Melki Laka Lena Sebut Peran Penting ASPAKI dalam Kepesertaan RI di Pameran Farmasi dan Alkes Vietnam

107
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena bersama Dithan Kemenkes RI Lupi Trilaksono dan Ketua I ASPAKI, Erwin Hermanto bekesempatan mengikuti pameran alat Kesehatan (alkes) dan farmasi yang dibuat oleh pemerintah Vietnam. Pameran tersebut diikuti puluhan negara termasuk Indonesia, Sabtu (5/8/2023). Foto: Dok. ASPAKI

VIETNAM,SELATANINDONESIA.COM – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena menyebut, ada peran penting Asosiasi Produsen Alkes  Indonesia (ASPAKI) dalam Kepesertaan Indonesia dalam pameran Farmasi dan Alkes di Vietnam, Sabtu (5/8/2023).

Disebutkan Melki Laka Lena, ASPAKI adalah asosiasi resmi yang menaungi industri dalam negeri. “Juga ASPAKI membawahi industri alkes  dalam negeri untuk mengenalkan produksi alkes Indonesia hampir diseluruh negara,” sebut Melki Laka Lena ketika dihubungi SelatanIndonesia.com, Minggu (6/8/2023). Saat itu Melki Laka Lena sedang berada di Vietnam mengikuti pameran Alkes dan Farmasi yang diikuti berbagai negara termasuk Indonesia.

Ketua DPD I Golkar NTT ini menambahkan, selain ASPAKI, beragam produk alkes dalam negeri yang diperkenalkan ke berbagai negara, disupport juga oleh Direktorat Ketahanan Alkes Dalam Negeri, dibawah Dirjen Farmalkes, Kementrian Kesehatan RI.

Dalam pameran Farmasi dan Alkes di Vietnam itu, hadir juga perwakilan dari Dithan Kemenkes RI, Lupi Trilaksono dan Ketua I ASPAKI, Erwin Hermanto

Erwin Hermanto mengatakan, Komisi IX DPR RI mempunyai peran yang sangat penting dalam pengawalan Inpres No 2 tahun 2022 serta pelaksanaan Transformasi Kesehatan Indonesia dalam membangun resiliensi alat kesehatan Indonesia.  “Kehadiran Bapak Melki Laka Lena secara langsung dalam acara pameran di Vietnam merupakan suatu wujud nyata atas dukungan dan perhatian beliau dan Komisi IX DPR RI terhadap perkembangan industri alat kesehatan Indonesia baik di pasar domestik maupun ekspor. Tentu saja ASPAKI sebagai wadah industri alat kesehatan dalam negeri sangat mengapresiasi dukungan ini,” sebut Erwin Hermanto.

Dijelaskan, ASPAKI bersama dengan perwakilan-perwakilan Republik Indonesia di luar negeri senantiasa melakukan promosi produk alat kesehatan dalam negeri. “Kami juga mengajak potensi investor dan rekan kerja sama teknologi dari luar negeri untuk berinvestasi dan berkolaborasi dalam mengembangkan teknologi dan kualitas alat kesehatan di Indonesia,” jelas Erwin Hermanto.

Tidak hanya itu, ASPAKI juga bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dalam harmonisasi kebijakan dan regulasi alat kesehatan terutama antar negara-negara ASEAN sehingga dapat mempermudah dan menghilangkan entri barrier untuk peredaran produk alat kesehatan Indonesia di negara ASEAN lainnya.

Sebelumnya diberitakan SelatanIndonesia.com, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena bekesempatan mengikuti pameran alat Kesehatan (alkes) dan farmasi yang dibuat oleh pemerintah Vietnam. Pameran tersebut diikuti puluhan negara termasuk Indonesia.

“Masing-masing negara menunjukan kemajuan dan kemampuannya dalam industri alkes dan farmasi. Indonesia diwakili 10 perusahaan dari 200 pabrik alkes dan farmasi di tanah air. Bersama Rusia dan China, Indonesia mendapat tempat dipanggung utama pameran ini,” sebut Melki Laka Lena dari Vietnam, Sabtu (5/8/2023).

Melki Laka Lena mengajak semua pihak untuk terus mendukung produk aleks dan farmasi dalam negeri. “Kita dukung terus produk farmasi dan alkes dalam negeri, kita beli produk farmasi dan alkes dalam negeri yang berkualitas. Kita harus terus melaju untuk Indonesia yang maju,” sebut Melki Laka Lena.

Ia menyebut, malam harinya, ia dan rombongan dijamu oleh Konjen KJRI Ho Chi Minh Vietnam, Agustaviano Sofjan dan staf. “Kami berdiskusi kerjasama kedua negara khususnya dalam bidang kesehatan terutama alkes dan farmasi,” katanya.

Dikatakan Melki Laka Lena, ada beberapa kerjasama konkrit yang disampaikan para pelaku usaha dan cerita positif dari Agustaviano Sofjan tentang peluang kerjasama yang bisa dikembangkan ke depan. “Sebagai pimpinan ASEAN, peran Indonesia sangat penting untuk kembangkan kawasan dan terus bangun kerjasama produktif dalam banyak hal dengan negara ASEAN juga negara lainnya,” ujar Melki.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap