Caleg Golkar Sumba Tengah Memenuhi Syarat, Penomoran Masih Berdasarkan Alfabetis

212
Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Sumba Tengah Melky Umbu Hunggar ketika memimpin para Caleg Golkar mendaftr di KPU Sumba Tengah. Berkas seluruh Caleg Golkar dinyatakan memenuhi syart dan diterima pada saat pendaftaran, Sabtu (13/5/2023). Foto: AldyAMPI

WAIBAKUL,SELATANINDONESIA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Tengah menyatakan berkas calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Sumba Tengah dari Partai Golkar memenuhi syarat pencalonan. “Dengan ini kami menyatakan menerima berkas calon anggota legislatif yang diajukan Partai Golkar Kabupaten Sumba Tengah untuk diproses,” sebut Ketua KPU Kabupaten Sumba Tengah Lucia N. M. Piranyawa, ST ketika pendaftaran calon anggota legislatif oleh Partai Golkar Kabupaten Sumba Tengah, Sabtu (13/5/2023).

Turut mendampingi Ketua KPU Sumba Tengah para anggota komisioner Fredy Umbu Bewa Guty, Edy Sagabulang, Arbyan Landuwulang dan Mariana Lilo Ludji. Juga hadir Ketua Bawaslu Sumba Tengah Rambu Tawunga dan Anggota Yermias Umbu Yagu, dan Martinus Rudolf Walangara serta Sekretaris KPU Sumba Tengah Paru Pajangu serta staf.

Para caleg DPRD Kabupaten Sumba Tengah dari Partai Golkar dipimpin ketuanya Melky Umbu Hunggar mendaftar di KPU Kabupaten Sumba Tengah. Golkar Sumba Tengah mengajukan 20 caleg yang menyebar di tiga dapil di Sumba Tengah.  Mereka melakukan konfoi kendaraan roda empat dan roda dua dari Sekretariat DPD II Golkar Sumba Tengah di desa Wairasa, Kecamatan Umbu Ratu Nggai Barat melintasi jalan utama Sumba Tengah menuju kantor KPU Sumba Tengah di Anakalang.

Rombongan Golkar Sumba Tengah diterima Ketua KPU Sumba Tengah dan seluruh anggota komisioner. Juga Ketua dan Anggota Bawaslu Sumba Tengah serta staf sekretariat. Usai melakukan pemeriksaan berkas para calon anggota legislatif partai Golkar Sumba Tengah yang dilakukan oleh KPU dan disaksikan Bawaslu Kabupaten Sumba Tengah, seluruh berkas caleg Golkar dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

Selanjutnya, Ketua KPU Kabupaten Sumba Tengah Lucia N. M. Piranyawa, ST menyerahkan berita acara penerimaan berkas caleg Golkar Sumba Tengah yang dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat kepada Ketua DPD II Golkar Sumba Tengah, Melky Umbu Hunggar.

Usai pendaftaran dan dinyatakan lengkap memenuhi syarat, Melky Umbu Hunggar kepada wartawan menjelsakan, Partai Golkar Sumba Tengah memberikan apresiasi kepada KPU Sumba Tengah dan Bawaslu yang telah membangun koordinasi yang baik sehingga proses pemberkasan caleg hingga pendaftaran dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

Umbu Hunggar mengatakan, Partai Golkar Sumba Tengah telah siap berkompetisi dengan partai-partai lain di Pemilu Legislatif 2024 mendatang dengan tetap mengusung Pemilu yang damai. “Partai Golkar dalam perjalannya sudah banyak sekali berkontribusi untuk pembangunan bangsa Indonesia, NTT dan khususnya Sumba Tengah. Kami yakin, masyarakat Sumba Tengah akan memberikan dukungan penuh terhadap partai Golkar melalui caleg-caleg yang menyebar di tiga Dapil di Kabupaten Sumba Tengah,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Partai Golkar di Provinsi Nusa Tenggara Timur mendaftar secara serentak para bakal calon anggota legislatifnya di KPU. Ketua DPD I Partai Golkar NTT Emanuel Melkiades Laka Lena memimpin langsung pendaftaran di KPU Provinsi NTT, Sabtu (13/5/2023). Para kader Partai Beringin tampak mengenakan seragam Golkar dengan warna dasar kuning memenuhi halaman Kantor KPU Provinsi NTT.

Usai melakukan pendaftaran, Melki Laka Lena kepada wartawan menyebut, Partai Golkar se NTT menggunakan sistim pendaftaran sementara caleg menggunakan penomoran berdasar alfabetis. “Jadi di partai Golkar kami belum menentukan nomor urut. Ini menjadi kebijakan dari partai Golkar yang intinya adalah setelah melalui penilaian kinerja di bulan September nanti baru diputuskan untuk menentukan nomor urut setelah itu,” jelas Melki Laka Lena.

Didampingi Sekretaris DPD I Golkar NTT Dr. Inche Sayuna dan Ketua Bappilu Frans Sarong, Melki Laka Lena menambahkan, ia dan seluruh jajaran Partai Golkar serta seluruh elemen masyarakat sama-sama menunggu keputusan dari MK yang lagi menyidangkan gugatan dari sebagian warga negara terkait dengan sistem pemilu permohonan tertutup. “Tetapi bagi partai Golkar kami tentu berharap agar sistem pemilunya tetap terbuka. Sehingga betul-betul masyarakat bisa menentukan pilihannya langsung kepada orang yang akan dia pilih. Tetapi apapun hasilnya dari MK kami partai Golkar tetap siap dengan segala keputusan dari Mahkamah Konstitusi,” sebutnya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI ini mengatakan, Partai Golkar NTT hari ini bersama 22 DPD II Golkar Kota dan Kabupaten se NTT secara serentak melakukan pendaftaran di KPU. “Kami dari DPD I Partai Golkar Provinsi NTT hari ini bersama dengan DPD tingkat II di seluruh NTT melaksanakan pendaftaran di KPUD secara serentak di seluruh NTT. Di tingkat provinsi kita daftarkan di KPUD Provinsi dan 22 tingkat II yang lain mendaftarkan di 22 KPU Kabupaten masing-masing,” sebut Melki Laka Lena.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap