RSP Wewiku Mulai Dibangun, Bukti Cinta Melki Laka Lena untuk Warga di Tapal Batas Malaka-RDTL

119
Kiri: Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang juga Ketua DPD I Golkar NTT Emanuel Melkiades Laka Lena. Kanan: Bupati Malaka Dr. Simon Nahak ketika meletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pratama Wiweku di Desa Alkani, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka, Selasa (13/6/2023). Foto: VN

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM –  Rumah Sakit Pratama (RSP) Wewiku, Kabupaten Malaka mulai dibangun. Hadirnya RSP Wiweku yang terletak di Desa Alkani, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka yang berbatasan dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) itu merupakan salah satu hasil perjuangan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena. Proses pembangunan ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Malaka Simon Nahak, Selasa (13/6/2023).

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengapresiasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang telah membantu NTT khususnya Kabupaten Malaka dengan Rumah Sakit Pratama di Kabupaten Malaka.

Ketua DPD I Golkar NTT ini berharap melalui pembangunan Rumah Sakit Pratama, masyarakat Kabupaten Malaka di wilayah perbatasan semakin mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Sehingga, derajat kesehatan ataupun kondisi kesehatan warga masyarakat di Malaka bisa lebih baik lagi.

“Kami mendapat informasi bahwa peletakan batu pertama sudah berjalan. Untuk itu kami berharap pembangunan berjalan lancar sesuai dengan apa yang sudah dibicarakan antara Pemda Malaka dengan Kementerian Kesehatan yang sejak awal tahun lalu kami juga membantu memperjuangkan agar Rumah Sakit Pratama ini bisa hadir juga di Malaka setelah sebelumnya sudah ada di berapa kabupaten yang lain. Dan tentu dengan kehadiran Rumah Sakit Pratama ini masyarakat Malaka bisa makin menikmati pelayanan kesehatan yang berkualitas yang ada di tengah – tengah mereka,” ungkap Melki Laka Lena melalui pesan singkat yang diterima SelatanIndonesia.com, Kamis (15/6/2023).

Melki Laka Lena juga meminta agar seluruh pihak yang terkait dengan pembangunan rumah sakit ini bisa bekerja dengan baik. “Yang membangun fisik rumah sakit dan yang akan mengisi alat-alatnya sehingga nantinya betul betul rumah sakit pratama ini menjadi tempat yang baik untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan. Juga yang pasti bahwa akan menjadi salah satu pusat pertumbuhan baru yang akan ada di Kabupaten malaka. Karena rumah sakit biasanya juga akan menjadi tempat dimana pertumbuhan ekonomi akan berputar di sana dengan baik,” ujar Ketua Panja RUU Kesehatan ini.

Melki Laka Lena juga mengatakan perpindahan lokasi pembangunan rumah sakit pratama yang awalnya direncanakan pembangunannya di Kecamatan Laenmanen kemudian akhirnya di pindahkan ke Wewiku merupakan domain dari pemerintah Kabupaten Malaka untuk menentukan lokasinya.

“Karena terkait dengan lokasi rumah sakit Pratama ini itu tentu berbasiskan dari usulan dari Kabupaten Malaka. Jadi tentu kalau Pemda sudah memutuskan dimana, Kementerian Kesehatan akan menyesuaikan dan kami yang memperjuangkan pun juga akan menyesuaikan dengan apa keputusan dari Pemda Kabupaten Malaka. Jadi mau di manapun tempatnya tentu keputusan Pemda kita hormati. Kita tetap dorong pembanguan rumah sakit Pratama ini mudah mudahan bisa membantu masyarakat di Malaka,” tutup Melki.

Untuk diketahui Anggaran pembangunan Rumah Sakit Pratama ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan sub bidang penguatan sistem kesehatan dengan pagu anggaran sebesar 45.000.000.000,- dan akan dilaksanakan pembangunannya oleh PT. Multi Medika Raya dengan nilai kontrak sebesar Rp 44.950.000.000,-. Selain pembangunan gedung Rumah Sakit Pratama juga akan dibangun prasarana dan pengadaan alat kesehatan untuk mendukung pelayanan di rumah sakit pratama tersebut.*/)GO

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap