Dari New York Melki Laka Lena Luncurkan Golkar Academy NTT, Eksekusi Ide Besar Airlangga Hartarto

190
Sekretaris DPD I Golkar NTT Libby Sinlaeloe dan jajaran pengurus dan para peserta Golkar Academy usai launching Golkar Academy NTT, Kamis (2/5/2024). Foto: Ama Beding

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Golkar Academy NTT menjadi bagian dari kerja politik yang sehat dan mencerdaskan. Awal mulanya muncul dari gagasan cerdas Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto melalui pembentukan Golkar Institute dipimpin Dr. Tb Ace Hasan Syadzilly. Golkar Institute sudah berjalan 15 angkatan di Tingkat pusat.

Ketua DPD I Golkar Provinsi NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena membawa gagasan dan program bagus ini ke daerah. Sejak dibuka pada Senin (29/4/2024) hingga 2 Mei 2024, sebanyak 30 kader Golkar yang diseleksi dari seluruh DPD II Golkar Kota dan Kabupaten se NTT dididik dalam beragam pengetahuan di Golkar Academy NTT.

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2024, Melki Laka Lena yang sedang menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua Komisi IX DPR RI di Newyork Amerika Serikat, melalui aplikasi zoom meluncurkan program Golkar Academy NTT Angkatan pertama. Golkar Academy merupakan salah satu dari delapan program strategis Partai Golkar dibawah kepemimpinan Melki Laka Lena.

Melki Laka Lena menyampaikan terimakasih dan apresiasi bagi panitia dan juga peserta yang sudah menyukseskan kegiatan tersebut. “Terima kasih juga untuk para pemateri baik di internal Golkar dan para pakar dan pegiat LSM dibidangnya masing-masing,” sebut Melki Laka Lena.

Sekretaris DPD I Partai Golkar NTT Liby Sinlaeloe menjelaskan, Golkar Academy adalah satu dari 8 program strategis sehingga acara peluncuran hari ini sudah diprogramkan. “Golkar Academy akan menjadi program yang akan dilaksanakan setiap tahun. Bahkan ada masukan dari berbagai pihak bahwa Golkar Academy ini terus ditingkatkan, bila perlu dalam setahun bisa dua atau tiga kali pelaksanaan,” kata Libby Sinlaeloe.

Wakil Ketua Bidang OKK (Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan) DPD I Partai Golkar NTT Ans Takalapeta mengatakan, Golkar Academy merupakan bagian dari 8 program stragegis Partai Golkar.  Delapan program strategis Partai Golkar NTT yaitu petani milenial, pemberdayaan perempuan produktif, pemberdayaan UMKM dan ekonomi kreatif, yelow clinic, optimalisasi peran kaum milenial, digitalisasi organisasi, Golkar Academy, dan program terakhir adalah media dan penggalangan opini.

“Semua aktivitas Golkar pada periode ini di bawah kepemimpinan Pak Melki Laka Lena adalah kegiatan yang terprogram dalam delapan strategis. Di mana program Golkar Academy adalah program ketujuh,” ujar Ans Takalapeta.

Ketua Golkar Academy NTT, Dr. Acry Deo Datus menyampaikan terima kasih kepada lembaga DPRD Provinsi NTT dan pemerintah Kota Kupang yang telah menerima peserta Golkar Academy untuk studi lapangan.

“Artinya mereka dapat memperkaya pengetahuan mereka. Tadinya mereka hanya dalam ruangan, tapi dengan ke sana, mereka dapat melihat DPRD, ruangan, dan cara bicara DPRD seperti apa,” sebut Acry Deo Datus.

Wakil Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini sekaligus Ketua Bapilu DPD I Partai Golkar NTT Frans Sarong mengatakan, tamatan Golkar Academy diharapkan punya wawasan mumpuni.

“Kedua diharapkan akan menjadi kader yang punya kelincahan, punya keterampilan dan kepiawaian mengkomunikasikan berbagai pesan politik sesuai harapan dan target Partai Golkar,” ujar Frans Sarong.

Ia berharap alumni Golkar Academy punya wawasan yang luas tentang Golkar, dan berdasarkan wawasan itu, para alumni harus punya kemampuan untuk menghadirkan Golkar di tengah masyarakat.

Sekretaris Golkar Academy, Vincen Bureni mengatakan golkar academy pertama ini diikuti 30 orang yang diseleksi. Namun hanya 25 orang yang lolos dan menerima sertifikat, sedangkan yang tidak ikuti secara full dipulangkan. “Ada lima yang diberhentikan, karena tidak serius mengikuti kegiatan golkar academy ini,” tuturnya. */)Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap