Terus Meningkat, IRT di Lembata Positif Covid Transmisi Lokal

455
Sekda Lembata, Paskalis Ola Tapobali

LEMBATA,SELATANINDONESIA.COM-Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di kabupaten Lembata kian bertambah. Hanya berselang sehari saja pada Kamis (12/11/2020) kemarin, hari ini Jumat (13/11/2020) bertambah lagi satu kasus baru.

Penambahan kasus baru itu berasal dari seorang ibu rumah tangga (61 tahun) yang merupakan transmisi lokal.

Dengan penambahan ini maka jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Lembata menjadi enam kasus, yakni satu kasus lama yang sudah sembuh dan lima kasus baru yang sedang dalam penanganan tim medis RSUD Lewoleba.

Sekda Lembata Paskalis Ola Tapobali kepada SelatanIndonesia.com, Jumat (13/11/2020) di gedung Peten Ina DPRD Lembata menjelaskan, ada penambahan satu kasus yakni seorang ibu rumah tangga (IRT) berusia 61 tahun di Wangatoa, Kelurahan Lewoleba Selatan.

Dengan penambahan kasus itu maka Lembata hingga kini sudah terdapat enam kasus, dengan rincian satu sembuh dan lima lainnya masih sedang menjalani perawatan di RSUD Lewoleba.

Pemda Lembata mengharapkan masyarakat lebih patuh dan taat pada disiplin dan protokol kesehatan. Sebab, sejauh ini pemerintah belum sepenuhnya siap, baik ruang isolasi maupun lokasi khusus pekuburan untuk pasien Covid-19 yang meninggal.

“Dengan keterbatasan ruang isolasi, kita berharap tidak ada lagi penambahan kasus, dan mereka yang dirawat saat ini bisa secepatnya sembuh dan dipulangkan,” kata Paskalis Tapobali.

Terkait pelayaran rakyat yang selama ini beroperasi tujuh hari sepekan, sejauh ini belum ada revisi kebijakan. Hanya saja, pemerintah akan mengeluarkan penegasan kepada pengelola dan operator armada pelayaran rakyat untuk disiplin dan mentaati protokol kesehatan.

“Dalam rapat Forkopimda kemarin, sudah disepakati untuk melakukan sidak. Kalau ditemukan ada yang tidak disiplin dan mentaati protokol kesehatan maka bisa ditutup pelayaran,” tegasnya.*)Teddy Lagamaking

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap