Umbu Gilbert Kabunang Drifter Muda Asal Sumba, Wakili IMI NTT di IDC Manahan Solo

274
Umbu Gilbert Kabunang pembalap muda asal Sumba ketika mengikuti sesi latihan menyongsong Kejurnas Indonesia Drift Competision (IDC) 2023 raund 2 yang digelar di sircuit Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/6/2023). Foto: Umbu Kabunang Rudiyanto

SOLO,SELATANINDONESIA.COM – Umbu Gilbert Kabunang putra sulung pengacara Nasional asal Sumba, Dr. Kabunang Rudiyanto, SH.,MH., CLI dan Wiwik Nawa Sondagi kini baru 16 tahun. Kendati di usia yang masih belia, Umbu Gilbert telah menorehklan prestasi gemilang di dunia balap.

Berbagai kejuaraan Nasionanl telah diikutinnya, bahkan keluar sebagai juara. Hari ini, Minggu (11/6/2023) Umbu Gilber bakal tampil mewakili Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTT di kejuaraan Indonesia Drift Competision (IDC) 2023. Kejuaraan Nasional Drifting 2023 raund 2 ini digelar di sircuit Manahan Solo, Jawa Tengah.

“Saya sudah di Solo sejak beberapa hari lalu dan mengikuti sesi Latihan dan hari ini akan bertanding,” sebut Umbu Gilbert Kabunang yang dihubungi SelatanIndonesia.com, Minggu (11/6/2023)

Umbu Gilbert Kabunang menyebut salah satu kompetitornya hari ini adalah Amandio, yang pernah menjadi juara dunia. Juga ada 5 atlit lainnya. “Target saying harus menang podium,” ujarnya optimis.

Optimisme Umbu Gilbert untuk meraih kemenangan podium itu lantaran ditopang dengan kendaraan jenis sedan BMW bermesin Toyota 3 uz, plus superchlharge. “Ada keunggulan khusus di torsi besar dan spontan. Karena ini kejurnas drfting 2023 roun ke 2. Semoga semua rencana berjalan lancer dan ebagai putra Sumba, saya membawa bendera IMI NTT masuk kejurnas drifting 2023,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Umbu Gilbert Kabunang baru saja tampil memukau di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) IDS putaran kedua di J99Maxx Drift Circuit, Karawaci, Tangerang, belum lama ini.

Dilansir dari detikSport, Umbu jadi salah satu dari banyak drifter muda yang turun di ajang tersebut. Memang kejurnas tersebut diadakan untuk menghadirkan banyak drifter muda. Umbu sendiri memperkuat Alpha Rules Black Speed Racing Team.

“Kejurnas IDS diharapkan dapat menghadirkan generasi baru yang berkualitas dan dapat bersaing,” ujar Ketua IDS Muhammaf Sofyan.

Sebagai drifter termuda, Umbu sudah memikat perhatian sejak putaran pertama di mana dia finis posisi ketiga pada kelas Pro 2. Ini sejalan dengan keinginannya untuk terus memikat publik otomotif nasional.

Sebab Umbu mau menjadikan drifter sebagai profesinya di masa depan karena merasa Motorsport adalah kegiatan yang sangat menarik, terutama memancing adrenalinnya.

“Mungkin saat ini racer belum menjadi profesi yang banyak peminat nya di Indonesia, tetapi lebih baik melatih dan mempersiapkan skill saya se-dini mungkin sehingga saya bisa menjadi professional racer di masa depan” ujar Umbu dalam perbincangan dengan detikSport di lokasi balapan.

“Berbeda dari yang lain, drifting memerlukan skill tertentu sehingga kita dapat mengendalikan mobil yang sedang-sideways, dibutuhkan ketekunan dan feeling yang kuat agar mobil tetap dalam kendali kita. Sehingga drifting dapat terlihat bagus bagi penonton dan judge drifting,” sambungnya.

Terkait prestasi Umbu, sejauh ini dia sudah meraih juara 1 GamasalaDrift Battle (GDB) Round 2 di bulan Maret 2022. Lalu juara 1 kategori Pro di Edutown Drift Prix (EDP) Round 1 bulan Maret 2022 dan sederet prestasi lainnya.

Sayangnya, dewi fortuna belum berpihak kepada Umbu pada putaran kedua ini. Meski dia meraih posisi pertama pada sesi kualifikasi, dia cuma sampai babak perempatfinal pada ronde final karena persoalan pada mesin sehingga mobilnya terpelintir.

Alhasil, Umbu Gillberth cuma berada di posisi delapan besar kelas Pro 2. Hasilnya memang mengecewakan, tapi Umbu tak mau patah arang dan menjadikan ini sebagai pembelajaran untuk putaran ketiga di Semarang bulan depan.

“Ya memang hasil mengecewakan karena gagal ke final. Tapi ini bakal jadi pelecut semangat buat bangkit dan menang di putaran ketiga. Doakan saja ya,” ujarnya.***Laurens Leba Tukan

 

Center Align Buttons in Bootstrap