Dari Gerobak Dorong, Alat Tenun dan Tenda Jualan, Wujud Perhatian Mohammad Ansor untuk UMKM di Kota Kupang

245
Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur yang juga Sekretaris Fraksi Partai Golkar, H. Mohammad Ansor ketika menyerahkan bantuan untuk pelaku UMKM di Kota Kupang. Bantuan hasil perjuangannya itu diserahkan di Rumah Aspirasi Mohammad Ansor, Jalan Waitama Perumnas, Kelurahan Nefonaek Kota Kupang, Senin (30/1/2023). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

KOTAKUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur yang juga Sekretaris Fraksi Partai Golkar, H. Mohammad Ansor memberikan perhatian khusus untuk pelaku UMKM di Kota Kupang.

Bantuan dari H. Mohammad Ansor diberikan di Rumah Aspirasi Muhammad Ansor, Jalan Waitama Perumnas, Kelurahan Nefonaek Kota Kupang, Senin (30/1/2023). Bantuan tersebut berupa gerobak dorong sebanyak 10 unit, alat tenun komplit sebanyak 6 unit dan tenda lapak jualan sebanyak 50 unit.

Turut hadir dalam acara penyerahan bantuan tersebut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi NTT, M. Nasir Abdullah dan Sub Koordinator Pembangunan Industri Kecil Menengah (PIKM) Disperindag Provinsi NTT, Matheus Atasoge serta para pelaku UMKM penerima bantuan.

Kepala Dinas Perindag Provinsi NTT, Nasir Abdullah mengatakan, berbagai bantuan yang diberikan kepada para pelaku UMKM ini merupakan hasil perjuangan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, H. Mohammad Ansor. “Berkat perjuangan Pak Mohammad Ansor, kami di Perindag NTT mendapatkan bantuan 78 unit mesin pencacah pakan ternak. Ada juga gerobak dorong untuk jualan sebanyak 26 unit, mesin destilasi 3 unit serta mesin pemecah kemiri 9 unit. Hari ini Pak Ansor menyerahkan bantuan ini khusus untuk UMKM di Kota Kupang,” sebut Kadis Nasir.

Disebutkan Kadis Nasir, Pemerintah dan DPRD Provinsi NTT bersepakat untuk terus menjaga kelestarian tenun NTT. “Makanya salah satu cara yang dilakukan adalah memperjuangkan alokasi anggaran untuk membantu para kelompok penenun dengan peralatan tenun komplit yang hari ini untuk Kota Kupang dibagikan oleh Pak Mohammad Ansor,” katanya.

Apalagi tenun NTT sudah semakin diminati oleh pasar Nasional dan Internasional. “Bapak Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Ibu Julie Laiskodat sangat konsen terhadap pengembangan tenun ikat kita.  Bahkan, tenun kita dari NTT sangat disukai oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Karena menurut Bapak Presiden bahwa hasil tenun ikat NTT merupakan karya orang cerdas,” katanya.

Ia menambahkan, gerobak dorong yang diberikan untuk para pelaku UMKM ini punya kualitas bagus karena terbuat dari kayu jati dan dilapisi alumunium dan bisa memuat beban seberat 500-700 Kg. “Jarang ada orang mau berkorban seperti yang dilakukan oleh Pak Mohammad Ansor. Jadi kepada para penerima bantuan ini agar memanfaatkan ini dengan baik dan berusaha dengan serius. Tolong jaga dan rawat bai-baik bantuan ini,” sebut Kadis Nasir Abdulah.

Para pelaku UMKM yang menerima bantuan tersebut menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Mohammad Ansor. “Saya dan keluarga menyampaikan terima kasih untuk Bapak Haji Muhammad Ansor yang telah membantu, memberikan kami Gerobak Jualan. Selama ini kami pakai yang biasa saja, ala kadaranya untuk jualan,” sebut Pandel Pandu, warga Oseapa Selatan yang kesehariannya menjual es kelapa muda di Jalan Bumi I.

Ungkapan rasa syukur yang sama disampaikan Ana Simenes. Penjual pisang gepe dan jagung bakar di Pantai Warna Oesapa ini menyampaikan rasa terima kasih dan dukungan penuh kepada Mohammad Ansor. “Kami berterima kasih kepada Pak Ansor yang sudah membantu kami tenda untuk jualan. Kami terus mendukung dan mendoakan Pak Ansor,” katanya.

Ketua Kelompok Tenun “Berkat”, Bendelina dari Kelurahan Manutapen juga menyampaikan terima kasih atas bantuan Mohammad Ansor. “Kami bersyukur masih diberi perhatian oleh Pak Ansor lewat bantuan alat tenun yang komplit. Bantuan ini akan membuat kami semakin semangat untuk menenun,” ujar Bendelina.

Wakil Ketua Komisi V DPRD NTT, H. Mohammad Ansor mengatakan, ia sangat konsen dan memberikan perhatian khusus pada sector UMKM dan Pendidikan serta Kesehatan warga Kota Kupang yang menjadi daerah pemilihannya. “Tolong manfaatkan semua bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Saya dan tim kerja akan turun sewaktu-waktu melihat usaha dari bapa ibu sekalian yang mendapat bantuan ini,” ujar politisi Golkar yang dua periode beruntun terpilih menjadi Anggota DPRD Provinsi NTT dari Dapil Kota Kupang ini.***Laurens Leba Tukan  

Center Align Buttons in Bootstrap