan secara politik telah memiliki partai koalisi namun belum punya calon wakil,” katanya.

Menurut dia, Partai Golkar telah membangun komunikasi politik dengan partai koalisi Indonesia maju, seperti PAN, PSI, Gerindra dan Demokrat, agar format koalisi Pilpres dapat diadopsi untuk Pilgub di NTT.

Dengan demikian, sebut dia, Melki Laka Lena sebagai calon gubernur dari Partai Golkar membuka ruang untuk partai koalisi mengajukan calon wakil. Karena itu, telah muncul tiga nama, yakni Gabriel Beri Bina dan Anita Mahenu dari Gerindra, juga ibu Jane Natalia dari PSI.

Dalam analisisnya, pilihan wakil lebih untuk mengamankan KIM di Pilgub ini, sehingga lebih pada pertimbangan politik dibandingkan pertimbangan sosiologis. Walaupun diakui bahwa politik lokal selalu berbasis sosiologis karena tuntutan demokrasi partisipasi daripada demokrasi representasi.

Secara sosiologis, jelas dia, ketiga calon wagub ini, yang memiliki basis politik dan sosiologis adalah Gabriel Beri Bina dan Natalia Mahenu, sedangkan Jane Natalia hanya memiliki basis politik, namun kurang memiliki basis sosiologis.

“Maka partai koalisi harus bisa memastikan satu diantara tiga untuk mendampingi Melki Laka Lena dengan mempertimbangkan dua hal, yakni basis politik dan sosiologis karena calon wakil harus mampu mendorong profit elektoral bagi Paslon ini,” tegasnya lagi.

Dr. Atang juga mengingatkan, figur-figur yang berhasrat untuk memimpin NTT lima tahun ke depan, yang akan bertarung pada Pilkada 27 November nanti, dan siapapun yang menang menjadi gubernur, akan menghadapi problem yang belum terselesaikan oleh pemimpin sebelumnya.

Problem itu diantaranya, sebut dia,  pertama, ruang fiskal sangat terbatas karena beban utang pinjaman daerah yang harus dibayar hingga 2028. “Itu artinya, selama empat tahun kepemimpinan gubernur, Pemda harus seleksi program kegiatan di tengah keterbatasan anggaran,” ujarnya.

Kedua, problem stunting karena NTT memiliki angka stunting tertinggi, yang hingga kini belum secara masif diatasi. Ketiga adalah persoalan kemiskinan ekstrem yang hampir merata di semua kabupaten/kota di NTT.

Maka harus ada langkah yang sama antara pemprov dan pemerintah kabupaten/kota. Dengan demikian, siapapun kepala daerah mendatang akan menghadapi tiga hal ini secara bersamaan,” kata dr Ahmad Atang.*/)jdz

Center Align Buttons in Bootstrap