Ody Kalake Apresiasi KADIN NTT Terus Berdayakan UMKM dan Datangkan Investor

121
Atas: Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake atau Ody Kalake dan Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto. BawaH: Pose bersama Penjabat Gubernur NTT Ody Kalake dengan Ketum KADIN NTT Bobby Lianto dengan Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi NTT Lery Rupidara, serta para wakil ketua KADIN Provinsi NTT Yusak Benu, Febby Nitte, Jhoni Kilapong, Alfred Soewardi, Fransisco Bessi, dan Restu Dupe di Ruang Kerja Gubernur NTT, Jumat (29/9/2023). Foto: BiroAdpim/Riky Nengga

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Kiprah Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto dalam mengembangkan perekonomian masyarakat serta pemberdayaan UMKM di NTT selama ini mendapat apresiasi yang tinggi dari Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake. Bahkan, hasil pemberdayaan UMKM oleh KADIN NTT teleh menembus pasar hingga ke luar negeri.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas beberapa Program Kerja yang telah dan sementara dilaksanakan oleh KADIN Provinsi NTT khususnya dalam pengembangan perekonomian masyarakat serta pemberdayaan UMKM masyarakat NTT,” sebut Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake atau yang akrab disapa Ody Kalake ketika menerima kunjungan Ketua KADIN Provinsi NTT, Bobby Lianto bersama rombongan di Ruang Kerja Gubernur NTT pada Hari Jumat ( 29/9/2023).

Ody Kalake menekankan agar KADIN NTT terus berkolaborasi dan membangun komunikasi yang baik dalam Pembangunan Provinsi NTT. “Saya himbau untuk tetap berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik sehingga dapat bersama-sama membangun Provinsi NTT, khususnya dalam mendayagunakan kekayaan alam yang ada di Provinsi NTT dan mendatangkan investor, baik dari dalam maupun luar negeri,” ujar Ody Kalake.

Ia menambahkan, beberapa poin penting seperti status tanah atau lahan, sumber energi, infrastruktur, sumber daya manusia, dan juga perijinan harus menjadi perhatian serius. “Kesemuanya itu yang menjadi faktor pendukung datangnya para investor potensial. Semua ini saling berhubungan satu sama lain sehingga harus benar benar dikoordinasikan dengan baik dan dimonitor, sehingga tidak menimbulkan kendala atau masalah,” katanya.

Sekretaris Menko Marves ini juga menyampaikan bahwa Provinsi Nusa Tenggara Timur kaya akan keberagaman budaya dan potensi alamnya yang indah dan memiliki berbagai tempat wisata yang sudah terkenal, antara lain Komodo di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Dugong di Kabupaten Alor, Ikan Paus di Kabupaten Lembata, Danau Kelimutu di Kabupaten Ende dan masih banyak tempat tempat wisata lainnya yang tidak kalah indah yang mana semuanya itu harus dapat diberdayakan dengan baik oleh Kadin dalam mendatangkan investor luar bagi peningkatan perekonomian masyarakat lokal.

Ketua Umum KADIN Provinsi NTT, Bobby Lianto menyampaikan beberapa program kerja yang telah dan sedang dilaksanakan oleh KADIN Provinsi NTT antara lain Produk UMKM.

Bobby mengatakan bahwa melalui program-programnya, KADIN NTT terus mendorong UMKM untuk menghasilkan produk berkualitas, bahkan turut membantu memasarkan produk-produk tersebut, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Prioritas kami salah satunya yakni mendorong Pengembangan produk-produk UMKM masyarakat NTT. Saat ini produk-produk UMKM tersebut telah laris terjual sampai ke Negara Timor Leste dan Australia. Ke depan kami berharap dapat semakin melebarkan pasar produk UMKM ke negara lain juga,” jelas Bobby.

Dikatakan Bobby Lianto, salah satu Produk UMKM yang saat ini sudah berhasil dipasarkan adalah Coklat Gaura dari perkebunan coklat di Sumba yang pernah menjadi juara di Olimpiade Paris Expo di Perancis tahun 2019 silam.

Turut hadir dalam audiens tersebut, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi NTT Lery Rupidara, serta para wakil ketua KADIN Provinsi NTT Yusak Benu, Febby Nitte, Jhoni Kilapong, Alfred Soewardi, Fransisco Bessi, dan Restu Dupe.*/)Teresia Arkian/BiroAdpim

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap