Inche Sayuna Wujudkan Visi Victory Joss Lewat Porprov NTT

217
Ketua Umum Panitia Pelaksana Porprov NTT VIII, Dr. Inche Sayuna (kedua dari kanan) ketika acara pembukaan Porprov di Stadion Oepoi Kota Kupang, Sabtu (12/11/2022). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTT VIII resmi dibuka oleh Ketua Umum KONI NTT Josef A. Nae Soi di Stadion Oepoi Kupang, Sabtu (12/11/2022) petang. Momentum olahraga itu mengikutsertakan 2535 atlet dan 690 oficial dari 22 Kabupaten dan Kota se NTT.

Ketua Umum Panitia Pelaksana Porprov NTT, Dr. Inche Sayuna menyebut, selain sebagai sarana evaluasi pembinaan dan pengembangan olahraga di Kabupaten/Kota, sekaligus sebagai ajang mencari atlet yang potensial dan berprestasi untuk mewakili NTT pada Pra Kualifikasi PON XXI tahun 2024 yang dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang.

“Tujuan pelaksanaan Porprov ini juga untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang sehat jasmani dan rohani, mencapai Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, dengan meningkatkan SDM dan menciptakan atlet NTT yang sehat, tangguh, berprestasi, dan berdaya saing,” sebut Inche Sayuna ketika menyampaikan laporan panitia Proprov.

Wakil Ketua DPRD Provinsi NTT ini mengatakan, pelaksanaan Porprov  berdasarkan UU Nomor 11 tahun 2022 dengan regulasi turunannya,  SK Nomor 27 tahun 2022 tentang Panitia Porprov NTT VIII tahun 20223. “Tujuan lain, yaitu untuk mengetahui pembinaan yang berkesinambungan dari masing-masing cabang olahraga yang ada dibawah naungan KONI Provinsi NTT, dan juga yang dilakukan oleh KONI Kabupaten/Kota,” katanya.

Tidak hanya itu, tujuan lain yang ingin diperoleh dari momentum itu yakni sebagai ajang bagi para atlet untuk dapat meningkatkan kemampuan di masing – masing cabang olahraga. “Peserta Porprov NTT VIII Tahun 2002 yang juara I, II dan III diberikan penghargaan berupa medali dan semua peserta diberikan Piagam,” sebut Sekretaris DPD I Golkar NTT ini.

Inche Sayuna menyampaikan terima kasih kepada Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur NTT Josef A. Nae Soi, Pimpinan dan Anggota DPRD NTT, Ketua Umum KONI Pusat, Para Bupati/Wali Kota se- NTT, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten dan kota se – NTT, Ketua Umum KONI Kabupaten dan Kota se – NTT, Kadispora Provinsi dan Kabupaten/Kota se – NTT, Para Sponsor dan Donatur, Para Official dan Para Atlet. Juga Insan Pers dan Media Massa serta semua pihak yang telah memberikan perhatian dan dukungan agar pelaksanaan Porprov NTT VIII Tahun 2022 ini boleh berjalan dengan aman, lancar dan sukses. “Panitia juga memohon maaf, jika dalam pelaksanaan Porprov NTT VIII Tahun 2022 ini terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan,” katanya.

Sebelumnya Inche Sayuna menjelaskan, 19 venue di Kota Kupang yang dijadikan lokasi pertandingan. “Cabang Atletik menggunakan Satdion Oepoi, Bola Voli di Lapangan Unwira Kupang, dan Bola Basket di Potoby Sport Center,” sebut Inche Sayuna.

Untuk Cabang Olahraga Bulu Tangkis menggunakan GOR Bulu Tangkis Umbu Dapasapu, Cricet di dua Lapangan yaitu Lapangan Unwira dan Lapangan Seminari Tinggi St, Michael. “Cabor Catur digelar di Aula Kantor DPD RI Perwakilan NTT, ESport di Aula El Tari dan Futsal di GOR Futsal serta Pitoby Sport Center,” ujar Inche Sayuna.

Ia menambahkan, untuk Cabang Olahraga Karate akan berlangsung di Aula Kampus Muhammadyah Kupang dan Aula Gereja Sta. Maria Assumpta. Sedangkan untuk Cabang Olahraga Kempo akan bertanding di GOR Flobamora Oepoi. “Kalau Cabang Olahraga Pencaka Silat berlangsung di Gedung DPD I Golkar NTT, Renang di Pitoby Sport Center dan Sepak takrow di Gedung Serbaguna KONI,” kata Inche Sayuna.

Cabang Olahraga Tarung Derajat  dan Tae Kwon Do akan digelar di Aula Ben Boi. Dan, Cabor Tenis Meja dilaksanakan di Gedung tenis Meja. “Untuk Cabor Tenis Lapangan akan berlangsung diu Lapangan Bulog dan Lapangan Bank Indonesia. Dan, Cabor Tinju di Kampus UPG 45 serta Wusuh di Aula Kampus San Pedro Kupang,” jelas Inche Sayuna.***Laurens Leba Tukan

 

Center Align Buttons in Bootstrap