Waketum AMPI Angel da Silva Gandeng Fraksi Golkar DPR RI Bantu Nelayan Malaka dan Sabu Raijua

212
Para nelayan di Kabupaten Malak ketika menerima bantuan dari Waketum DPP AMPI Korwil NTT, Angel da Silva, Rabu (2/11/2023). Foto: Dok.AMPI

MALAKA,SELATANINDONESIA.COM – Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Korwil NTT, Angel da Silva menggandeng anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI memberikan bantuan bagi para nelayan di Kabupaten Malaka dan Sabu Raijua.

Bantuan tersebut diberikan kepada kelompok nelayan yang tergabung di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Sejahtera di Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, NTT pada Rabu (2/11/2023).

Menurut Angel da Silva, kesejahteraan nelayan harus menjadi skala prioritas pemerintah. Pasalnya, laut di Indonesia begitu luas. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki harta karun yang luar biasa tak ternilai harganya. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkirakan nilai kekayaan laut Indonesia mencapai 1,33 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 19.986 triliun.

Namun menurut dia, kekayaan laut yang dimiliki Indonesia belum dapat dimanfaatkan secara optimal. “Tak jarang nelayan sering mengalami kesusahan bahan bakar sebagai penggerak operasional, kapal yang kurang memumpuni dan lain sebagainya. Sebab itu lah, perlunya melakukan pemberdayaan nelayan untuk meningkatkan kehidupan mereka dan mampu memiliki ekonomi yang stabil dengan memanfaatkan kekayaan laut,” sebut Angel da Silva kepada SelatanIndonesia.com melalui keterangn tertulisnya.

Bantuan dari Waketum DPP AMPI Korwil NTT, Angel da Silva yang beekerja sama dengan Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Golkar itu berupa 2 buah perahu kayu, 2 unit mesin ketinting jenis Yamaha M.175 dan 4 box untuk penampungan ikan.

“Ini merupakan wujud nyata kepedulian AMPI terhadap kualitas para nelayan khususnya di Kabupaten Malaka. Dan dalam minggu ini ada juga bantuan bagi nelayan di Kabupaten Sabu Raijua. Bantuan ini untuk dapat meningkatkan produktivitas dalam usaha penangkapan ikan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan dengan mendongkrak ekonomi dari hasil laut yang dimiliki,” sebut Angel da Silva.

Penyerahan bantuan di Malaka dilakukan oleh Ketua AMPI Kabupaten Malaka, Novianus De Araujo Cardoso. Novanus mewaliki para nelayan mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan. Ia berharap bantuan yang diberikan dapat memberi manfaat yang besar kepada para nelayan untuk meningkatkan produksi tangkapan ikan. Ia mengakui, bantuan ini sudah di tunggu lama oleh masyarakat pesisir dan menjadi aspirasi utama masyarakat.

“Terimakasih kepada anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Golkar atas aspirasinya sehingga masyarakat Desa Alas Selatan bisa menerima bantuan tersebut. Dan juga terimakasih kami ucapkan juga untuk kakak Angel da Silva selaku Wakil Ketua Umum DPP AMPI Korwil NTT yang menyampaikan aspirasi masyarakat Malaka dan dikabulkan,” katanya.

Penyerahan bantuan tersebut bagi para nelayan Malaka itu dilakukan oleh Staf Kementrian Perikanan dan Kelautan RI, Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Malaka Novianus De Araujo Cardoso. Turut hadir dalam kegiatan ini  Kepala Desa Alas Selatan Gregorius Hale S. Ag, Penyuluh Perikanan dan Kelautan Kabupaten Malaka, Bendahara AMPI Kabupaten Malaka Pedro Ivon Alves, dan  Anggota KUB Nelayan Sejaterah.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap