Merdeka Mengajar: Revolusi Pengelolaan Kinerja Guru di SMAN 1 Kupang Tengah

46

KUPANG, SELATANINDOENSIA.COM – Guru SMA Negeri 1 Kupang Tengah aktif meningkuti kegiatan sosialisasi di ruangan laboratorium komputer sekolah, Kamis 11 Januari 2024.

Sosialisasi digelar dengan fokus pengelolaan kinerja berbasis PNM yang telah terintegrasi dengan E-Kinerja Badan Kepegawaian Negeri atau E-Kinerja BKN.

Guru SMA Negeri 1 Kupang Tengah, Nur Ningsih Karim, SE mengatakan, pengelolaan kinerja PNM menjadi alat bantu penting bagi guru dan kepala sekolah dalam menentukan sasaran kinerja yang kontekstual, sesuai kebutuhan satuan pendidikan dan pengembangan karir.

“Jadi fitur pengelolaan kinerja ini telah terintegrasi dengan layanan E-Kinerja yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN),” ujar Ningsih.

Menurut dia, melalui platform Merdeka Mengajar, guru dan kepala sekolah dapat mengelola kinerja secara kontekstual, sesuai visi transformasi pembelajaran yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek.

Sebelumnya, kata dia, pengelolaan kinerja dilakukan melalui Si-Kinerja BKD, sehingga pergantian ke platform Merdeka Mengajar memicu antusiasme guru di untuk mengetahui cara baru pengelolaan kinerja yang lebih terintegrasi.

“Hal ini membuat para guru di SMAN 1 Kupang Tengah begitu antusias untuk mengetahui bagaimana cara pengelolaan kinerja guru pada platform merdeka mengajar yang terintegrasi E-Kinerja BKN,” jelasnya.

Ningsih menyoroti langkah-langkah penting dalam peningkatan kompetensi guru, termasuk penggunaan platform Merdeka Mengajar.

Guru perlu mengumpulkan bukti kinerja, hasil pembelajaran, dan pengembangan diri sebagai pendukung dalam peningkatan kompetensi.

Dia menjelaskan, mungkin sebagian guru merasa program ini menambah beban aktivitas. Namun tujuan utamanya adalah perbaikan.

“Dengan demikian guru pun tau kompetensi mana yang harus diperbaiki demi peningkatan pendidikan khususnya di SMAN 1 Kupang Tengah,” jelasnya.

“Jadilah guru bukan sekedar guru. Tapi jadilah guru yang kreatif dan terus berinovasi serta selalu mengupgrade kompetensi yang dimiliki. Sehingga pembelajaran akan lebih aktif dan menyenangkan,” tandasnya.*/EK/SI

Center Align Buttons in Bootstrap