Sapi Kurban dari Gubernur Laiskodat Diserahkan Doris Rihi untuk Umat Muslim Kolipetung

288
Penjabat Bupati Flotim Doris Alexander Rihi ketika menyerahkan hewan kurban bantuan dari Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat bagi umat muslim di Desa Kolipetung, Kecamatan Adonara, Kabupaten Flores Timur, Kamis (29/6/2023). Foto: ProkompimFlotim

ADONARA,SELATANINDONESIA.COM – Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat menaruh perhatian serius untuk umat muslim yang merayakan Idul Adha 1444 H. Di Kabupaten Flores Timur, Gubernur Laiskodat diwakili oleh Penjabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi menyerahkan hewan kurban sapi bagi umat muslim di Desa Kolipetung, Kecamatan Adonara, Kabupaten Flores Timur, Kamis (29/6/2023).

Acara penyerahan dilaksanakan di depan Masjid Nurul Muslim, Desa Kolipetung, Kecamatan Adonara. Doris Rihi mengatakan, Gubernur NTT Viktor Bungtilu  Laiskodat menyampaikan salam hormat dan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H kepada semua keluarga besar di Kolipetung. “Kiranya bantuan sapi ini dapat lebih mempererat hubungan kekeluargan kita dan meningkatkan semangat solidaritas dan toleransi antara kita,” sebutnya.

Dijelaskan Doris Rihi, Pemerintah Provinsi NTT untuk tahun 2023 mengalokasikan sebanyak 17 ekor hewan kurban  berupa sapi. Untuk Flores Timur dialokasikan di desa Kolipetung, Kecamatan Adonara. Ditambahkan, Pemerintah Kabupaten Flores Timur juga mengalokasikan 5 hewan kurban berupa sapi untuk Masjid Baitul Ash Shamat Desa Samasoge Kecamatan Wotan Ulumado, Masjid Al Qalam Desa Bele Kecamatan Adonara Timur, Masjid Raya Amir Desa Lamabunga Kecamatan Kelobagolit, Mesjid Besar Mukhlisin Desa Sagu Kecamatan Adonara dan Mesjid Al Munawarah Delang Desa Tiwatobi Kecamatan Ile Mandiri.

“Kita patut bersyukur atas momentum hari ini. Mengingat,  hari raya Idul Adha adalah hari raya kita. Kita sendirilah yang merayakan. Maka Keindahan dan Kemeriahan itu harus terlahir dari masing-masing kita. Sumber daya kita sedikit,  untuk memeriahkan dan merayakan. Kalau ada bantuan hewan kurban berupa sapi dari Bapak Gubernur ataupun Bupati, maka patutlah kita menyampaikan terima kasih dan disyukuri,” ungkap Doris Rihi.

Gubernur Laiskodat juga menitipkan harapan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban, hubungan keharmonisan, keluargaan diantara masyarakat menjelang Pemilu tahun 2024. “Semua calon itu adalah keluarga kita dan kita kenal. Pada akhirnya kita akan mengatakan Tuhan yang menentukan. Karena Tuhan yang  menentukan maka kita tidak usah berdebat di lapangan. Tinggal saja setiap calon mendekati masyarakat menyampaikan rencana dan program setelah terpilih nanti. Masyarakat yang menilainya nanti,” sebut Doris Rihi.

Doris Rihi mengatakan, semua lapisan masyarakat adalah satu kasatuan warga Provinsi NTT dan satu Flores Timur. “Tidak ada yang lain-lain. Kita harus berdiri atas nama Flores Timur, atas nama NTT. Apapun juga kita tetap bersudara”, pesan Doris.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat Idul Adha 1444 bagi seluruh umat muslim di Flores Timur. “Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Flores Timur, saya  meyampaikan selamat merayakan Idul Adha 1444 H kepada seluruh keluarga besar umat muslim di Kabupaten Flores Timur khususnya di desa Kolipetung ini. Semoga dengan perayaan Idul Adha ini  kita pererat hubungan kekeluargaan. Terus terjalin silahturahmi kekeluargaan, sebagai satu keluarga besar dan kita hidup bersama-sama membangun Flores Timur ini untuk lebaih maju,” ucap Doris Rihi.

Kepala desa Kolipetung, Kecamatan Adonara, Usman Z. Nudin mengaku bersama masyarakat desa Kolipetung merasa bangga dan bersyukur dan terima kasih atas perhatian Gubernur Laiskodat. “Terima kasih berlimpah kepada Bapak Gubernur NTT melalui Penjabat Bupati Flores Timur. Kami memberikan apersiasi dan rasa bangga juga karena Bapak Penjabat Bupati Flotim bersama rombongan berada bersama dengan masyarakat dan umat di desa Kolipetung,” ujar Kades Usman.

Momen itu, Kades Kolipetung berharap ada sentuhan-sentuhan program pembangunan di desa Kolipetung sambil menyampaikan permohonan maaf.

Terpisah, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Flores Timur, melalui  drh. Litwina Ina Goran menyebut, telah dilakukan pemeriksaan terhadap sekuruh hewan kurban dan secara sehat dan sesuai dengan umurnya maka layak untuk disembeli.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Penjabat Sekda Kabupaten Flores Timur Petrus Pedo Maran, Plt. Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Andreas Kewa Aman, Kadis PU-PR Johanes Brecmans Suban Tukan, Kadis Kompinfo Heronimus Lamawuran, Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Eduard J.Fernandes, Kabag Umum Oktavianus Taka Lawa, Kabag Kesra Cyprianus Rendra Tukan, Kabag Pemerintahan Gabriel Regi Tuka, Camat Adonara Silvester Seli Tokan, Kapolsesk Adonara Iptu  Piter Sogen, Imam Mesjid Hasan Berhiman, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Adonara Marta Dona, Pejabat mewakilik kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Flores Timur drh. Litwina Ina Goran, tokoh masyarakat dan umat muslin desa Kolipetung.*/)ProkompimFlotim/Matheus

Editor: Laurens Leba Tukan

 

Center Align Buttons in Bootstrap