Tentang Stok Beras di Flotim, BULOG KC Larantuka Sebut Saat Ini ada 950 Ton

175
Pemimpin Cabang Perum BULOG KC Larantuka, David Donny dan Penjabat Bupati Flotim Doris Alexander Rihi ketika memantau pasar murah yang digelar di halaman kantor BULOG KC Larantuka, Senin (13/2/2023). Foto:KominfoFlotim

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Pemimpin Cabang Perum BULOG KC Larantuka, David Donny menyebut, saat ini pihaknya punya stok beras sebanyak 950 ton. Dikataka David, pihaknya memiliki 4 Mitra Rumah Pangan Kita (RPK) BULOG, yang menjadi perpanjangan tangan BULOG untuk menjual produk-produk pangan.

“Untuk Beras Medium, masyarakat bisa membeli di BULOG dengan harga Rp8.600,/kg di gudang BULOG. Dan, para penjual bisa menjual lagi paling mahal/HET Rp.9.950,/Kg ke masyarakat,” sebut David Donny yang dihubungi SelatanIndonesia.com, Rabu (15/2/2023) malam.

Dikonfirmasi soal keluhan masyarakat Adonara bahwa stok beras kemasan 50 Kg dan 20 kg yang sedang kosong dan hanya sisa yang kemasan 10 kg dengan harga Rp137.500, David Donny menyebut yang lebih tahu soal harga adalah pedagang setempat. “Untuk harga ini, yang lebih tau pedagang setempat,” katanya.

Ia menambahkan, pada prinsipnya, BULOG melakukan penugasan dari Pemerintah untuk melaksanakan Operasi Pasar, Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) Beras, dengan harga yang bisa ditebus Mitra BULOG yaitu Rp.8.600,-/kg di gudang BULOG. “Saat ini kemasan tersedia 50 kg, 10 kg, 5 kg. Dan, mereka bisa jual paling mahal/HET Rp.9.950,-/kg,” sebut David.

David Donny juga mengatakan, masyarakat bisa melaporkan ke pihak berwajib, jika menemukan ada pedagang yang menjual beras BULOG diatas garga normal yang ditetapkan. “Masyarakat bisa langsung lapor ke pihak berwajib disertai dengan bukti-bukti yang kuat,” katanya.

Ia bahkan menyebut, pihaknya selama ini berkoordinasi baik dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). “Kami koordinasi baik dengan TPDI,” ujar David.

Untuk memenuhi kebutuhan beras bagi masayarakat Flores Timur, David mengatakan, pihaknya setiap hari menggelar Operasi Pasar di halaman kantor BULOG KC Larantuka. “Kami layani penjualan ke Mitra, yang nantinya mereka menjual ke masyarakat Larantuka, Adonara dan Solor,” sebutnya.

Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi Ketika memantau langsung proses pelayanan beras di Kantor Bulog Larantuka, Senin (13/2/2023) mengatakan, stok beras sangat cukup dan kwalitasnya juga baik.

Pemerintah Daerah dan masyarakat Flores Timur tentunya bersyukur dengan apa yang dilakukan Bulog beberapa hari ini untuk menjamin terkendalainya harga beras di pasar. “Beras yang dijual di Bulog saat ini dengan harga Rp9.000.per kilogram untuk takaran 10 kilogram. Tahap pertama sudah dipesan sebanyak 450 ton dan tahap kedua sebanyak 500 ton. Sedangkan 100 ton sedang dalam pendistribusian dari Maumere, Kabupaten Sikka. Setiap hari beras yang yang dilayani Bulog sebayak 11 ton dari stok yang tersedia sampai 50 ton. Ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” sebut Penjabat Bupati Flotim, Doris Alexander Rihi dilansir dari florestimurkab.go.id.

Itu pasalnya, ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu ragu untuk membeli beras yang disiapkan oleh Bulog. Karena, menurutnya, stoknya mencukupi dan harganya masih bisa dijangkau oleh masyarakat. Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya beras murah dengan harga Rp. 9.000.per kilogram untuk memenuhi kebutuhan keluarga. “Kepada masyarakat jangan ada spekulasi, yang mau menimbun beras dan menjual kembali. Kita sudah bekerjasama dengan pihak terkait untuk mencagah hal itu”, tegas Doris Rihi.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap