Rp 20 M Dana Aspirasi Melki Mekeng untuk Jaga Laju Inflasi Sektor Pangan di Flotim

603
Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Dapil NTT I, Melchias Markus Mekeng dan Penjabat Bupati Flotim, Doris Alexander Rihi dalam sebuah kesempatan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Foto:Dok.HH

JAKARTA,SELATANINDONESIA.COM –  Politisi senior Partai Golkar yang kini anggota Komisi XI DPR RI, Melchias Markus Mekeng mengucurkan dana sebesar Rp 20 Miliyard untuk sektor pertanian di Kabupaten Flores Timur. Dana Ketahanan pangan ini diperjuangkan Melky Mekeng dalam rangka mendukung Pemda Flotim untuk menjaga laju inflasi dari sektor pangan.

Dana tersebut merupakan jalur aspirasi Anggota DPR RI. “Ini dana untuk ketahanan pangan yang dialokasikan melalui DAK penugasan atau jalur aspirasi anggota DPR RI,” sebut Melchias Markus Mekeng melalui staf ahlinya Herman Hayong dari Jakarta kepada SelatanIndonesia.com, Rabu (9/11/2022).

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar itu mengatakan, detail peruntukan dari dana sebesar Rp 20 Miliyard itu sesuai usulan Pemda Flores Timur beberapa bulan lalu. “Ada tiga sasaran program yaitu Jalan Usaha Tani, Sumur Bor dan pengadaan mesin/peralatan pasca panen,” ujar Melchias Mekeng.

Untuk diketahui, pada 16 September 2022 silam, Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi melayangkan permohonan kepada Menteri Pertanian  RI agar mendapatkan Bantuan Pembangunan Prasarana dan Sarana Pertanian dalam Mendukung Usaha Tani Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Pasalnya, belum cukup tersedianya Prasarana dan Sarana Pertanian di Kabupaten Flores Timur untuk mempercepat dan mempermudah arus mobilisasi Sarana Produksi dan hasil produksi pertanian dari dan ke  kebun di tingkat Petani, Poktan/Gapoktan.

“Kami usulan Bantuan Pembangunan Prasarana dan Sarana Pertanian berupa Pembangunan Jalan Usaha Tani, Pembangunan Sumur Bor Tanah Dalam dan Sumur Bor Tanah Dangkal serta Pengadaan Mesin Pasca Panen berupa Mesin Pemipil Jagung, Mesin Perontok Sorgum, Mesin Penyosoh Sorgum, dan Mesin Penepung Sorgum yang dianggarkan melalui Sumber Dana DAK di Tahun Anggaran 2023,” sebut Doris Rihi.

Ia menambahkan, usulan tersebut dengan rincian; Pembangunan JUT (Jalan Usaha Tani) sepanjang 94 Km, sumur bor tanah dalam 28 unit dan sumur bor tanah dangkal 7 unit yang dialokasikan pada desa-desa yang tersebar pada 15 Kecamatan. “Juga Pengadaan Mesin Pasca Panen diantaranya Mesin Pemipil Jagung 17 unit, Mesin Perontok Sorgum 4 unit, Mesin Penyosoh Sorgum 5 unit, dan Mesin Penepung Sorgum 3 unit dalam wilayah Kabupaten Flores Timur,” sebut Doris Rihi.

Mantan Penjabat Bupati Sabu Raijua ini menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi terhadap perhatian Anggota DPR RI Melchias Markus Mekeng untuk Flores Timur. “Atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Flotim menyampaikan terima kasih kepada Pak Melky Mekeng yang selalu punya perhatian untuk Kabupaten Flotim. Kami berkomitmen untuk memanfaatkan dana tersebut sebaik-baiknya untuk semua pekerjaan yang telah dialokasikan,” ujar Doris Rihi.***Laurens Leba Tukan

 

Center Align Buttons in Bootstrap