Deklarasi ULP-YH, Melki Laka Lena: Yang Ganti Saya di DPR RI Putra Sumba Timur Umbu Kabunang Rudiyanto

700
Atas: Wakil Ketua Umum DPP Golkar yang juga Ketua DPD I Golkar NTT dan Calon Gubernur NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena ketika berorasi dalam deklarasi akbar pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali-Yonathan Hani di Lapangan Rihi Eti, Kecamatan Kambera, Sumba Timur Jumat (29/8/2024). Bawah : Melki Laka Lena dan Asti Laka Lena didampingi Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto serta jajaran DPD I Golkar NTT. Foto: Adel

WAINGAPU,SELATANINDONESIA.COM – 50.000-an warga Sumba Timur yang hadir dalam momentum deklarasi akbar pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali-Yonathan Hani (ULP-YH) menjadi saksi hidup torehan sejarah politik di bumi Merapu.

Wakil Ketua Umum DPP Golkar yang juga Ketua DPD I Golkar NTT dan Calon Gubernur NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena tegas mengatakan, yang menggantikan dirinya di DPR RI adalah putra Sumba Timur. “Yang menggantikan saya di DPR RI adalah putra Sumba Timur, Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto,” sebut Melki Laka Lena disambut sorak riang 50.000-an warga Sumba Timur yang tumpah rua di Lapangan Rihi Eti, Kecamatan Kambera, Sumba Timur Jumat (29/8/2024).

Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto adalah sosok yang bakal menggantikan Melki Laka Lena yang terpilih kembali menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029. Setelah memutuskan untuk maju bertarung menjadi Gubernur NTT, Melki Laka Lena harus mengundurkan diri. Urutan suara terbanyak ketiga hasil pemilihan legislatif pada 14 Februari 2024 silam di Dapil NTT 2 partai Golkar adalah Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto. Partai Golkar di Dapil NTT 2 mengoleksi dua kursi di DPR RI yaitu Melki Laka Lena dan Gavriel Putranto Novanto.

Melki Laka Lena saat itu didampingi Ketua Ikatan Isteri Partai Golkar (IIPG) NTT, Asty Laka Lena. Turut hadir, Ketua Tim Pemenangan Cagub-Cawagub Melki Laka Lena – Johni Asadoma, Frans Sarong dan Manager Kampanye  Mohammad Ansor. Hadir juga fungsionaris DPP Golkar asal Sumba Timur, Umbu Kabunang Rudiyanto yang bakal menggantikan Melki Laka Lena di DPR RI.

Melki Laka Lena Obati Luka Politik Warga Sumba

Melki Laka Lena yang maju bertarung dalam pemilihan Gubernur NTT 27 November 2024 mendatang tidak saja untuk membawa perubahan bagi NTT, tetapi juga mengangkat harkat dan martabat orang Sumba.

Kabar tentang majunya Ketua DPD I Golkar NTT itu menjadi angin segar dan mengobati “luka” politik orang Sumba. “Sumba pernah juga memiliki calon legislatif yang pasti duduk di DPR RI, tetapi dalam perjalanan, orang Sumba merasa diperdayai dan dikhianati. Ini fakta, juga beritanya sudah tersebar dan orang Sumba marah besar di berbagai media sosial. Tetapi dengan majunya Pak Melki Laka Lena di Pilgub NTT, ini bagaikan seseorang yang mendapat minuman di tengah terik matahari. Batin orang Sumba yang terluka itu, seakan terobati,” sebut Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto.

Pengacara nasional ini optimis jika masyarakat Sumba Raya akan solid mendukung Melki Laka Lena di Pilgub NTT. “Kita tidak mendahului. Tetapi dari hasil pengamatan, saya rasa mayoritas pemilih Sumba akan mendukung pak Melki,” ujarnya.

Disebutkan, kinerja Melki Laka Lena sebagai anggota DPR RI selama ini sudah dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Ketika masa pandemi covid dan badai seroja melanda NTT, Melki Laka Lena banyak mendorong bantuan untuk masyarakat NTT.

“Pak Melki Laka Lena juga sudah memperjuangkan Rumah Sakit Umum Pratama (RSUP) dr. Ben Mboi di Kota Kupang, berbagai Rumah Sakit Pratama di daerah terpencil di NTT dan juga BLK serta berbagai program lainnya ke NTT. Itu yang paling fenomenal dan banyak diperbincangkan. Itu satu prestasi luar biasa, karena RSUP dr. Ben Mboi itu merupakan rumah sakit terbesar, dan belum pernah terjadi, baru di seorang Melki Laka Lena ini,” ungkapnya.

Umbu Kabunang juga mengatakan, Melki Laka Lena merupakan salah satu anggota DPR RI yang betul-betul menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat di Senayan. Ia mengajak masyarakat untuk memilih Melki Laka Lena sebagai gubernur yang akan memimpin Provinsi NTT lima tahun kedepan.

Menurut dia, kondisi NTT yang saat ini dibebani hutang yang sangat tinggi, sosok Melki Laka Lena adalah figur inovatif yang mampu menggerakkan sektor swasta untuk membangun NTT. “Dengan kekuatan lobi, pengetahuan, dan jaringannya di Jakarta, saya yakin Pak Melki bisa mengajak pihak swasta serta sumber pendanaan lain dari Jakarta untuk bersama-sama membangun NTT,” tandasnya.

“Kami sudah mulai dari Sumba Timur untuk bergerak meyakinkan Masyarakat. APK pun sudah mulai dicetak. Dan, isu yang kami bawa tidak terlalu banyak di Sumba tetapi yang terpenting adalah Pak Melki Laka Lena dan partai Golkar sedang mengangkat harkat dan martabat orang Sumba,” ujar Umbu Kabunang Rudiyanto menambahkan.

Ia juga menjelaskan tentang pemahaman filosofis orang Sumba. “Jika kita diberi penghargaan, kita harus memberi penghargaan balik. Jadi kalau kita sudah diberi nilai, bukan hanya saya tetapi keluarga besar Sumba harus memberi nilai kepada orang yang mengangkat harkat dan martabat kita. Dan itu ada di sosok Melki Laka Lena,” tegas Umbu Kabunang Rudiyanto. ***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap