Milenial Golkar Sumba Tengah Bangkit di Tengah Pandemi, Sukses Kembangkan Hortikultura

68
Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Sumba Tengah, Melky Umbu Hunggar (seragam coklat) ketika bersama Petani Milenial Golkar Sumba Tengah menanam bawang di Desa Malinjak, Kecamatan Katiku Tanah Selatan, Rabu (28/7/2021)

WAIBAKUL,SELATANINDONESIA.COM – Para petani milenial binaan Partai Golkar Kabupaten Sumba Tengah, kini sedang mengembangkan tanaman hortikultura di empat desa di Kecamatan Kati Kutana Selatan. Keempat desa tersebut diantaranya Desa Malinjak, Tanamodu, Okawacu, dan Wailawa, dengan anggota setiap desa sekitar 25-30 orang.

Wakil Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPD II Partai Golkar Kabupaten Sumba Tengah, Nixon L. Natar kepada SelatanIndonsia.com, Kamis (29/7/2021) menyebutkan, jenis tanaman yang dikembangkan adalah tomat, cabe, bawang merah dan sayur-sayuran.

Ia menyebut, permintaan pasar untuk cabe saat ini sangat tinggi, sedangkan hasil yang diproduksinya bersama para milenial di Sumba Tengah masih sangat terbatas. “Kemarin kami sudah panen cabe 800 Kg dan hanya mampu melayani kebutuhan di Kabupaten Sumba Tengah. Padahal ada permintaan dari Sumba Timur yang mencapai 1 ton,” sebut Nixon.

Selain cabe, permintaan untuk tomat, bawang dan sayur-sayuran juga dari hari ke hari terus meningkat sehingga mmbuatnya dan para anggota kelompok tani yang ia pimpin harus lebih giat menanam. “Apalagi pupuk yang kami gunakan adalah pupuk organik sehingga semua tanaman terjamin sehat,” katanya.

Nixon mengaku, kendala yang dihadapinya bersama para petani milenial adalah kebutuhan pasokan air. “Kami masih kesulitan untuk mesin pompa air, karena khusus di semua kelompok tani kami, masih butuh tempat penampungan air untuk memudahkan penyiraman. Kalau ada pompa air lagi maka kami akan memperluas lahan garapan. Sering kami harus pikul air untuk siram, sehingga lahan yang kami garap terbatas saja. Kalau ada pompa air dan bak penampungan maka pasti kami lebih semangat untuk garap dan hasil yang diperoleh akan lebih banyak,” sebutnya.

Ia mengakui, Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Sumba Tengah, Melky Umbu Hunggar selalu membantu memenuhi berbagai kebutuhan petani milenial dampingannya. “Tapi kebutuhan kami banyak karena ada 100 lebih anggota sehingga kami butuh bantuan Pak Bupati Sumba Tengah untuk mesin pompa air serta bak penampungan,” ujar Nixon.

Disebutkan Nixon, Bupati Sumba Tengah, Paulus S. K. Limu sudah membantu dengan mendatangkan traktor untuk pengolahan lahan. “Saat tanam cabe di lokasi ini Pak Bupati yang datang untuk tanam perdana. Kami sangat terbantu dengan perhatian Pak Bupati. Semoga beliau bisa membantu kami mesin pompa air, agar lahan garapan kami bisa lebih luas lagi,” ujarnya.

Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Sumba Tengah, Melky Umbu Hunggar yang dihubungi mengatakan, semenjak ada kebijakan Ketua DPD I Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena tentang Petani Milenial Golkar, ia bersama jajaran Pengurus Golkar Sumba Tengah langsung mendata para milenial yang bersedia difasilitasi untuk konsen bertani.

Kita fungsikan secara maksimal posisi Pak Nixon selaku Wakil Ketua Bidang Tani dan Nelayan Partai Golkar Sumba Tengah untuk mengajak para milenial agar mau berkebun. Ternyata, hasil panennya sangat menguntungkan. Akhirnya sekarang hampir semua Desa di Sumba Tengah sudah bersedia untuk mendapat pendampingan dari Partai Golkar,” ujar anggota DPRD Kabupaten Sumba Tengah tiga periode ini.

Selain tanaman hortikultura, Golkar Sumba Tengah juga sudah mendampingi sejumlah milenial untuk pemeliharaan ikan air tawar. “Kami akan terus mengajak para milenial untuk mencintai pertanian. Mari kita tanam apa yang kita makan dan mari kita makan apa yang kita tanam,” sebut Melky Umbu Hunggar.***Laurens Leba Tukan

Baca Juga:  Agresif dan Merangkul Semua Generasi, Golkar Kota Kupang Dukung Lakalena
Center Align Buttons in Bootstrap