Melki Laka Lena, Sosok yang Dirindu Pimpin NTT

208
Hasil survei oleh Voxpol Center periode 23 Juli-1 Agustus 2024 meotret Melki Laka Lena unggul dalam simulasi coblos kertas suara calon Gubernur NTT 2024. Foto by: Igo Making

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Nama ketua DPD I Golkar NTT yang juga Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena selalu unggul di setiap survei calon Gubernur NTT. Setelah sebelumnya, tiga lembaga survei memotret bahwa Melki Laka Lena adalah sosok yang paling dirindukan warga NTT untuk menjadi pemimpin di provinsi kepulauan ini.

Kini, Lembaga survei Voxpol Center kembali merilis hasil potretannya bahwa dari tiga nama cagub NTT,  Melki Laka Lena unggul dengan angka 50,01 %. Survei terbaru yang dilakukan 23 Juli – 1 Agustus 2024  ini melibatkan 800 sampel yang tersebar di 22 kabupaten di NTT.  Pengambilan sampel menggunakan multistage random dengan margin of error  sebesar 3,47 persen.

Menurut rilis survei yang diterima SelatanIndonesia.com, Minggu (4/8/2024) tergambar bahwa pada simulasi  tiga nama, yang melibatkan Melki Laka Lena, Beny Kabur Harman dan Ansy Lema menempatkan Melki Laka Lena di  urutan pertama dengan angka 43,4 persen. Diurutan kedua ada nama  Beny Kabur Harman dengan angka 20,5 persen sementara politisi PDIP Ansy Lema berada di urutan ketiga dengan angka 18,6 persen. Responden yang tidak menjawab sebanyak 17,5  persen.

Sedangkan pada tiga nama yang melibatkan Melki Laka Lena, Ansy Lema dan Simon Petrus Kamlasi, perolehan angka Melki Laka Lena malah di atas 50 persen yaitu 50,1 persen. Menyusul Asny Lema di angka 22,3 persen dan Simon Petrus Kamlasi 7,6 persen.

Sementara, simulasi dengan dua nama, baik dengan Ansy Lema maupun dengan Simon Petrus Kamlasi, Melki Laka Lena  unggul sangat jauh. Dengan Ansy Lema,  raihan angka Melki Laka Lena 55,9 persen dibanding Ansy Lema di angka 22,0 persen.

Jika diadu dengan Simon Petrus  Kamlasi, Melki Laka Lena malah sangat jauh di angka 65,4 persen, sedangkan Simon Petrus Kamlasi mendapat angka 9,5 persen.

Pada simulasi empat nama calon Gubernur NTT, Melki Laka Lena meraih angka 40,0 persen.  Berturut-turut di bawahnya Beny Kabur Harman dengan angka 19,3 persen, Ansy Lema 18,0 persen dan Simon Petrus Kamlasi 6,4 persen. Sebanyak 16,4 persen responden tidak tahu/tidak menjawab.

Sedangkan, elektabilitas Calon Gubernur jika menggunakan simulasi 6 nama dengan pertanyaan tertutup Melki Laka Lena unggul 30,06 % setelahnya ada nama Anita Yakoba Gah sebesar 17,09 % disusul Beni Kabur Harman dengan perolehan angka  15,4 %.

Mayoritas responden merujuk hasil survei Voxpol Center yakni sebanyak 66,09% sudah tetap dan mantap dengan pilihannya, sisanya sebanyak 27,01 % berpeluang berubah sisanya 6 % tidak menjawab.

Ketua Bapilu DPD Partai Golkar NTT, Frans Sarong menyebut jika pihaknya baru menerima laporan survei Vox Populi pada Minggu (4/8/2024). “Kita sudah lihat rilis surveinya dan gambarannya seperti itu,” katanya singkat.*/Ronis/Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap