Pengacara Pdt. Yandri Manobe, Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto Minta Kapolda NTT Arif dan Bijak

14853
Pdt. Yandi Manobe dan Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto di Mapolda NTT, Kamis (9/11/2023) Foto: Rambu Erna

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Pengacara Nasional asal Sumba, Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto meminta Kapolda NTT Irjen. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.I.K, M. Hum agar lebih arif dan bijaksana dalam menangani perkara yang melibatkan para tokoh agama diantaranya Pdt. Yandri Manobe, S.Th.

Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto bertindak sebagai Kuasa Hukum Pdt. Yandri Manobe dalam perkara dugaan pemalsuan surat dan video yang dibuat Paul E. Dima Cs kepada Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe.

Kepada SelatanIndonesia.com, Kamis (9/11/2023), Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto mengatakan sudah bertemu Pdt. Yandi di Polda NTT dan berbicara mengenai proses perkara yang sedang dijalani. “Saya sudah bertemu Bapak Pendeta Yandi dan berkomunikasi tentang proses perkara ini. Sekarang sudah ada penetapan tersangka,” ujar Dr. Umbu Kabunang.

Ia meminta Kapolda NTT untuk menangani perkara ini dengan bijak, mengingat kasus ini melibatkan tokoh agama yang sangat dihormati di NTT, bahkan di Indonesia. “Karena Bapak Pdt. Yandi Manobe ini salah satu Pendeta yang sangat dihormati dan disegani di Nusa Tenggara Timur maupun di Indonesia, maka masalah ini harus dilihat secara utuh, dan perlu adanya mediasi dengan pendekatan restorative justice,” sebutnya.

“Kasus ini melibatkan tokoh agama dan ratusan ribu jemaat sehingga harus dilihat secara utuh, Agar tidak berdampak pada multi efect dari penanganan perkara ini,” ungkapnya lagi.

Dia juga meminta waktu untuk melihat secara menyeluruh kasus ini dan menyatakan niat akan kembali menandatangani surat kuasa dalam waktu dekat.

Umbu Kabunang berkomitmen mendampingi para tersangka yang sudah ditahan di Polda NTT, sambil mengajak masyarakat memberikan dukungan doa, terutama untuk Pdt. Yandi Manobe. “Saya akan kembali ke Polda NTT untuk mendampingi para tersangka. Saya juga minta masyarakat berikan dukungan doa untuk Bapak Pdt. Yandi Manobe,” ungkapnya.

Dr. Umbu Kabunang Rudiyanto juga berharap agar Pdt. Yandi Manobe tidak ditahan karena yang sebagai pemimpin jemaat harus menjalankan tugas pelayanan untuk para jemaatnya. “Tadi saya sudah telepon dan menyampaikan pesan untuk Kapolda agar khusus Bapak Pdt. Yandi Manobe tidak ditahan. Karena dia sedang jalani tugas pelayanan hampir di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Ia menjelaskan, akan segera mengumpulkan para saksi dan melihat kembali bukti-bukti serta mempelajari kronologis peritiwa dan persoalan hukum yang terjasi. “Kami akan kumpulkan semua saksi yang mengatahui peristiwa hukum tersebut agar kita bisa tau dan menarik kesimpulan dan mendapat gambara soal peristiwa hukum apa yang terjadi dalam perkara ini. Karena perkara ini sdauh hampir 1 tahun lebih dilaporkan. Kami minta Bapak Kapolda NTT untuk arif dan bijaksana dalam melakukan penyidikan perkara ini,”

Dr. Umbu Kabunang juga sudah membangun komunikasi dengan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda NTT Kombes Patar Silalahi dan meminta waktu untuk berkoordinasi beberapa hari ke depan.*/SI

Center Align Buttons in Bootstrap