174 Anak di Lembata Terpapar Covid, Ini Tips Isolasi Mandiri

233
Ilustrasi Merawat Aanak yang terpapar Covid. Foto:IDX Chenel

LEWOLEBA,SELATANINDONESIA.COM – Jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Lembata hingga Senin (6/7/2021) mencapai angka 969 kasus. Dari data tersebut, sebanyak 174 merupakan anak umur 18 tahun kebawa termasuk balita. Anak-anak yang dilaporkan sudah sembuh baru 32 orang, sementara yang masih aktif sebanyak 142 orang kini sedang menjalani perawatan baik isolasi mandiri maupun perawatan di Rumah Sakit.

Selain itu, sebanyak 118 lansia (lanjut usia) di kabupaten satu pulau itu juga dilaporkan positif corona sejak beberapa hari belakangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata, Mathias Beyeng mengatakan kasus Covid-19 yang menyerang anak-anak usia dibawa 18 tahun termasuk balita di Kabupaten Lembata terus meningkat. Sedangan untuk lansia ada 118 orang, dan yang sembuh 51 orang. Menurutnya kasus kematian di Lembata akibat Covid-19 sudah mencapai 16 orang dan lebih banyak pasien lansia.

“Rapid Antigen dan hasilnya positif. Banyak dengan keluhan badan sakit, demam, pusing, cape atau kelelahan,” sebut Kadis Mathias di Lewoleba, Selasa (6/7/2021).

Data dari Satgas Kabupaten Lembata, jumlah kasus Covid-19 pada Senin (5/7/2021) sudah mencapai 969 orang dengan rincian, sembuh 293 orang, masih aktif 660 orang dan meninggal dunia 16 orang. Warga diminta agar selalu mematuhi protokol kesehatan agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

14 Tips Isolasi Mandiri pada Anak saat Terpapar Covid

Dilansir dari IDXChannel, isolasi mandiri pada anak yang terpapar Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala, menjadi pilihan terbaik yang bisa dilakukan oleh para orangtua. Berikut 14 Tips yang bisa dipatuhi orang tua atau pengasuh:

1.Tentukan zona pasien dan pisahkan dengan zona bersih di rumah, meliputi kamar  tidur, kamar mandi, dan area bermain anak. Bila tidak memungkinkan zona terpisah, upayakan jarak minimal satu meter dengan anak yang sakit.

  1. Upayakan ventilasi yang baik untuk pergantian udara.

  2. Bila harus memakai kamar mandi bersama, upayakan anak yang positif memakai paling akhir dan beri jarak dengan pemakai kamar mandi berikutnya.

4. Anak usia 2 tahun ke atas atau yang sudah pandai menggunakan masker,   dianjurkan menggunakan masker dengan tepat.

5. Berikan ‘istirahat masker’ apabila anak di ruang sendiri.

6. Masker tidak perlu digunakan pada anak kecil saat tidur.

7. Pengasuh di ruang yang sama harus selalu menggunakan masker, pelindung mata, sarung tangan sekali pakai, dan celemek sekali pakai atau baju luar yang dapat dicuci.

8. Pengasuh mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah berinteraksi dengan anak.

9. Tetap sedapat mungkin menjaga jarak (termasuk saat tidur), terutama bila pengasuh negatif.

10. Buang masker dan sarung tangan di tempat plastik khusus dan buang di tempat sampah berbeda.

11. Bila orangtua atau pengasuh harus merawat anak lain yang negatif, maka wajib mandi dan ganti baju terlebih dahulu.

12. Cuci pakaian anak dan baju luar pengasuh secara terpisah dengan air hangat dan deterjen.

13. Jangan memakan makanan sisa anak atau makan dengan alat makan anak.

  1. Pengasuh atau orangtua juga wajib menjaga kesehatan dan minum suplemen. *)Tedy Lagamaking

    Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap