Empati dan Komitment MELKI-JOHNI pada Kesejahteraan ASN

250
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena dan Johni Asadoma. Foto:by; Igo

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Emanuel Melkiades Laka Lena-Johni Asadoma punya empati dan komitmen pada kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN). Pasalnya, ASN adalah ujung tombak pelaksanaan program dan pelayanan publik. Sehingga pasangan MELKI-JOHNI telah merumuskan butir ke – 9 Dasa Cita, Ayo Bangun NTT adalah pendapatan daerah naik, kesejahteraan pegawai terjamin.

Politisi senior Partai Golkar, Hugo Rehi Kalembu mengatakan, RPJP tahun 2025 – 2045 baru saja disetujui bersama  Penjabat Gubernur NTT dengan DPRD Provinsi NTT. RPJP inilah yang diacu oleh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT dalam menyusun visi – misi yang akan ditawarkan pada kampanye dan diperdebatkan pada saat debat paslon yang sebentar lagi akan dilakukan.

“Paslon yang terpilih akan segera menyusun RPJMD sesuai visi-misinya dan paling lambat ditetapkan 6 bulan setelah pelantikan. RPJMD inilah yang akan dijabarkan lagi secara tahunan atau disebut RKPD oleh Gubernur untuk mewujukan secara  bertahap program yang ditawarkan saat kampanye,” sebut Hugo Kalembu kepada SelatanIndonesia.com, Selasa (11/9/2024).

Mantan Anggota DPRD Sembilan periode ini mengatakan, program bagus, ide cemerlang, menjadi mubasir jika tidak didukung  tersedianya dana yang memadai. “Jadi program dan dana, ibarat dua sayap rajawali yang harus sama-sama kuatnya. Salah satunya melemah, maka  tujuan dan target pembangunan akan tidak tercapai. Tetapi keduanyapun juga menjadi mubasir tanpa ASN yang tangguh dan sejahtera sebagai ujung tombak pelaksanaan program dan pelayanan public,” ujar Hugo Kalembu.

Ketua Ormas MKGR NTT ini mengatakan, pemahaman dan kesadaran akan hal itulah yang memantik MELKI-JOHNI telah merumuskan butir ke – 9 Dasa Cita, Ayo Bangun NTT yaitu pendapatan daerah naik, kesejahteraan pegawai terjamin. Menurutnya, rumusan ini menunjukkan ketajaman analisis dan kedalaman pemahaman paslon MELKI-JOHNI akan kondisi keuangan daerah dewasa ini dan mutlaknya kerja keras menaikan pendapatan daerah dan sekaligus menunjukkan empati dan komitmen paslon MELKI-JOHNI pada kesejahteraan ASN yang memprihatinkan sekarang ini.

“Jadi rumusan butir ke- 9 Dasa Cita  Ayo, Bangun NTT, merupakan  jawaban terhadap problem konkrit yang dihadapi Pemda NTT dewasa ini. Kesulitan dana untuk membiayai kebutuhan publik dan  kesejahteraan ASN Pemprov NTT yang memprihatinkan,” jelasnya.

Tokoh Sumba ini menambahkan, dengan naiknya pendapatan daerah, maka bukan saja belanja publiknya yang ditambah, tetapi juga kesejahteraan ASN juga mutlak ditingkatkan.  “Implikasinya, tentu saja akan meningkatkan motivasi  dan kinerja ASN dalam melakukan pelayanan publik yang diembannya,” katanya.

Menurut dia, paslon MELKI-JOHNI telah menunjukkan ketajaman analisisnya dan pemahaman kontekstualnya tentang apa saja yang esensial dibutuhkan untuk membangun dan menyukseskan peogramnya. Yang esensial itu diantaranya dana yang cukup melalui peningkatan pendapatan daerah dan ASN yang Tangguh, kreatif-profesional,   sekaligus sejahtera yang menjadi ujung tombak pelaksanaan program-program pemerintah  daerah.

“Inilah contoh, tingginya empati dan responsivitas serta komitmen paslon MELKI-JOHNI terhadap nasib ASN Pemprov NTT dan tekad mereka untuk menjamin kesejahteraan ASN Pemprov NTT melalui upaya nyata peningkatan pendapatan daerah,” jelas Hugo Kalembu.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap