Melki Laka Lena Minta Loka Litbangkes Waikabubak Kaji Manfaat Kandungan Protein pada Belalang

111
Wakil Bupati Sumba Tengah, Daniel Landa ketika memantau serangan hama belalang di wilayah Pantura, Kabupaten Sumba Tengah, pekan lalu. Foto: Try

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Keberadaan belalang yang kini menyerang lahan pertanian masyarakat di wilayah Pantura Sumba Tengah tidak saja dipandang sebagai bencana. Pasalnya, para peneliti telah menemukan sejumlah keunggulan dan manfaat dari kandungan protein dan gizi pada belalang.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena meminta Loka Litbangkes Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat untuk segera melakuan kajian dan penelitian terhadap berbagai kandungan gizi pada belalang. “Ada kandungan protein dan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan juga untuk pakan ternak sehingga saya telah berkoorinasi dengan Kepala Loka Litbangkes di Waikabubak untuk segera melakukan kajian sehingga bisa direkomendasikan ke Pemda di daratan Sumba untuk dimanfaatkan,” sebut Melki Laka Lena, Sabtu (20/3/2021).

Kepala Loka Litbangkes Waikabubak, Roy Nusa kepada SelatanIndonesia.com, Sabtu (20/3/2021) mengaku sangat bersyukur atas masukan yang disampaikan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena. Disebutkan, kandungan protein pada belalang setelah dikeringkan bisa menjadi pakan ternak. Bahkan, karena belalang makan dedaunan hijau seperti jagung, rumput dan padi sehingga bisa mengkonversi yang menghasilkan protein.

Masukan yang disampaikan oleh Pak Melki Laka Lena ini akan kami lakukan advokasi agar kehadiran belalang di Sumba tidak semata menjadi bencana, tatapi juga menjadi potensi solusi. Karena, kasus stunting dan gizi buruk paling tinggi juga ada di Sumba dan itu karena sangat dipengaruhi oleh asupan protein,” katanya.

Roy Nusa bertekad akan bersama-sama dengan tim peneliti di Loka Litbangkes melakukan kajian untuk mendapatkan solusi yang tepat sehingga direkomendasikan ke Pemda se daratan Sumba terutama di daerah yang angka stuntingnya tinggi.

Jika ada salah satu Pemda yang bisa menyiapkan mesin pengering belalang maka banyak hal yang bisa diperoleh dari keberadaan belalang bahwa selain belalang itu sebagai ham yang menyerang tanaman, tetapi juga ada manfaat protein yang bisa dimaksimalkan,” ujarnya.

Ia menambahkan, di Gunung Kidul DI. Yogyakarta misalnya, ada kuliner yang disajikan warga setempat berupa belalang goreng. Sejumlah manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi belalang diantaranya, menurunkan kolesterol karena daging belalang mengandung protein yang tinggi namun rendah mineral dan kolesterol.

Juga bisa merawat kesehatan tulang dan gigi karena selain kaya akan protein, daging belalang juga kaya akan kalsium. Dan, dengan mengonsumsi belalang, bisa meremajakan kulit kerana protein yang ada pada daging belalang mampu meregenerasi sel dalam tubuh dan tentu saja akan menghambat penuaan dini. Bahkan, untuk ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi daging belalang namun tetap dengan anjuran dokter, karena tingginya kandungan protein yang sangat baik bagi nutrisi otak janin. ***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap